Q: Tanda-tanda Anak Membutuhkan Kacamata

Oleh the urban mama pada Jumat, 08 Januari 2010
Seputar Expert Explains



dr Rovadr. Rova Virgana
Pendidikan: S1 FK Universitas Padjajaran, Bandung

Saat ini merupakan peserta program studi pendidikan dokter spesialis ilmu kesehatan mata, di salah satu universitas di Indonesia.



Q: Dokter, apakah tanda-tanda anak membutuhkan kacamata? Nilai anak saya sedikit turun dan menurut guru di sekolahnya, dia sering bolak balik ke papan tulis. Bisa kah Dokter memberikan penjelasan?


A: Hi Urban Mama/Papa. Ada beberapa tanda yang bisa Urban Mama dan Papa cermati. Bila di rumah, coba lah untuk memperhatikan apakah si kecil suka memicingkan mata terutama kalau melihat jauh? Apakah si kecil sering menonton TV dengan jarak yang dekat? (meski sudah diberi tahu untuk menjauh, anak cenderung kembali mendekat ke TV).


Kalau si kecil sudah sekolah, awal masuk sekolah dia memiliki kesulitan untuk beradaptasi dengan kegiatan sekolah, baik akademik maupun ekstrakulikuler. Di kelas sering bolak balik ke papan tulis, prestasi anak disekolah mengalami penurunan, dan kalau si kecil berjalan dan kadang dia menabrak. 


Tanda-tanda diatas belum pasti anak butuh kaca mata, tapi kalau anak seperti itu, kelainan tajam penglihatan perlu dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab.


Sebaiknya ada kunjungan rutin, terutama untuk yang jelas mempunyai kelainan mata, misalnya kelainan tajam penglihatan. Secara umum kunjungan setiap 6-12 bulan sekali bisa dianggap cukup. Semoga membantu ya Urban Mamas dan Papas.


--


if you have question to our resident doctor, please email to [email protected].

Kategori Terkait


Tag Terkait

14 Komentar
andaramomy latief
andaramomy latief December 18, 2016 8:36 am

apakah keturunan juga bs y mam...pengaruh?cz dari mama aq sampai anak2nya semua pakai kacamata.trs ini ank q usia 8th udah ngeluh klo di sekolahan pas duduk di belakang dia gk keliatan sm tulisan di papan tulis.aq periksain ternyata dia sudah min 1/4.

lia January 8, 2010 10:09 am

wah senangnya ada section "ask the doc" ini. resident doctorsnya spesialis apa aja ya?

thanks buat info nya. jadi tau kalo anak2 pun udah mulai cek2 ke dokter.

@alin - eron hebat deh!

ninit yunita
ninit yunita January 8, 2010 6:45 am

@alin - hebat banget siiih anaknya :) sementara kebanyakan anak suka protes kalo diajak ke dokter, eron malah semangat ya :) keren!

thalia kamarga
thalia kamarga January 7, 2010 10:52 pm

@alin - wah, enaknya, eron mau dapet hadiah ke dokter... anakku suka takut ama dokter. kao dikasih hadiah ke dokter, kayaknya dia bakal minta tuker ama playdoh aja... hu hu hu... umur 2 tahun ya? wah, berarti besok mesti bikin appointment nih... thanks ya, lin!

alin ramadhan
alin ramadhan January 7, 2010 8:25 pm

thalia,
eron saya bawa ke dokter gigi & mata pas umur dia 2 tahun. jadi ceritanya hadiah ulang tahun gitu. maklum deh dia suka banget dokter. cita2nya jadi dokter. jd sekalian mendukung cita2 dia dari kecil dan keuntungan buat saya, gampang ngajak ke dokter ;)