Budget untuk Annual Expenses

Oleh metariza pada Rabu, 13 Maret 2013
Seputar Tips

Tak terasa sekarang sudah bulan Maret. Salah satu kegiatan rutin awal tahun saya adalah... budgeting our annual expenses! Sounds geeky but true. Basically, budgeting untuk annual expenses keluarga adalah menghitung semua pengeluaran tahunan yang akan dikeluarkan selama setahun. Selanjutnya menghitung apakah ada sisanya untuk... BERLIBUR! Dari sana saya bisa mengukur apakah bisa liburan atau tidak. Kalau bisa, ke mana? Kalau kurang, berarti perlu menabung berapa per bulan untuk membuat rencana liburan menjadi kenyataan? Jadi, ketahuan ya modusnya apa!

Apa saja yang perlu dimasukkan ke dalam budget annual expenses? Jawabannya pasti berbeda-beda untuk tiap keluarga, tergantung gaya hidup dan kebutuhannya. Sebagai contoh untuk keluarga saya, annual expenses-nya sebagai berikut:


  • Premi asuransi jiwa

  • Premi asuransi mobil

  • THR untuk Asisten Rumah Tangga (ART)

  • Dana lebaran lain (ongkos mudik ART, biaya jika mengambil ART infal, baju lebaran, dll)

  • Birthdays! Dananya untuk beli kado anggota keluarga yang ulang tahun dan birthday celebration.

  • Biaya untuk memperpanjang STNK

  • Servis mobil berkala

  • Annual fee sekolah anak-anak

  • Qurban untuk Idul Adha

  • Year end sale!


Intinya sih saya memasukkan perkiraan pengeluaran yang akan dibayarkan selama satu tahun ke depan dan menyiapkan dananya supaya pengeluaran tersebut tidak mengganggu cashflow bulanan. Contohnya year end sale, memang tidak urgent, tapi saya ingat beberapa tahun lalu saya tidak punya budget untuk shopping di akhir tahun. Lalu ketika akhir tahun banyak sekali sale yang menggoda tapi saya cuma bisa gigit jari karena saya berprinsip tidak mau belanja jika tidak mampu lalu berutang, walaupun utangnya di kartu kredit. No way! Akhirnya tahun berikutnya saya sengaja menyiapkan budget untuk year end sale.

Jadi, siapa bilang financial planning itu = selalu berhemat dan tidak boleh bersenang-senang belanja? Kalau sudah direncanakan dan disiapkan dananya... we can spend it, guilt free. Begitu juga dengan annual expenses ini... setelah perkiraan expenses-nya sudah dihitung, saya menyiapkan dananya di satu rekening khusus. Ketika tiba waktunya membayar premi asuransi jiwa, asuransi mobil, membeli kambing untuk qurban Idul Adha, dll, saya tinggal ambil dari rekening tersebut. Cashflow bulanan pun aman tidak dicolek-colek.

Yang terakhir, soal sumber dana untuk annual expenses ini dari mana? Sepertinya cukup besar tuh kalau semua langsung dimasukkan pada awal tahun ya. Sumber dana untuk annual expense ini idealnya dari annual income (THR, bonus, annual allowance, dll). Saya tidak terlalu memaksakan dananya harus langsung siap pada awal tahun karena sumber dananya memang datang pada saat yang berbeda-beda. Ketika dananya baru siap 30%, maka saya prioritaskan untuk yang lebih urgent dan deadline-nya lebih dekat dulu. Nanti ketika sudah ada dananya lagi, baru ditambahkan untuk menutupi seluruh budget tahunan. Kalau tidak cukup? Gunakan prioritas... yang 'kurang urgent' seperti year end sale tadi tinggal dihapus.

So let's plan our expenses and prepare the funds so we can spend it guilt free. Shall we?

*credit photo: www.gettyimages.com

12 Komentar
mama aliya September 17, 2014 11:34 am

waahh info yg diperlukan ini nih. jadi untuk annual expenses disimpan dalam satu rekening khusus yg terpisah dari rekening gaji ga? makasih.

nita zakaria September 19, 2013 2:07 pm

keren deh mom Meta. Alhamdulillah klrg kcl sya pun sdh menerapkannya. Persisnya kami pke metode amplop. Klo kita komit, insya Allah 'tanggal tua' tinggal cerita. Yang masih suka kegoda 'diskon-an', colekin suami tercinta ajah, "ingetin mama ya pah, mamah suka hilap" ehehehe

Yolanda Septiana
Yolanda Septiana June 25, 2013 1:11 pm

nyatetnya dimana mbak meta? hehe. pernah buat planning di laptop. pas mau itung2an or realisasi, malah males buka laptopnya.. *emangdasarmales.. hehe

Wiwid
Wiwid April 19, 2013 11:03 am

Good budget and Plan terutama buat ebo2 kaya aku nih, thanks for sharing mba Meta:)

NadiraMalik
NadiraMalik April 15, 2013 2:27 pm

Hebat! Pemikiran mba meta dalam menangani Annual Expenses.
Tips nya sangat membantu mba

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies