Baby Swimming

Oleh ninit yunita pada Jumat, 26 Februari 2010
Seputar Activities

Sejak hamil, saya sering melewati tempat untuk baby swimming, Hwa Xia International yang ada di Harbourfront Center, Singapore. Beberapa kali berhenti dan memerhatikan bayi-bayi 'berenang' di bak kecil dengan menggunakan neck ring. Semua yang melihat tidak pernah lepas dari senyum. Demikian juga dengan para orang tua yang mendampingi bayi-nya yang berenang. Water, babies, laughter, and learning to swim... it's an unbeatable combination.


Sejak Arza berumur 1 bulan, kami lalu membawanya untuk rutin berenang di Hwa Xia - Harbourfront. Tadinya ada kekhawatiran apakah usia 1 bulan terlalu dini untuk mengenalkannya 'berenang', ternyata Arza begitu nyaman saat berenang. 



Dari buku yang saya baca, Learn To Swim yang ditulis oleh Rob & Kathy McKay, manfaat baby swimming sebagai berikut:



"The young baby is still close to the fluid environment she left in the womb, she has no fears and is not yet claiming independence. Once babies are comfortably swimming at this young age, they will never know a time when they didn't know how to swim. They will not be afraid of the water and can learn safety skills sooner than children who start at an older age."





Saya sangat merasakan parent-child bonding dengan melakukan baby swimming. Saya, suami, dan Aldebaran sangat menikmati kegiatan rutin membawa Arza berenang. Sebagai kakak, Aldebaran sangat bersemangat memberi stimulasi agar Arza bergerak di dalam air.


Bila urban Mama tertarik, ada beberapa hal yang sebaiknya dilakukan saat baby swimming, yaitu:



  1. Berikan ASI/ susu formula sebelum berenang.

  2. Pilih waktu yang tepat untuk berenang, yaitu saat dimana bayi tidak mengantuk.

  3. Melakukan pemanasan (biasanya petugas baby spa akan melakukannya).

  4. Setelah berenang, berikan lagi ASI/ susu formula karena biasanya bayi akan sangat lapar setelah berenang.

  5. Dan terakhir, jangan lupa membawa kamera. It's a wonderful memory.


Sebetulnya, baby swimming ini bisa juga dilakukan di rumah. Urban Mama bisa membeli neck ring dan juga kolam yang terbuat dari plastik yang memiliki kedalaman cukup sehingga bayi dapat leluasa bergerak. Harus diperhatikan temperatur air agar tidak terlalu dingin (sebaiknya 34-35 C). Acara berenang sebaiknya tidak terlalu lama. Cukup 15-20 menit saja.


Have fun!

28 Komentar
TokoMainanDaupakidz
TokoMainanDaupakidz June 12, 2013 10:21 pm

Bener banget Bunda.. Manfaat Baby spa cukup baik untuk dede bayi..

Baby spa juga bisa dilakukan di rumah lho.. selain gak perlu repot2 keluar rumah, lebih nyaman, dan yang penting: MuurrMerrr (hal yang paling disenangi semua Bunda (",)

Selamat mencoba

dhia
dhia May 30, 2010 7:59 pm

kira2 kalo bayi 2 bulanan udah bisa diajak berenang di kolam renang umum gak ya? dilihat dari sisi kualitas airnya.
Duh..makin semangat nih nyeburin Agra ke kolam. Mudah2an bersin2 krn alergi dinginnya bisa teratasi secara dini. Konon renang bagus buat pernapasan, CMIIW

Sitha
Sitha February 26, 2010 11:55 pm

Mbak Ninit, thank's for sharing. Saya maju mundur terus nih buat daftarin bayi saya ke kelas renang (di sini namanya kelas bébé nageur). Alasannya, saya ngga bisa renang... hehe... Soalnya, mommy dan baby-nya hrs di dalam kolam barengan. Suami bilang, airnya ngga dalem kok. Tp dasar mamanya penakut, jadi ragu2 terus. Hm, mau ah daftarin. Mumpung ada kelas bébé nageur yang deket.

myson February 25, 2010 8:46 pm

Fun banget ya! Semakin pingin ngajak toto berenang! :)


musdalifa anas
musdalifa anas February 25, 2010 7:20 pm

Pipinya arza ngegemesin, lucu banget. Arza kapan2 berenang bareng yuk ma Lana :)

meralda : baby TUM berenang bareng? Aku daftar duluan yak :)