Membawa Keluarga Hidup Lebih Sehat dan Nyaman

Oleh Retno Aini pada Senin, 15 Desember 2014
Seputar Tips

Ada beberapa anggapan kalau mengatur rumah dan mengerjakan pekerjaan rumah tangga minus bantuan asisten rumah tangga itu ekstra repot. Justru sebaliknya, dengan peralatan yang tepat, pekerjaan rumah tangga sama sekali tidak merepotkan. Memang ada beberapa kegiatan yang membosankan seperti menyetrika. Duh, kalau yang satu ini sih jujur saja, membosankan sekali karena ujung-ujungnya pegal sementara gundukan baju yang harus disetrika seperti tidak ada habis-habisnya. Tetapi seperti yang tadi dibilang, dengan peralatan yang tepat seperti setrika uap atau pengering pakaian maka pekerjaan menyetrika menjadi lebih mudah. Dan tahukah urban mama bahwa tidak semua jenis bahan pakaian boleh disetrika? Ini bisa dicek dari label care instruction di bagian dalam pakaian. Baju kemeja dan seragam dari bahan katun atau katun campuran sebaiknya selalu disetrika. Untuk sweater, baju olahraga serta pakaian dalam cukup segera dilipat setelah kering dijemur. Untuk syal dan scarf sebaiknya disetrika dengan panas rendah, bahkan scarf dari bahan polyester-blend atau silk-blend serta inner/headband berbahan elastik tidak perlu disetrika karena saat dijemur akan ‘tertarik’ oleh berat air dan ketika kering sudah tidak terlihat lagi serat-serat leceknya. Untuk baju rumahan cukup segera dilipat saat diangkat dari jemuran atau pengering pakaian; kalau diangkat lalu ditumpuk dulu di keranjang (alih-alih segera dilipat) malah akan membuat bajunya tambah lecek sehingga harus disetrika.

Begitu pula dengan memasak dan menyediakan makanan sehat untuk keluarga. Bagian masak-memasak yang paling merepotkan adalah saat harus merajang dan memarut bumbu, menggoreng serta merebus daging agar empuk. Agar praktis, pilih alat dapur dan alat masak yang meringankan pekerjaan ini. Blender atau food processor yang powerful sangat membantu dalam menyediakan stok bumbu dasar di dapur, tidak perlu lagi repot merajang, memarut serta mengulek bumbu. Blender juga memudahkan urban mama saat menyediakan stok puree buah dan sayuran untuk MPASI si kecil. Untuk urban mama-papa yang suka minum smoothies akan lebih mudah disiapkan dengan blender. Smoothies yang diblender lebih sehat pula karena serat buah dan sayuran yang penuh manfaat tersebut ikut diminum, tidak hanya sari buahnya saja. Urban mama-papa menyukai makanan gorengan namun ingin mengurangi pemakaian minyak goreng? Bisa lho menggorengnya dengan bantuan alat air fryer. Hasil gorengan seperti french fries pun terasa sama renyahnya seperti kalau digoreng deep-fry. Untuk menyiapkan olahan lauk daging dan ayam, urban mama bisa menggunakan panci pressure cooker yang memanfaatkan panas bertekanan tinggi untuk mengempukkan daging dalam waktu singkat. Tinggal masukkan bumbu, air serta potongan daging sapi atau ayam sejumlah stok lauk yang dibutuhkan, masak 30 menit dengan pressure cooker lalu simpan lauk per porsi dalam wadah atau dibungkus aluminum-foil. Saat akan dihidangkan, urban mama tinggal memasak hidangan sayur lalu mengeluarkan lauk per porsi tersebut untuk dipanggang dalam toaster-oven atau dikukus.

Tumbuh dengan bawaan alergi debu membuat saya jadi ekstra teliti dalam menjaga kondisi rumah. Apalagi setelah si kecil lahir dan tampak memiliki ke kecenderungan alergi yang sama, semakin penting untuk rajin menjaga rumah bebas dari debu agar sehat dan nyaman. Contohnya, sebaiknya tidak menggunakan kemoceng untuk membersihkan permukaan perabotan dan jendela karena hanya akan memindahkan debu ke permukaan lain dan debunya beterbangan kemana-mana. Sebagai gantinya, gunakan lap basah yang diberi sedikit cairan pembersih.  Dengan lap basah, debu di permukaan perabotan langsung terangkat tanpa terbang kemana-mana. Untuk membersihkan lantai dan karpet, penggunaan mesin penghisap debu (vacuum cleaner) adalah pilihan yang tepat. Lebih baik lagi jika menggunakan vacuum cleaner dengan HEPA filter agar partikel debu terkecil pun mampu terperangkap. Usai dibersihkan dengan vacuum cleaner, lantai langsung dipel agar sisa lapisan debu yang tertinggal ikut terangkat.

Pemilihan jenis perabotan dan dekorasi rumah pun tidak kalah pentingnya. Ada beberapa jenis bahan dan kain sofa, tirai jendela serta karpet yang cenderung memerangkap debu; bahan-bahan itulah yang sebaiknya dihindari. Sebagai gantinya, bisa dipilih sofa dari bahan kulit imitasi dan menggunakan sarung bantal, seprai kasur, selimut, taplak serta tirai jendela dari bahan yang mudah dicuci. Saya juga seminimal mungkin memakai karpet untuk dekorasi rumah. Penataan meja-kursi, lemari, pajangan serta rak buku di rumah pun perlu diperhatikan agar tidak menyisakan celah-celah sempit yang menjadi tempat bersarangnya debu. Untuk mainan si kecil, alih-alih meletakkannya berjejer di rak, urban mama bisa menggunakan box plastik besar untuk wadah penyimpanan mainan agar mainannya tidak menjadi sarang debu. Sirkulasi udara dalam rumah juga tak kalah pentingnya. Setelah rumah dibersihkan, sebenarnya masih ada sisa lapisan debu mikroskopik yang tertinggal. Sirkulasi udara yang lancar akan mengangkat debu-debu tersebut ke luar rumah. Pintu dan jendela pun sebaiknya rajin dibuka agar sinar matahari dapat masuk dan mematikan kuman-kuman yang terbawa oleh debu. Rumah adalah cerminan jiwa-jiwa penghuni yang tinggal di dalamnya. Sama seperti tubuh yang sehat, rumah yang sehat akan menaungi jiwa yang sehat pula.


Dalam rangka menyambut Hari Ibu, Philips mengundang para ibu untuk berkunjung dan ngobrol bersama di RUMAH INOVASI PHILIPS bertempat di Rumah Bunga Rampai, Jl Cik DiTiro 35 Menteng - Jakarta. Mengangkat tema 'Membawa Keluarga Hidup Lebih Sehat dan Nyaman', Rumah Inovasi Philips akan diisi dengan talk show oleh dokter pakar spesialis alergi, demo memasak oleh chef ternama, serta juga fashion stylist. Adapun RUMAH INOVASI PHILIPS akan dilangsungkan Rabu 17 Desember 2014 pukul 14.00 - 17.00 WIB dan tiketnya gratis, tempat terbatas! Bagi urban mama yang berminat, segera daftarkan keikutsertaannya di Facebook Page Philips Home Living dan ikuti juga informasi dari twitter @Philips_ID dan tagar #rumahinovasi. Acara ini dipersembahkan karena cinta Ibu sama seperti cinta Philips kepada para ibu di seluruh dunia, Care Without Limits.

 

(gambar: www.freedigitalphotos.net)

12 Komentar
Siska Knoch
Siska Knoch December 21, 2014 8:33 pm

Tipsnya kece ai, tfs yaa :)

bunda_rizma
bunda_rizma December 19, 2014 9:47 pm

bagus bgt artikelny. bnyk pencerahan. makasih ya mama aini :)

Devina
Devina December 18, 2014 10:32 am

Nice tips :) saya juga lebih suka melakukan semua dg tangan sendiri. Lebih puas dengan hasilnya krn sesuai dg yg diharapkan. Tentu didukung dg peralatan yang mumpuni pastinya. Philips mmg jagoan...

hanana fajar
hanana fajar December 16, 2014 3:27 pm

nice info mama Aini...
setujuuu philips emang awet dan produknya selalu TOP!
Pengen ikutaan tapiii ga bisaa huhu..

zata ligouw
zata ligouw December 16, 2014 7:47 am

aku sudah daftarrrr...
kebayang banyak banget ilmu yang bakal didapat di Rumah Inovasi Philips.., yuk ikutan bareng2 urban mama...

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies