Manfaat Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) dalam Ruangan

Oleh ninit yunita pada Kamis, 02 April 2020
Seputar Tips
Manfaat Tanaman Lidah Mertua (Sansevieria) dalam Ruangan

Terus terang, dulu saya tidak menyukai mengurus tanaman. Mungkin tepatnya lebih ke sekadar penikmat keindahan tanaman daripada harus mengurusnya. Tiap kali melihat tempat atau rumah yang hijau dengan indahnya tanaman, saya pasti selalu terpesona. Tapi kalau untuk mengurusnya? Hmmm, terima kasih deh. Mungkin faktor saya tinggal di apartemen juga menjadi alasan terbesar saya. Lahan terbatas, mau disimpan di mana? Repot mengurusnya.

Berbeda dengan saya, Ibu saya justru menyukai tanaman. Halaman rumah orangtua saya di Bandung cukup asri. Hijau dan menyegarkan dengan adanya tanaman yang dirawat dengan baik oleh Mama. Entah terkena apa, satu pot tanaman yang disebut Sirih Belanda, saya bawa ke Jakarta. Kata Mama, gampang kok merawatnya. Tinggal disiram saja. Bahkan bisa tumbuh di medium air juga. Oh! Kalau gampang adalah kata kuncinya, saya bersedia mencoba.

Cerita selanjutnya, tanaman Sirih Belanda ini tumbuh dengan baik. Dari hanya satu pot sekarang sudah beranak menjadi beberapa pot. Tumbuhnya cukup baik juga sampai daunnya menjuntai. Lalu saya mendapat 'hidayah' lagi untuk menambah tanaman di apartemen. Baru-baru ini, saya cukup rajin membuka Instagram. Ada satu tanaman yang menarik perhatian saya yaitu Ketapang Biola. Saya suka daunnya yang besar-besar dan mempercantik ruangan. Lalu, ada satu tanaman dalam ruangan yang menjadi favorit saya, Lidah Mertua (Sansevieria). Dari yang tidak tahu namanya sampai saya jatuh cinta sekali dengan tanaman ini.

 

Satu hal yang paling membuat saya sangat merasakan manfaat tanaman dalam ruangan adalah udara menjadi lebih baik. Anak saya yang pertama, alergi debu dan beberapa kali terkena serangan asma. Saya notice ketika saya mulai rajin merawat tanaman di dalam ruangan, anak sulung saya jadi jarang terkena serangan asma. Biasanya kalau batuk-batuk sedikit, sudah jadi alarm bahwa serangan asma akan datang.

Ternyata, Sansiviera alias lidah mertua atau snake plant ini memberikan banyak manfaat:

1. Menyerap Polutan
Dari penelitian yang dilakukan NASA Clean Air Study tahun 1989, tanaman Lidah Mertua secara efektif dapat menghilangkan polutan (seperti formaldehyde, xylene, toluene, dan nitrogen oxides). Lidah Mertua bekerja membersihkan udara dengan cara menyerap racun melalui daun-nya dan memproduksi oksigen. Mungkin Mama juga bisa mempertimbangkan untuk menyimpat satu pot Lidah Mertua di kamar tidur karena pada saat tanaman lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari, Lidah Mertua meneruskan memproduksi oksigen.


sumber: pinterest.

2. Mengurangi Sick Building Syndrome
Apakah Sick Building Syndrome itu? Sick Building Syndrome adalah keadaan dimana ruangan yang ditempati oleh orang-orang memiliki kandungan karbon dioksida (CO2), nikotin, dan efek penggunaan AC yang tinggi. Dengan menempatkan Lidah Mertua di ruangan, zat-zat yang tidak bermanfaat yang merugikan kesehatan kita, dapat dikurangi.

3. Menetralkan Racun Nikotin
Pasangan masih berusaha untuk berhenti merokok? Urban Mama bisa menempatkan Lidah Mertua di area tempatnya biasa merokok. Lidah mertua mampu memproduksi oksigen dalam jumlah tinggi sehingga asap tembakau yang mengandung racun nikotin dapat dinetralisir.


sumber: pinterest

4. Menyerap Radiasi
Dari sumber yang saya baca, ternyata Lidah Mertua juga mampu menyerap radiasi. Tempatkan satu pot Lidah Mertua di living room urban Mama, radiasi peralatan elektronik seperti televisi, komputer, dan handphone bisa diserap.

5. Sebagai Dekorasi Ruangan
Coba deh Mama intip instagram. Akun-akun Instagram banyak menampilkan ruangan yang cantik dengan penampilan Lidah Mertua di sana. Seketika, ruangan terasa berbeda dengan kehadiran Lidah Mertua.

6. Mudah diurus
Lidah Mertua ini sangat mudah diurus! Jangan khawatir bila Mama lupa menyiramnya atau harus pergi beberapa hari ke luar kota. Justru tanaman Lidah Mertua ini tidak boleh sering disiram! Bila Mama sering menyiramnya, Lidah Mertua akan cepat membusuk dan mati. Siram sedikit jika tanahnya terlihat kering. Bagi newbie, tanaman Lidah Mertua ini sangat ideal bukan?

Selamat mempercantik rumah ya Mama. Saya percaya bahwa dengan tempat tinggal yang nyaman dan menyenangkan, kualitas hidup kita akan meningkat. Saya sangat merasakan hal ini terutama dengan progress anak sulung saya yang semakin membaik jarang terkena serangan asma.

19 Komentar
Aldy Hakim Herlambang March 4, 2021 9:41 pm

Wah infonya bermanfaat banget, makasih banyak mbak✨

Retno Aini
Retno Aini September 10, 2018 3:37 pm

Kebetulan lagi nyari tanaman indoor yang bentuknya simpel, sansevieria ini cocok juga ya buat rumah yg mungil. Baru tahu ternyata manfaatnya banyak utk kesehatan!

Cindy Vania
Cindy Vania September 6, 2018 11:36 am

2 tahun lalu baca artikel teh Nit, langsung pengin punya Sansiviera. Hasilnya sekarang ini jadi tanaman favorit di rumah. Perawatannya nggak susah, dan bentuk daunnya cantik(menurutku)!

dieta hadi
dieta hadi September 6, 2018 8:22 am

Pengen beli ini dari dulu belom kebeli-beli hihi. Bagus ya, banyak manfaatnya dan bisa ditaro di dalam ruangan, cucok banget deh ini

ninit yunita
ninit yunita August 24, 2016 7:42 am

@chika - whoaaa kalo udah gede banget pasti cantik banget penampakannya ya chik. ayooo ambil sedikit buat ditaro indoor. iya chik di mana pun, lidah mertua ini ga boleh basah, nanti jadi busuk dan mati. harus tetep kering.

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies