Menata Ulang Interior Rumah

Oleh musdalifa anas pada Minggu, 24 Juli 2016
Seputar Tips

Menyambut hari raya Idul Fitri kemarin, saya dan suami menata ulang beberapa perabot dan furnitur yang ada di rumah. Awalnya kami  berencana untuk mengecat ulang dinding luar dan dalam rumah dan merenovasi dapur, namun karena anggaran sangat terbatas, akhirnya kami hanya menata ulang beberapa furnitur dan perabot yang ada sekarang.

Saya dan suami selalu berupaya bagaimana menciptakan rumah mungil kami sebagai rumah yang nyaman, khususnya untuk anak-anak kami, Lana dan Yoona. Bagi saya, rumah yang nyaman syaratnya sederhana: bersih dan rapi. Rumah saya termasuk rumah mungil dengan luas bangunan sekitar 45 m2. Di rumah hanya ada ruang keluarga, kamar utama, kamar anak, dapur, serta kamar mandi. Tidak ada ruang tamu di rumah. Memasuki rumah, langsung menemui wall shelves dan beberapa rak, drawer, dan satu sofa. Area tersebut merupakan ruang keluarga bagi saya dan keluarga.

 

Karena keterbatasan area, kamipun harus pintar memilih cat dinding, furnitur dan perabot rumah. Beberapa perabot dan furnitur di rumah berwarna putih dan krem, begitu pula dengan cat dinding rumah yang berwarna putih untuk menciptakan kesan luas dan membantu memaksimalkan pencahayaan.

Berikut beberapa tips praktis menata ulang interior rumah agar terlihat menarik dengan budget terbatas:


  • Mengubah posisi perabot rumah.  Kami mencoba mengubah letak drawer, rak, kursi dan sofa untuk menciptakan suasanya yang berbeda. Jangan lupa untuk membersihkan perabot atau furniture yang masih layak pakai agar kondisinya kembali seperti baru.

  • Pemilihan furnitur. Gunakan furnitur, perabot dan aksesoris yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan menggunakan furnitur secara berlebihan karena akan menimbulkan kesan sempit. Saya lebih memilih perabot rumah berbentuk sederhana, berukuran kecil dan berwarna putih. Jangan lupa melakukan sortir barang, furnitur atau perabot yang ada di rumah. Jika sudah tidak terpakai, urban mama bisa memberikan kepada orang lain atau menjualnya kembali.

  • Supaya ada sentuhan alam hijau dan segar, saya meletakkan beberapa tanaman dalam pot atau bunga di dalam rumah. Tanaman juga dapat berfungsi sebagai penyaring udara alami.

  • Manata ulang posisi pajangan, foto-foto dan hiasan lainnya agar terlihat beda dipandang.

  • Untuk dapur, saya memilih beberapa rak gantung yang menempel di dinding. Saya sangat meminimalisir peralatan dapur yang disimpan di atas meja dapur agar dapur tidak terlihat sempit.


Namun hal terpenting dalam menata rumah adalah selalu menjaga kebersihannya. Menurut saya, jika rumah atau ruang apapun di dalam rumah tidak diperhatikan kebersihannya, tatanan interior yang bagus dan indah akan menjadi sia-sia. Karena rumah yang nyaman adalah rumah yang rapi dan bersih. Bagaimana dengan urban mama, ada rencana menata ulang interior rumah selepas libur lebaran ini?

Kategori Terkait


Tag Terkait

15 Komentar
marni uli saragih
marni uli saragih September 6, 2016 7:45 am

sukaaak teh rumahnya rapih... noted lagi renov rumah,perabot minim aja ya biar lega. inspiring teteh

pcpece
pcpece August 1, 2016 5:47 pm

Suka banget liatnya.. Soo inspiring..

pcpece
pcpece August 1, 2016 5:46 pm

Teh Ipeh

Siska Knoch
Siska Knoch July 28, 2016 8:17 pm

Setujuu yang penting rumah itu bersih dan rapih.. mampir ah kalau ke bogor?!

May Sukmasari
May Sukmasari July 27, 2016 10:01 am

mama ipeh bagus banget rumahnya, bersih dan rapi. Maudong diajak main ke rumah mama ipeh :)