125 Brain Games for Babies

Oleh Meta Hanindita pada Selasa, 04 Oktober 2011
Seputar Book Reviews


Saya pernah mendapatkan kuliah dari guru saya, seorang dokter spesialis anak konsultan tumbuh kembang mengenai perkembangan otak manusia, konon pada saat otak bayi berusia tiga bulan, sinaptogenesis atau pembentukan sinaps, koneksi yang dirangkai oleh neuron, telah mencapai 2/3 dari jumlah yang dimiliki manusia dewasa. Sementara perkembangan otak anak saat usia 6 tahun, telah mencapai 80% dari otak dewasa. Berarti bisa dibilang, 6 tahun pertama, termasuk bulan-bulan pertama sangat penting bagi perkembangan otak manusia. Lalu apa yang harus kita, sebagai orangtua lakukan untuk mendukung perkembangan otak ini agar optimal?

Cukup lama saya mencari sumber terpercaya yang bisa diterapkan pada Nayara. Setelah dapat pun, saya masih kebingungan bagaimana caranya. Mati gaya deh! Untunglah saya menemukan buku 125 Brain Games For Babies karya Jackie Silberg ini. Buku ini berisi tentang permainan sederhana untuk menunjang perkembangan awal otak pada bayi, bahkan seawal pada bayi baru lahir. Bahasa yang digunakan sederhana, cukup mudah dimengerti, bahkan oleh babysitter saya sekalipun. Terdiri atas beberapa tahap, untuk bayi berumur 0-3 bulan, 3-6 bulan, 6-9 bulan serta 9-12 bulan.

Permainan yang terdapat didalamnya pun sangat sederhana, bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Terlihat sepele tapi ternyata bermanfaat sekali lho untuk perkembangan otak bayi!

Bayi 3-6 bulan: Permainan Ngobrol Bersama


  • Pada usia ini bayi sering kali membuat berbagai suara. Tiru suara yang dibuat bayi. Suara sederhana itu selanjutnya menjadi kata-kata.

  • Ambil kata-kata yang dibuat si kecil, misalnya “ma ma” dan rangkai menjadi kalimat “mama sayang kamu”.

  • Penelope Leach seorang pakar perkembangan anak berkata “Anak kita dapat mengucapkan ratusan suara berbeda sepanjang hari, tpi bila kita bertepuk dan memuji sewaktu ia mengucapkan ‘ma ma’ atau ‘da da’, si kecil akan terus mengulanginya karena itu membuat kita senang.”

  • Semakin banyak kit amengulangi suara si kecil, ia akan makin terdorong untuk mengeluarkan lebih banyak suara.

  • Inilah awal percakapan sesungguhnya.

Buku ini juga dilengkapi dengan hasil riset otak yang sangat menarik. Misalnya saja, ada hasil riset otak yang menyatakan bahwa seorang bayi yang isak tangisnya ditanggapi dengan senyuman kemungkinan besar akan menjadi responsif secara emosional. Wah, Insya Allah ini penting untuk anak-anak kita kelak.

Dengan harga yang sangat affordable, menurut saya sih buku ini sangat recommended, terutama untuk para orangtua yang concern terhadap perkembangan anaknya. Tapi, siapa sih yang engga?

Buku ini memberikan alternatif hal-hal yang bisa kita lakukan untuk perkembangan otak bayi kita dengan ‘porsi’ yang sesuai umurnya. Wajib punya!

125 Brain Games for Babies
Penulis: Jackie Silberg
Penerbit: Erlangga
ISBN: 9797412180
Harga: 28.500

16 Komentar
NiaQuazi January 28, 2016 8:29 am

Moga2 di gramed banjarmasin ada :)

Aline Jihan Putranto
Aline Jihan Putranto October 19, 2011 11:29 am

moms, so inspiring..aku masih hamil 8 bulan 2 minggu..dan sudah kepingin beli buku ituu,,udah mimpi kalo babyku ngoceh2..hehe ;)

mamateta October 18, 2011 2:43 pm

moms, coba cari di situsnya Erlangga dech, www.erlanggashop.com, masih ada dua-duanya tuch yang babies dan toddlers

Devina
Devina October 13, 2011 4:00 pm

mom aku dh cari di gramedia ternyata stocknya kosong, diliat di search pc gramedia, ternyata di semua cabang gramedia kosong, bahkan cabang bandung. Cek di temen yg punya kenalan penerbit, ternyata di Erlangga nya jg kosong :((

Any info nyari bukunya dmn?? aku tertarik bgt...thanks yaaa :))

Meta Hanindita
Meta Hanindita October 7, 2011 4:19 pm

@mamarini: punya jg ya?:)

@sakinah: sama2:)

@icke: sepakattt hehe

@wikit: ur most welcome.

@yuu: iyaaa beli deh bukunya:D

@irdhelia: iya murah bgt yaaa