Tips Usir Radang Tenggorokan

Oleh rachmizen pada Senin, 04 Agustus 2014
Seputar Tips

image credit: www.gettyimages.com

Gangguan terberat buat saya selama hamil adalah radang tenggorokan. Karena jika si radang tenggorok datang, pasti akan bawa teman-temannya, antara lain demam dan flu. Nah, beberapa tahun terakhir ini, saya punya resolusi hidup untuk tidak terlalu sering bersentuhan dengan obat-obat kimiawi. Oleh karena itulah, saya mencoba cari jalan yang lebih alami. Berikut beberapa tips dari saya.

1. One Day One Fruit

Ini adalah jumlah paling sedikit untuk saya konsumsi per hari. Setiap hari saya mewajibkan diri untuk mengonsumsi buah, yang paling sering makan jeruk sekitar pukul 9 pagi. Dengan asumsi kita sudah menghabiskan sarapan kita. Konsumsi buah ini, bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Jika gejala radang tenggorokan (sakit menelan) sudah mulai datang, saya biasanya meningkatkan konsumsi buah-buahan, dengan makan buah yang kadar vitamin C nya lebih tinggi, seperti kiwi, jambu biji, dan anggur hitam tanpa biji.

2. Minum Air Putih Hangat

Selain buah, yang wajib dikonsumsi dengan jumlah banyak adalah air putih. Saya yang sudah lama meninggalkan soda dan kopi, lebih memilih air putih. Minimal dalam satu hari saya harus menghabiskan air putih sebanyak 1 gelas  saat bangun tidur, 1,5 botol ukuran 500 ml selama di kantor, ditambah dengan sekitar 4 gelas sepulang dari beraktivitas. Jika sedang flu, saya akan melipatgandakan air yang diminum, dan juga memilih air yang hangat-hangat kuku.

3. Berkumur dengan Air Garam

Tips yang ini mudah sekali untuk dilakukan. Cukup buat larutan air hangat dan garam secukupnya, terus berkumurlah, usahakan sampai mengenai tenggorokan. Sehari dua kali siang dan malam, akan sangat membantu mengurangi radang tenggorokan.

4. Uap Air Panas dan Minyak Telon

Jika flu sudah melanda (hidung meler), siapkan air hangat di dalam baskom atau mangkok yang uapnya masih mengepul, tambahkan tetesan minyak telon. Dekatkan wajah kita di atas baskom tersebut, kalau mau lebih ampuh tutup disekitar wajah dengan menggunakan handuk atau kain agar uapnya terkumpul. Kemudian, bernapaslah melalui hidung saja. Hidung tersumbat dan cairannya akan keluar.

5. Istirahat yang Cukup

Tidur malam minimal 8 jam dan upayakan juga untuk menyempatkan tidur siang. Sebelum tidur oleskan minyak hangat di sekitar dada, leher, dan hidung. Ini akan sangat membantu pernapasan kita. Jangan lupa, matikan lampu dan atur suhu kamar.

Semoga tips ini bisa membantu khususnya bagi urban mama yang sedang hamil dan menyusui, karena tidak bisa sembarangan minum obat.

4 Komentar
anindita ratri
anindita ratri September 5, 2014 10:25 am

honeylemon juga oke kok mba,,lemon bisa diganti dengan jeruk nipis peres/jeniper.
Plus paling berasa itu ya istirahat, kayaknya badan emang butuh me time sekali-kali.

rachmizen
rachmizen August 5, 2014 11:10 am

@ummu_za...silahkan mbak, smoga cepet sembuh yah ^^ radang tenggorokan itu gak bisa dilawan dengan antibiotik, tapi dgn meningkatkan daya tahan tubuh kita...selamat mencoba hehe
@zata...sama2 mbak ^^ iyah, kl kondisi badan lagi drop biasanya cepet banget tuh kena radang tenggorokan.. banyak istirahat, makan bergizi, dan minum air putih yaaa mbak :)

zata ligouw
zata ligouw August 5, 2014 10:42 am

Makasihhh tips-nya Rachmiii..
meski pun lagi nggak hamil gini tapi karena kecapekan, bbrpkali sempet juga kena sakit tenggorokan :(

ummu_za August 5, 2014 10:31 am

kebetulan lagi radang tenggorokan, batuk dan pilek...langsung dipraktekan. makasih infonya ^^

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies