Theurbanmama

Fiskekaker

Sabtu, 24 Maret 2018

Tidak seperti kebanyakan negara di Eropa yang makanan khasnya didominasi daging dan susu, ikan dan produk seafood adalah inti dari masakan khas Norwegia. Apalagi saat menjelang musim semi ini adalah bulan-bulannya panen ikan cod (torsk), bisa dipastikan hasil tangkapan ikan cod dan produk olahannya membanjiri supermarket.

Salah satu produk olahan ikan cod yang juga makanan favorit warga Norwegia adalah fiskekaker. Fiskekaker artinya fish cake, jadi berupa produk olahan daging ikan giling yang dibumbui dan dibentuk menyerupai patty atau bulatan pipih lalu digoreng sampai matang kecokelatan. Fiskekaker goreng disajikan bersama wortel parut dan kentang rebus panas-panas yang diberi kucuran mentega leleh dan saus mayonnaise. Biarpun hidangan fiskekaker ini penampilannya sederhana sekali, tetapi nilai nostalgianya selalu terasa dari generasi ke generasi. Karena hidangan ini mudah disiapkan dan dapat dibuat stok banyak sekaligus, boleh dibilang hampir setiap malam fiskekaker disajikan sebagai hidangan makan malam (middag). Memang di supermarket ada banyak produk fiskekaker siap goreng, tetapi tidak ada yang dapat mengalahkan kelezatan hjemmelaget fiskekaker yang dibuat sendiri di rumah.

Urban Mama dapat membuat sendiri fiskekaker dari campuran daging ikan tenggiri dan fillet ikan putih lainnya seperti dory, gurame atau catfish. Daging ikan tenggiri memberikan wangi 'laut' yang khas dan diimbangi dengan aroma bumbu bubuk pala dan lada hitam.   

Bahan-bahan:

Cara membuat:

1. Haluskan bawang merah dan bawang putih, sisihkan. Potong-potong kecil fillet daging ikan, lumuri dengan 1 sdt garam, lalu haluskan dengan food processor sambil dituangi air es atau susu dingin.

2. Pindahkan daging ikan ke mangkuk adonan, masukkan bawang merah bawang putih yang sudah dihaluskan, irisan daun bawang, keju, serta telur kocok. Aduk rata.

3. Masukkan tepung sagu dan tepung terigu sambil adonan terus diaduk sampai tercampur merata. Jika dirasa adonan masih terlalu lembek, tambahkan tepung sagu sedikit-sedikit sambil diaduk.

fiskekaker

4. Bubuhkan bubuk pala, lada hitam dan gula, aduk rata. Tutup mangkuk, masukkan ke dalam kulkas selama selama 30 menit.

5. Sementara adonan didinginkan, rebus kentang sampai matang, sisihkan. Parut wortel ukuran memanjang, lalu rebus 2 menit dalam air panas mendidih, saring & sisihkan.

6. Panaskan minyak goreng dalam wajan penggorengan. Bentuk-bentuk adonan ikan menyerupai bulatan pipih, lalu goreng kedua sisinya sampai matang.

7. Setelah semua adonan ikan fiskekaker digoreng, matikan api & lelehkan 2 sendok makan mentega pada wajan yang sama.

8. Sajikan fiskekaker dengan kentang dan wortel parut yang diberi siraman mentega leleh.

fiskekaker

Adonan fiskekaker juga dapat dipanggang selama 30 menit dalam loyang atau mangkuk tahan panas. Setelah adonannya matang dan mengeras, potong-potong adonan menyerupai nuggert lalu goreng potongan fiskekaker tersebut dalam mentega atau margarin panas. Mau dihidangkan sebagai santapan makan malam atau lauk isi bekal sekolah si kecil, tentunya hidangan olahan ikan seperti fiskekaker ini jauh lebih menyehatkan untuk santapan sekeluarga. Selamat menikmati!

 

 

Related Tags : ,,,,,
Apa Reaksi Anda ?
7 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.