Imunisasi Belum Lengkap

Oleh dr. eva devita pada Kamis, 09 Mei 2013
Seputar Expert Explains

Dear dr Eva,

Anak saya sudah berusia 5th tetapi ada beberapa imunisasi yang belum lengkap. Anak saya juga sering mengalami gangguan pencernaan, batuk, dan pilek.
Apakah semua itu dampak dari belum lengkapnya imunisasi?

Terimakasih

Linda
[email protected]

-
Dear Mama Linda,
Imunisasi apa saja yang belum lengkap? Prinsipnya bila imunisasi terlambat diberikan, boleh diberikan kapan saja sesudahnya asalkan anak sehat.

Vaksin yang tersedia saat ini, belum mencakup semua jenis penyakit dan setelah diimunisasi pun bukan berarti kebal 100 % terhadap penyakit tertentu. Daya tahan tubuh yang terbentuk tergantung pada respon anak terhadap vaksin dan kualitas vaksin yang diberikan.

Seorang anak bila sering mengalami gangguan pencernaan, batuk, pilek, belum tentu karena tidak lengkap imunisasinya. Bisa juga karena penyebab yang lain misalnya alergi atau karena kuman yang memang belum ada vaksinnya. Jadi sebaiknya dievaluasi lebih lanjut oleh dokter anak untuk mencari penyebabnya.

Mudah-mudahan pertanyaannya terjawab.

Kategori Terkait


Tag Terkait

3 Komentar
Bunda Raiqqal April 28, 2017 1:14 am

Dear dr.Eva..
Anak saya saat ini berumur 10bln.
Terakhir di imunisasi BCG,setelahnya terlambat imunisasi sprti imunisasi DPT dan lainnya,dan seharusnya 9bln dia imunisasi campak tp terlambat smpai saat ini.
Apakah tidak apa bila terlambat imunisasinya ? Dan bila di lanjut berapa biaya untuk imunisasi susulan di rumah sakit?
Terima kasih.

vitta suwartomi September 24, 2013 3:06 pm

siang dok, saya mau tanya anak saya umurnya (6m3w) sudah 1 bulan setiap pagi sering demam badannya tapi menjelang siang suhu badannya normal kembali. saya konsulitasi ke dokter katanya karena mungkin kurang minum pada malam hari, mau tumbuh gigi, dll. anak saya semenjak makan juga sering sembelit dan mengejan sampai sekuat tenaga. kebetulan saya tidak asi full tapi sy campur dengan formula. kami kemarin baru habis dari luar kota dengan menggunakan mobil pribadi dan saya bawa anak saya jalan2 ke daerah pegunungan setelah itu dia demam tinggi bahkan sampai sekarang demam tinggi di pagi hari. kira2 sebabnya apa ya dok? thanks

zata ligouw
zata ligouw May 9, 2013 12:14 pm

Wah..aku juga punya situasi sama, karena bbrp hal, anak kedua aku juga belum lengkap imunisasinya. Makasih banyak penjelasannya ya Dok..