Mata Berair

Oleh dr rova virgana pada Rabu, 25 Agustus 2010
Seputar Expert Explains



dr. Rova Virgana
Pendidikan: S1 FK Universitas Padjajaran, Bandung

Saat ini merupakan peserta program studi pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan mata, di salah satu universitas di Indonesia.



Q:  Halo Dokter Rova... Apa kabar?


Dok,
Anak saya sejak bayi (baru lahir) matanya sering berair dan kotoran matanya juga terhitung banyak dan sering. Apakah ini normal? Apakah ada pengobatannya?


Terima kasih sebelumnya ya, Dok. 
- Pertanyaan dari Ummu Salamah


A: Hi Mama Ummu Salamah, kabar saya baik, terima kasih :)


Menjawab pertanyaan Mama, terutama berkaitan dengan anak, sebenarnya ada informasi tambahan yang diperlukan.



  1. Berapa usia anak Mama sekarang?

  2. Bagaimana perkembangan penglihatan anak Mama sekarang?

  3. Apakah berairnya terus menerus atau kadang-kadang? Apakah bertambah banyak?

  4. Lalu kotoran yang timbul apakah jumlahnya tetap, bertambah banyak dan serta di bagian sebelah mana dari mata tampaknya, apakah disertai mata merah?

  5. Apakah tampak kelainan lain dari struktur mata yang Mama perhatikan?



Mata berair pada anak, terutama sejak lahir memerlukan pemeriksaan dokter mata untuk memastikan penyebabnya. Secara umum kita perlu perhatikan hal-hal yang saya tanyakan diatas. Mata berair itu bisa disebabkan oleh sumbatan saluran air mata (cukup umum terjadi pada bayi yang perkembangan salurannya belum optimal) atau karena proses lain yang salah satu manifestasinya berupa mata berair, misalnya infeksi atau kelainan kongetinal (bawaan) tertentu.


Bila membaca pertanyaan Mama, nampaknya keluhan pada anak Mama hanya mata berair yang disertai kotoran, kecenderungannya lebih kepada sumbatan saluran air mata. Untuk penanganan awal pada bayi biasanya disarankan orang tua untuk melakukan pijatan pada bagian ujung kelopak mata bagian tengah (dekat hidung, dimana teraba struktur seperti benjolan), pijatan ditempat tersebut yang membuat kotoran makin banyak keluar makin menambah tanda suatu sumbatan saluran air mata. Karena sudah ada kotoran, sebaiknya ditambahkan antibiotika tetes mata. Lalu kita observasi perubahannya. Tindakan selanjutnya bergantung dari respon tindakan (pijatan dan antibiotika tetes mata) yang diberikan.


Semoga informasi ini dapat membantu. Untuk lebih lengkapnya, silakan memeriksakan anak Mama ke dokter mata.


--


if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

4 Komentar
Wenyk December 25, 2014 6:55 pm

Dok. Mata anak sy sampai usia 3 bulan ini masih berair dan mengeluarkan kotoran. Kata ibu teman sy di kasih ASI tp tetap saja belum sembuh smpe sekarang. Usia anak sy 3 bulan
Kotoran kdang sedikit kadang banyak. Mata tidak merah. Penglihatannya juga baik saat di ajak berkomunikasi.mohon infonya dok.

NovieHendrawan August 27, 2010 1:51 pm

Dok, boleh nanya? Apakah mata berair pada bayi ini bisa dikarenakan kebiasaan kita makan pedas pada saat hamil? Mertua saya selalu menyarankan saya untuk mengurangi makan yang pedas-pedas karena takut bayinya matanya akan berair pada saat sudah lahir. Tapi saya sendiri agak susah untuk melakukan itu karena kalau tidak ada rasa pedas, makanan tidak bisa masuk, tidak bisa termakan.
Mohon infonya ya dok. Terimakasih.

Dini Restiani
Dini Restiani August 25, 2010 1:34 pm

Saya jg pernah mengalami hal yg sama. Waktu anak sy umur 4mgg keluar belek di mata kanannya,dan sering berair. Waktu di konsultasikan ke DSA nya,krn matanya ga merah,mgkn krn penyumbatan saluran air mata,jadi cm disuruh pijat aja..suami sempet minta obat,tp krn matanya ga merah jd kt DSA nya ga usah dulu. Sampe dirumah saya browsing2 ttg belekan pada bayi,umumnya krn penyumbatan saluran air mata dan penanganannya ya di pijat itu..setelah seminggu saya pijat Alhamdulillah sembuh..tp memang bervariasi lama sembuhnya,ada yg sebulan atau lebih..

cut zurria
cut zurria August 24, 2010 10:38 am

Saya pernah mengalami hal yang sama. Kebetulan bayi saya yang kini berumur 2bln sejak lahir matanya selalu berair dan banyak mengeluarkan kotoran.
Oleh DSA diberikan obat tetes gentamicin tapi tdk kunjung membaik. Kemudian saya ganti DSA, dia hanya menyarankan untuk sesering mungkin dipijat
memutar di bagian ujung kelopak mata dekat hidung dan diberikan cairan sodium chlorida yang diteteskan di kapas jika ingin membersihkan mata bayi.
Alhamdulillah di usia 1 bulan mata kembali normal

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies