Vegetarian Baby

Oleh dr. eva devita pada Rabu, 29 Desember 2010
Seputar Expert Explains

Q: Dok, anak saya (ASIX) sebentar lagi 8 bulan, mulai MPASI pada usia 6 bulan, rencananya saya mau raise her as a vegetarian baby karena selain saya juga baru mulai menerapkan pola hidup as a vegetarian, saya baca di banyak web, raising a baby as vegetarian is a first step to live healthy life. Makanan yang dia makan selama ini semuanya homemade (fruits, vegetables, brown rice, tofu, cheese), saya belum pernah coba yang instan di toko-toko dan tidak mencampur ASI dengan Sufor.

Yang mau saya tanyakan, sebenarnya berbahaya atau tidak ya, penerapan vegetarian ini untuk bayi? Tante saya bilang, bayi membutuhkan daging, ceker, dan ati! Sedangkan menurut saya, asalkan makanan penggantinya bisa mencukupi asupan gizinya, buat apa saya kasih anak saya makanan yang bisa menyebabkan kolesterol in her future life? (maaf, kalau sok tahu :)) Dan kira-kira, untuk Omega 3 (katanya ini penting agar anak tumbuh pintar!) yang berasal dari ikan, bisa saya ganti dengan apa ya? Oh ya, kami (vegetarian) masih mengonsumsi 'dairy product', jadi telur, keju, dan susu, masih bisa :)

Terima kasih ya, Dok.

- Pertanyaan dari Putri Listyasari.

A: Hi Mama Putri,
Bayi, batita, dan balita bisa tumbuh baik dengan vegetarian diet khususnya bila masih mengonsumsi telur dan dairy products. Bila tidak, mereka berisiko mengalami defisiensi vitamin B12, B2, D, protein, kalsium, zat besi, dan zinc.

Pada usia 8-9 bulan, bayi siap mulai makan makanan yang kaya protein. Pada bayi vegetarian harus diberikan alternatif sumber protein seperti pureed beans, peas, lentils, cottage cheese, pureed tofu, dan yoghurt. Orangtua sebaiknya mendiskusikan dengan dokter anak mengenai hal ini dan agar dilakukan pemantauan secara teratur terhadap berat badan dan tinggi badannya.

Omega 3 memang penting di masa 3 tahun pertama terutama untuk perkembangan sel-sel otak. Omega 3 termasuk essential fatty acid yang berarti tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh manusia dan harus didapatkan dari makannnya. Jenis omega 3 yang penting dalam makanan: eicosapentaenoic axid (EPA), docosahexaenoic acid (DHA), dan alpha linoleic acid (ALA). Makanan yang kaya akan omega 3 adalah EPA dan DHA: seafood (ikan salmon, halibut, fish oil), ALA bisa didapatkan dari flaxseeds, flaxseeds oil, canola oil, soybeans, soybean oil, pumpkin seeds, pumpkin seed oil, walnut, walnut oil. Saat ini susu formula bayi pun sudah ditambahkan omega 3, jadi bisa menjadi sumber omega 3 juga.

Mudah-mudahan pertanyaannya terjawab ya.

--

if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

Kategori Terkait


Tag Terkait

9 Komentar
Ngupasan Jaya November 19, 2012 8:37 am

Terima kasih atas infonya

Eva Devita Harmoniati, dr. January 4, 2011 9:33 am

untuk mama corry, banyak faktor yang menyebabkan berat badan anak sulit, sedikit atau bahkan tidak bertambah. perlu evaluasi kondisi fisik, bahan makanan yang diberikan, cara pemberian, dan frekuensi pemberian. intinya untuk menaikkan atau menjamin berat badan anak tetap naik, berikan makanan atau gizi yang seimbang. cukup sumber karbohidrat (nasi/kentang/cerealia, cukup sumber protein (susu/daging putih/daging merah/telur/ikan/kacang2an), dan cukup juga vitamin mineral dan lemaknya.
untuk pertumbuhan gigi bayi salah satu faktor yang mempengaruhi kecepatan pertumbuhannya adalah asupan kalsium ibu waktu hamil.AGAR GIGI CEPAT TUMBUH

* Latih anak menggigit biskuit bayi yang gampang lumer. Jika bayi sudah
kenyang, gunakan mainan gigit-gigitan yang aman. Dengan menggigit, gigi
di dalam akan menekan gusi, sehingga mempercepat proses keluarnya.

* Berikan makanan bernutrisi sesuai aturan, yaitu dari semipadat di usia
6 bulan menjadi semi padat dan padat di usia 1 tahun. Nutrisi yang baik
berguna untuk tumbuh kembang dan merangsang pertumbuhan gigi dari dalam.

Bunda Adhya
Bunda Adhya January 1, 2011 11:07 pm

wah, pas banget labi bingung dengan makanan anak..
dok, kalau makanan yang bisa boost Bb dan gigi apa aja sihhh....* langsung nanya ke ahlinya :)*

Sitha
Sitha December 31, 2010 6:01 am

Hi, Putri. Salam kenal ya... Sekedar info aja, buku Super Baby Food dr Ruth Yaron lbh ke arah vegetarian. Saya bnyk belajar dr situ. Tp kami ngga terapin total sih, cuma ngurangin daging merah.
Smg sukses yahh...

Ipuy
Ipuy December 29, 2010 7:33 pm

Asiiiik,, ada temen nih Mba Iffah & Saifa.. Salam kenal juga.. Btw, anak saya namanya Sophie, mba.. Hehehe.. *hugs*

Iffah Santosa
Iffah Santosa December 29, 2010 8:06 pm

Hahaha..jadi maluu..salah baca nama :"> Tadi buka di thread Hello Mamas & Papas nyari post perkenalannya Putri eh malah kebaca nama anak yang lain :p Kiss-kiss utk Sophie yaa..insya Allah anak2 tetap sehat walaupun tanpa asupan daging2an ^^

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies