Fiskekaker

Oleh Retno Aini pada Sabtu, 24 Maret 2018
Seputar Do-It-Yourself
Fiskekaker

Tidak seperti kebanyakan negara di Eropa yang makanan khasnya didominasi daging dan susu, ikan dan produk seafood adalah inti dari masakan khas Norwegia. Apalagi saat menjelang musim semi ini adalah bulan-bulannya panen ikan cod (torsk), bisa dipastikan hasil tangkapan ikan cod dan produk olahannya membanjiri supermarket.

Salah satu produk olahan ikan cod yang juga makanan favorit warga Norwegia adalah fiskekaker. Fiskekaker artinya fish cake, jadi berupa produk olahan daging ikan giling yang dibumbui dan dibentuk menyerupai patty atau bulatan pipih lalu digoreng sampai matang kecokelatan. Fiskekaker goreng disajikan bersama wortel parut dan kentang rebus panas-panas yang diberi kucuran mentega leleh dan saus mayonnaise. Biarpun hidangan fiskekaker ini penampilannya sederhana sekali, tetapi nilai nostalgianya selalu terasa dari generasi ke generasi. Karena hidangan ini mudah disiapkan dan dapat dibuat stok banyak sekaligus, boleh dibilang hampir setiap malam fiskekaker disajikan sebagai hidangan makan malam (middag). Memang di supermarket ada banyak produk fiskekaker siap goreng, tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan kelezatan hjemmelaget fiskekaker yang dibuat sendiri di rumah.

Urban Mama dapat membuat sendiri fiskekaker dari campuran daging ikan tenggiri dan fillet ikan putih lainnya seperti dory, gurame atau catfish. Daging ikan tenggiri memberikan wangi 'laut' yang khas dan diimbangi dengan aroma bumbu bubuk pala dan lada hitam.   

Bahan-bahan:

  • 1 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 500 gram fillet daging ikan putih (tenggiri campur dory, gurame, atau catfish)
  • 50 ml air es atau susu dingin
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • 1-2  batang daun bawang, iris halus
  • 3 sendok makan keju cheddar parut atau parmesan
  • 6 sendok makan tepung sagu
  • 3 sendok makan tepung terigu
  • 1/4 sendok teh bubuk pala
  • 1/2 sendok teh bubuk lada hitam
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 5 butir kentang, kupas
  • 5 batang wortel, kupas
  • 2 sdm mentega, lelehkan
  • saus mayonnaise sesuai selera

Cara membuat:

1. Haluskan bawang merah dan bawang putih, sisihkan. Potong-potong kecil fillet daging ikan, lumuri dengan 1 sdt garam, lalu haluskan dengan food processor sambil dituangi air es atau susu dingin.

2. Pindahkan daging ikan ke mangkuk adonan, masukkan bawang merah bawang putih yang sudah dihaluskan, irisan daun bawang, keju, serta telur kocok. Aduk rata.

3. Masukkan tepung sagu dan tepung terigu sambil adonan terus diaduk sampai tercampur merata. Jika dirasa adonan masih terlalu lembek, tambahkan tepung sagu sedikit-sedikit sambil diaduk.

fiskekaker

4. Bubuhkan bubuk pala, lada hitam dan gula, aduk rata. Tutup mangkuk, masukkan ke dalam kulkas selama selama 30 menit.

5. Sementara adonan didinginkan, rebus kentang sampai matang, sisihkan. Parut wortel ukuran memanjang, lalu rebus 2 menit dalam air panas mendidih, saring & sisihkan.

6. Panaskan minyak goreng dalam wajan penggorengan. Bentuk-bentuk adonan ikan menyerupai bulatan pipih, lalu goreng kedua sisinya sampai matang.

7. Setelah semua adonan ikan fiskekaker digoreng, matikan api & lelehkan 2 sendok makan mentega pada wajan yang sama.

8. Sajikan fiskekaker dengan kentang dan wortel parut yang diberi siraman mentega leleh.

fiskekaker

Adonan fiskekaker juga dapat dipanggang selama 30 menit dalam loyang atau mangkuk tahan panas. Setelah adonannya matang dan mengeras, potong-potong adonan menyerupai nuggert lalu goreng potongan fiskekaker tersebut dalam mentega atau margarin panas. Mau dihidangkan sebagai santapan makan malam atau lauk isi bekal sekolah si kecil, tentunya hidangan olahan ikan seperti fiskekaker ini jauh lebih menyehatkan untuk santapan sekeluarga. Selamat menikmati!

 

 

7 Komentar
Anisa Kharismawati
Anisa Kharismawati March 29, 2018 6:26 am

Waah enak banget ni kayaknya. Boleh di coba, thanks resepnya mama aini ☺️

ninit yunita
ninit yunita March 26, 2018 10:21 am

semua resep yang di-share sama aini emang deeeh sukses bikin ngiler. mau coba ah! thanks ai! :*

Retno Aini
Retno Aini March 27, 2018 1:22 pm

sama2, teh Ninit :D selamat bikin!

Cindy Vania
Cindy Vania March 26, 2018 7:47 am

Wah ada resep lagii.. keliatan enak banget walau masih di teflon :D
buat bekal kayaknya oke ya ini..

Retno Aini
Retno Aini March 27, 2018 1:23 pm

iya Cindy, oke banget buat lauk bekal. Trus fiskekaker ini lebih enak kalau digoreng, suka deh bikinnya gak repot musti dikukus trus digoreng lagi :D

Intan Rastini
Intan Rastini March 26, 2018 2:59 am

Adonannya yang telah dibentuk patty bisa disimpan di freezer sebagian buat dimasak saat perlu menyajikan makanan segera, ya?
Saya suka nih kue ikan, nambah lagi masakan olahan sebagai homemade frozen food. Saya udah pernah bikin chicken and pork nugget. Tapi kalau dari ikan belum pernah.
Tepung sagu itu cari dimana sih, mbak? Saya agak kesulitan mencarinya. Makasih info resepnya buat nambah koleksi saya :D

Retno Aini
Retno Aini March 27, 2018 1:30 pm

Hi mama Intan :D kalau mau disimpan di freezer sebaiknya adonan patty dimasak setengah matang terlebih dahulu (dipanggang/digoreng 5menit) atau dimasak matang sekalian baru disimpan dlm freezer. adonan mentahnya agak lembek (karena \% daging ikannya banyak), akan menempel kalau disimpan dalam freezer.

tepung sagu bisa dicari di supermarket lokal, biasanya namanya sagu tani. Atau alternatif lainnya bisa coba tepung tapioka :D sama2 mama, Intan, selamat bikin fiskekaker!