Perencanaan Dana Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Oleh Tofan Saban pada Rabu, 14 November 2018
Seputar Expert Explains
Perencanaan Dana Pendidikan untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Saya memiliki putra usia 5 tahun bernama Daffa. Daffa penyandang kebutuhan khusus yaitu Cerebral Palsy. Saya khawatir dan bingung dengan pendidikan dan terapi-terapi yang bisa dikatakan akan seumur hidup anak saya. Tentunya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Mungkin ada saran saya harus mengikutkan anak saya asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan? Saya juga membutuhkan saran bagaimana caranya mngatur keuangan keluarga karena saya sendiri sudah tidak bekerja lagi karena ingin fokus untuk kemajuan anak.

Terima kasih.
Nur Rahmah Desiana
[email protected]

---

Dear Mama Desi,

Apa kabar? Semoga Mama Desi dan Daffa terus diberikan kesehatan dan kebahagiaan.

 

Untuk menjawab pertanyaan Mama sebenarnya diperlukan informasi yang lebih lengkap tentang kebutuhan perawatan Daffa dan kondisi keuangan keluarga saat ini. Tapi secara umum, Mama sebaiknya menyisihkan dana khusus untuk keperluan perawatan dan pendidikan Daffa nanti sesuai jangka waktu kebutuhannya.

Untuk itu ada beberapa langkah umum yang bisa dilakukan:

  • Mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang pendidikan dan terapi yang dibutuhkan oleh Daffa. Dari sana akan terlihat gambaran perkiraan biaya yang harus dikeluarkan dan kapan biaya-biaya tersebut dibutuhkan.

 

  • Menghitung kebutuhan tabungan atau investasi untuk memenuhi biaya-biaya tersebut melalui instrumen-instrumen yang sesuai dengan target waktu perawatan tersebut. Apalagi jika perawatan ini berlaku seumur hidup, maka investasi bisa dialokasikan juga ke dalam instrumen yang lebih agresif seperti saham atau reksadana saham agar memperoleh hasil yang optimal. Keperluan jangka pendek dan menengah bisa disiapkan melalui instrumen lain seperti reksadana, logam mulia ataupun alokasi aset yang ada saat ini.

 

 

Adapun untuk kebutuhan dana ini, saya tidak begitu menyarankan asuransi ataupun tabungan pendidikan dengan mempertimbangkan optimalisasi hasil investasi dan jenjang pendidikan yang mungkin berbeda dengan tingkatan pendidikan pada umumnya.

Demikian saran saya. Semoga berguna.

4 Komentar
karina jusuf
karina jusuf November 15, 2018 7:35 am

wah iya ya, untuk anak berkebutuhan khusus tentunya kebutuhan dana pendidikannya berbeda. thanks berkat artikel ini aku jadi lebih terbuka wawasan.

Fanny Hartanti
Fanny Hartanti February 25, 2013 6:48 pm

Tofan, seperti biasa artikel-nya ok banget. thanks ya.

Mama Desi,
semoga diberi kemudahan dalam membesarkan Daffa ya.

WiwiT
WiwiT February 25, 2013 2:41 pm

Punya anak berkebutuhan khusus memang bukan hanya membutuhkan perhatian khusus, tetapi juga dana khusus. Keluarga saya dulu juga seperti itu. Almarhum adik saya juga berkebutuhan khusus, dan memerlukan terapi, sekolah dan perhatian yang khusus. Pasti bermanfaat sekali untuk para Mama yang memiliki anak berkebutuhan khusus.. :) TFS ya!