Sarapan dan Harapan Masa Depan

Oleh thelilsoldier pada Kamis, 18 Februari 2016
Seputar Our Stories

Raka dan Attar memiliki jadwal yang padat di sekolah. Masuk sekolah pukul 7 pagi, pulang pukul 1 siang dengan banyak aktivitas belajar. Tentu saja untuk dapat tetap fokus belajar dan berenergi, anak-anak perlu diberikan “bahan bakar” yang cukup. Oleh karena itu, saya membiasakan mereka sarapan dahulu sebelum berangkat ke sekolah. Saya mencoba memberikan sarapan yang bervariasi supaya anak-anak tidak bosan. Jika sedang kepepet, maklum jarak tempuh dari rumah ke sekolah membutuhkan waktu 30 menit berkendara, saya sediakan susu dan buah pisang untuk dikonsumsi di mobil. Intinya, saya mengusahakan perut anak-anak cukup terisi sampai waktu istirahat tiba. Salah satu sarapan kesukaan anak-anak adalah sereal sarapan Nestle. Anak-anak suka sereal yang tawar dan yang manis, yang paling mereka suka adalah Koko Krunch karena cokelatnya enak, ditambah susu menjadi lengkap nutrisinya.

Ada beberapa alasan, mengapa saya mementingkan sarapan. Mama juga perlu mengetahui manfaat sarapan, antara lain adalah:

1.  Sarapan memenuhi kebutuhan nutrisi otak

Tanpa sarapan, kadar gula darah berada pada level terendah, sehingga otak tidak memiliki cukup energi untuk bekerja. Wah bagaimana jika Raka dan Attar tidak bisa konsentrasi di kelas ya? Nanti apa hasil belajarnya dong? Mama kan tentu ingin hasil belajar yang optimal dari anak-anak, kan?

2.  Sarapan menjaga stamina dan semangat belajar

Apabila tubuh mendapat cukup energi, anak-anak dapat menjadi lebih bersemangat belajar dan berinteraksi dengan teman-temannya. Coba bayangkan perut yang kosong dan kelaparan, bisa membuat tidak semangat belajar, mood juga menjadi buruk. Pernah merasakan kalau lapar jadi cranky? Nah!

3.  Sarapan membentuk kebiasaan makan yang baik

Anak-anak yang sudah merasa kenyang menjadi tidak berselera untuk jajan makanan yang tidak bernutrisi. Sarapan dapat mencegah anak-anak makan berlebihan di waktu makan berikutnya, baik itu snack time ataupun waktu makan siang. Dengan begitu, anak-anak dapat terhindar dari risiko obesitas loh, Mama.

Namun sarapan tidak boleh asal kenyang, perlu diperhatikan pilihan menu sarapan. Sarapan sebaiknya meliputi karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat dan air. Sebagai alternatif, semangkuk Koko Krunch sereal sarapan dengan segelas susu dapat memberikan vitamin B2, B3, B5, B6, B9, kalsium, zat besi, dan serat dari gandum utuh.

Yuk jadikan sarapan bernutrisi sebagai agenda wajib untuk anak-anak setiap hari, karena dengan sarapan, Mama memberikan harapan akan hari-hari penuh prestasi.

10 Komentar
Retno Aini
Retno Aini February 19, 2016 5:44 pm

Aaaa kokokrunch, itu favorit Alma banget, trus makannya tambah potongan pisang :D

Tapi bener banget poinnya mba Inga, sarapan itu mmg penting. Di sekolah sini disediakan sarapan, tapi Alma nyaris selalu sarapan di rumah dulu. Selain anaknya lekas cranky kalo melek mata gak kena sarapan, di rumahku sarapan jadi semacam quality time sekeluarga, hehe.

Cindy Vania
Cindy Vania February 19, 2016 8:13 am

wah sarapannya sama nih kayak dirumah. Paling enak dan gampang pula penyajiannya.
Benar banget deh,anak-anak kalo telat makan jadi cranky,kasian juga kalau nggak sarapan nanti susah konsentrasi disekolah :)

Siska Knoch
Siska Knoch February 19, 2016 7:07 am

sama ama migu jugaaa,,, selain suka sarapan sama koko krunch + susu, sering juga koko krunchnya di bekel buat camilan kalo jalan-jalan hihi
btw, raka makin gede makin ganteng ^^ sehat2 terus ya rakaaa!

Eka Gobel
Eka Gobel February 19, 2016 6:20 am

Toss sama enzo dante! Kalo kesiangan Sukanya sarapan koko krunch susu dan pisang! Praktis!

thelilsoldier
thelilsoldier February 18, 2016 5:35 pm

@ninit: raka lagi sarapan koko krunch tehnit

@rian: ini tips untuk mama yang lagi jaga makanan hehehe

@zata: gue kalo telat makan jadi cranky. kalo diperhatiin, kebanyakan orang akan jadi cranky dan pemarah pas telat makan ya?

@ipeh: banyak sih risetnya, baik di dalam dan luar negeri. bisa cari di internet juga.

@honey: iya ya, harus siapin waktu untuk sarapan

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies