Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Pages
Post [ 1 to 2 of 31 ]

untuk abjad, belum dikenalkan sama sekali :P . nanti lah klo udah 3 taun ke atas.
secara mamahnya juga diasuh oleh mbahnya dengan cara yang sama, yakni gak diajarin huruf sama sekali sebelum masuk SD (karna bapak pengen aku total main) :)
less ego, more heart
  • dear all moms

    sharing, tips n triks, info nya bery inspiring, perlu sy test case nih ke Ferrel :)
    oiya ttg learning by doing, coba semua yg ada dilingkungan, rada susah nih dirumah, weekdays kan ditinggal kerja, mertua dan mba nya sedikit2 jangan, nanti bla bla bla... gimana ya?
    padahal sy dan suami setuju, biar anak mencoba sendiri, kan msh dlm pengawasan, mskipun sampai kotor, terjatuh, jadi dia bisa merasakan.


    oiya masih berkaitan dengan soal belajar nih (boleh ga?)
    sy baru mulai mengikutsertakan Fer di kelas musik di yamaha, adakah mom yang sama?
    so far dikelas itu, ferrel mau ikutan aktif, sambilan pencet2 semua tombol di electone nya, kadang mau pindah tempat duduk.

    bagaimana pandangan moms ttg kelas2 aktivitas sperti ini? misalnya kelas olahraga (renang, badminton), kelas kesenian (musik, lukis)

    sy pernah trial 2x kelas melukis, tp waktu Fer msh 2th, tp tidak sy teruskan karena seperti nya hanya tertariknya 15 menit, sisanya udh bosen.
    i'm a blessed and happy wife & mother of two
  • b_3k4

    kalau untuk les anak ada di sini mungkin bisa buat referensi :-)

    Ferrel 3.5 tahun yah?
    kalau boleh usul, knp gak ikutin pre school aja?
    kayak kata slesta di atas, jadi bisa lebih terarah.
    selain itu di pre school kan lebih bervariasi yang diajarin. jadi gak cuma les melukis aja atau les musik aja.
    dengan begini, selain mngenalkan anak pd bbg kegiatan belajar dan bersosialisasi, juga bisa keliatan minat si anak apa..
    www.sofanny.com
    @fannyhartanti
  • iya moms, ferrel udh masuk playgroup,br mulai th ajaran ini.plus setiap sabtu join music class itu. Ada si pkembangannya, lbh byk nyanyi2,berteman dgn anak2 lain yg seumur,bisa bdoa,lbh mandiri ke toiletnya.tp utk urusan belajar dlm arti sbenarnya blm byk kemajuan hehehe.
    i'm a blessed and happy wife & mother of two
  • b_3k4 wah sama nih kayak Darren dulu.

    Darren itu kalau disuruh ngitung, pura- pura lupa atau malah sengaja.

    Jangan langsung di judge ga bisa yaaaa... karena sebenernya dia BISA, cuma memang belum bisa fokus aja.

    Kitanya mesti sabar ngajarinnya. Lebih baik lagi klo ngajarinnya sambil cerita dasn harus diulang- ulang.

    Nanti lama kelamaan dia bisa fokus.

    ga usah dipaksa, kalo dipaksa malah makin antipati dia sama kegiatan belajar.

    Terus mesti juga liat mood-nya anak, klo dia lagi mood belajar langsung deh diajarin tapi klo udah ga fokus... udahan.

    Tips untuk nambah fokus dia semakin panjang, mewarnai dengan dikasih waktu. awalnya 10 menit lama kelamaan menitnya dikurangi.

    Semoga bermanfaat :)
    ... a counselor, a role model and often a friend to her children
    Twitter & Instagram: @honeyjt

    www.honey-scrapbook.blogspot.com
  • hi moms... ikutan nimbrung yah
    anak saya kenar sekarang 25 bulan. Sejauh ini saya belum pernah mengajak kenar untuk duduk belajar alfabet atau berhitung. Tetapi saya mengajarkan alfabet, berhitung, bentuk, warna, doa, ayat" pendek sambil bermain. Dan ternyata alhamdullilah respondnya bagus. bahkan hampir setiap hari kenar mengajak saya untuk membaca. Kadang saya pura-pura lupa untuk membaca buku sebelum tidur atau bermain alfabet, atau membaca ayat-ayat pendek krn lelah dan ingin cepat tidur. Tapi gak tega juga kalau kenar sudah merengek minta baca buku. dan karena sering baca buku saya lihat sepertinya kenar haus banget akan hal-hal yang baru. Sampai saya juga kenalkan dia dengan metamorfosis binatang dbs. Dan dia mengerti.

    Yang saya takutnya adalah krn telah banyak tau, saya takut nantinya dia gak mau ikutan paud, atau TK karena bosan telah mengerti hal yang lebih dari itu.... gimana yah moms? desperado jadinya..... sekarang Kenar sudah pintar mengeja 2 sampai 3 suku kata.... apakah harus saya lanjutkan?
  • Fanny mupeng deh di belgia kurikulumnya lebih child-friendly. Ga ngotot anak udh hrs bisa nulis abc dan huruf dr usia dini.

    Anak saya (3 yo) jan ini mulai masuk nursery. Sempet kawatir karna denger2 dr teman nursery harus udah bisa abjad, angka2, opposition, dsbnya. Paniklah karena keisha selama ini abjad aja belum hapal.
    Tapi setelah dipikir2 toch kan ntar juga akan diajarin dr awal di
    sekolahnya. Lagipula satu sisi ngerasa kasian klo sekarang dia udah harus berkutat dengan pelajaran macamnya real school. Bayangan saya kelas untuk 3yo ya emang untuk main dan bersosialisasi sama temennya kan?
    Tapi akhirnya sambil mengisi waktu sebelum start sekolah dan biar keisha ga kaget2 amat, sya download material homeschooling, trus praktekin dirumah.

    Biasanya sih saya cari yang arts and crafts, misalnya tempel potongan2 lingkaran sesuai angka berurutan hingga membentuk caterpillar. Saya liat klo sambil main gtu justru kei malah seneng dan cepet inget.
    Tapi memang sih harus diliat mood si anak dan juga mood mamanya. Klo mood mamanya baik jadi ga cepet esmosi klo ternyata anak ga bisa ngikutin. (pengalaman pribadi banget)
  • alde sekarang kelas 4.
    sekarang bisa dibilang perkembangannya signifikan. soalnya dari kelas 1 sampai kelas 3 awal tuh masih harus dibawelin kalo belajar :D.

    sejak kami ajak ke itb... sepertinya semangat belajarnya mulai naik. di rumah juga dia lebih suka nonton nat geo channel. jadi lebih semangat belajarnya. hahaha mungkin anak2 yang lain udah dari dulu yaa kayak gini... maklum deh kalo aku, baru ngalamin... jadi seneng liat perkembangannya.

    nilai PR & ulangannya juga bagus... aku selalu bilang, bangga bukan karena nilainya tapi karena lihat proses alde belajar untuk mendapatkan nilai itu.
    udah bisa dibilang sekarang ngga didampingi belajar. udah mulai otomatis ada kesadaran. paling aku nanya aja ada ulangan apa, ada kesulitan apa di sekolah.

    kemarin dia nanya kalo kuliah yang paling bagus apa dan di mana... at least nanya gitu aja udah bikin hati senang. :D

    kalo adiknya... masih cuwek banget :D hahhaha...
    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita
  • ninit, berasanya gw baweeel banget kalo nyuruh belajar... ternyata sama juga ya.
    Albert sekarang kelas 2 kalau bikin pr udah kesadaran. Pulang sekolah langsung bikin pr. Walaupun besok libur, pasti pulang sekolah langsung cari pr biar bisa bebas katanya. Tinggal belajarnya aja yang masih belum fokus. Sukanya belajar sambil main sekolah2an gitu sambil nulis2 di papan tulis. Gw sih seneng2 aja ngajarin di papan tulis gitu karena dia juga lebih happy ngerjain soal-soalnya.
    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow
  • b_3ka,
    Sekarang anaknya udah SD kali yaa..gimana belajarnya? :)

    Sama spt fanny,
    Enzo Dante juga ngga diajarin khusus gitu di rumah. Karena di TK juga ngga diharuskan untuk ajarin calistung. Pernah konsultasi sama gurunya, Enzo & Dante perlu ikut les tambahan ngga, karena banyak juga teman2 seusianya yg udah lancar baca tulis hitung sedangkan Enzo Dante belum bisa apa2..masih suka kebolak balik kalo nulis, belum hapal nama2 huruf atau angka..masih sering kelewat2. Tapi ternyata kata gurunya itu sih normal, bahkan kita orangtua akan kaget karena tau2 pada usia tertentu (umumnya 6-9tahun) si anak langsung lancar baca, tulis & hitung tanpa harus repot2 mengajari, karena memang dia sudah siap.

    Waktu aku masih kerja kantoran dulu, teman2 satu team ibu2 senior, jadi banyak belajar juga dari mereka. Salah satu memang nganjurin untuk ngga cepat2 masukin anak ke SD, lebih baik mengulang di TK drpd nanti dia stuck di SD. Ada juga yg nganjurin utk ga terlalu semangat ngejar anak supaya cpt bisa calistung, karena dia kerepotan sendiri ngejelasin ke anaknya waktu anaknya baca teks film di tv dan nanya2 maksudnya, juga saat anaknya baca segala yg bisa dibaca kyk baca majalah atau tulisan2 di spanduk di jalanan.
    Guru TKnya juga bilang, kalo usia balita itu banyakin main dan aktivitas fisik selain gizi dan istirahat. Karena dari bermain banyak hal yang bisa digali, bahkan hal2 yg ga kepikir oleh kita orang dewasa. Patokannya yang ada di buku rapor TK/ preschool aja..contohnya anak udah bisa naik sepeda roda dua, sudah bisa lari zig zag, atau berjalan lurus sejauh bbrp meter, sudah bisa menyapa teman, guru dan staf sekolah. Ya hal2 yg sederhana aja.


    Pernah juga denger dari orangtua temannya Enzo, kalau sampai kelas 3 SD itu cuma sekolah2an..sekolah benerannya baru mulai di kelas 4. Itu kali ya, yg dialami teh ninit sama Alde :)


    Enzo Dante tiap hari aku dampingi belajar. Kalo lagi sibuk sama kerjaan rumah lain, Enzo aku suruh baca buku dan kerjakan soal latihannya, maksimal 3 halaman. Nanti pas dia tidur siang, pekerjaannya aku periksa. Setelah bangun tidur siang dan mandi, aku hanya fokus ngajarin ke yang salah2 aja.
    Tapi ya itu, kalo ngga didampingi ada aja jawabannya yang kocak2. Atau kalo matematika sering banget ada yg ga teliti, bykan krn ga bisa tapi banyakan krn ngerjainnya buru2 pengen cepat selesai dan main.
    Kalau dante biasanya cuma mewarnai huruf dan angka, atau menggambar apa aja yg dia pengen. Kadang aku sesuaikan juga sama tema yg dikasih dari TK. Misalnya temanya ttg alat transportasi, aku suruh dia menggambar dan mewarnai mobil, lalu menulis kata "mobil"..ya sejenis itu lah. Banyaknya nyanyi2 atau sajak gitu, dia yg ngajarin aku :)

    Kalau untuk shalat dan agama islam, anak2 shalat di masjid dekat rumah, kebetulan masjid jaraknya cuma terhalang 2 rumah dari sini, jadi mrk begitu dengar adzan langsung jalan ke masjid dan shalat berjamaah sama eyang2 dan bapak2. Untuk doa2, karena sering dengar lama2 jadi bisa. Dan biasanya kita sering doa bersama juga sebelum tidur. Tapi masih sebatas itu sih..untuk iqro nya blm tamat, tapi gpp lambat yg penting betul.


    Kalo dampingin Enzo belajar, sumbu sabarnya harus panjang :D jadinya malah marah2 melulu akunya..krn anaknya suka banyak alesan gitu..pengen pipis lah, pengen minum lah, pengen pup lah..trus sakit kepala, sakit kaki..digigit nyamuk lah trus nyemprot2in baygon..adaaaa aja alesannya. Lama2 aku pencet idungnya. Ampun mamaaaa :D
    a life-enjoyer mama :)
    www.ekadeau.blogspot.com
    @ekadeau
  • hahaha,.. bayangin enzo belajar, lucuuuuu

    tapi bener.. anak SD, agak wajar sih klo dia cari2 hal lain yg lebih menarik dari belajar. soalnya pelajaran SD sekarang susaaah unt usianya.. :(

    Nathan kelas 2 SD kmrn bahan midtestnya udah ada pertanyaan : Akte Kelahiran dikeluarkan oleh... (IPS) atau Apa yang dimaksud Toolbox dalam Tuxpaint (TIK)

    Jadi saya sih biasanya coba buat summary sndiri, dibuat semenarik mungkin, dengan bahasa mudah plus suka ditambah gambar2 juga krn nathan termasuk yg audio visual learner (bikin summary ini biasanya dikerjain di kantor jam maksi), plus bikin soal2. Malemnya diajarin deh ke nathan.

    Relatif jd lebih betah belajar sih anaknya. Tapi tetep sih, targetnya bukan juara kelas atau nilai 100, targetnya asal tetep happy dan semangat belajar aja, soalnya klo dia bosen ngeri juga, baru kelas 2.
  • mama windy,
    bener banget... aku sih ngga penting buat juara kelas. yang penting dia memahami materi. mengikuti proses belajar dengan happy dan sadar kalau ilmu itu bermanfaat untuk dirinya.

    jadi tiap nilai bagus juga yg di appreciate bukan nilainya yang 100, tapi usaha dan belajar kerja kerasnya untuk mendapatkan nilai itu.

    ella,
    wah di rumah jadi pake white board kayak guru gitu yaa di sekolah. ah! aku juga di rumah ada white board. bisa dipake lagi deh. :)
    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita
  • sebentar lagi anak-anak mau UAS. Mau tips atau share dong mama, biasanya anak-anak belajar untuk persiapan UAS mulai kapan, berapa lama/jam, tiap hari atau bagaimana?
    http://nayakatara.com/
    @musdalifa
  • Wah ipeh, uas pertama Lana ya peh... biasanya ortu lebih deg2an daripada anaknya. Anaknya mah santai. Kalau aku biasa ajak tanya jawab aja dari soal-soal ulangan hariannya. Kadang juga minta Al ngerjain soal dari buku kumpulan soal yang banyak dijual di toko buku. Gitu aja sih, gak heboh-heboh banget. Yang perlu banyak latihan paling Matematika sama Bahasa Inggris. Lainnya sih sama aja kayak ulangan harian.
    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow
  • Wa ga coma di TL Path dan FB ternyata disini juga lagi topik UAS ya.
    huhu jadi akut deg2an, se-menyeramkan itu kah? gimana jaman bang mig nanti y yaaa?

    ipeh - kalo teteh gue ngajarin anaknya emang di bikin jadwal, misal pulang sekolah udah ganta bajo makan bersih2 dan main bentår (kalo ga ngantuk) belajar ato udah bangun tidur sektlian 1 jam kuräng lebih. trus pas malemnya teteh gue yg bacain jd anaknya kayak cuek padahal nangkep loh.
    ini sih masukan aja hihi soalnya kan blm tentu berhasil di anak yg lain.

    Semangat kaka Lanaaaa :*
    Miguel is my Rocktober Baby
    @siskaknoch
  • ipeh,
    awal UTS/UAS ya gitu deh... deg2an dan heboh. maklum pertama :) tapi ke sini sini... malah ibunya santai banget. yang penting tanya jawab aja sih.. bener kata ella, dari ulangan harian diulang. di buku kan suka ada tuh pertanyaan di akhir bab. nah paling dari situ.

    good luck yaa kakak lana! :)
    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita
  • Sebetulnya sih biasa aja chik, cuma krn ortu heboh jadinya semua heboh. Al juga ada jadwal jadi plg sekolah mandi makan trs biasanya bikin pr atau latihan soal. Habis itu bebas trs kalo udah mkn mlm beres2 buku trs tanya jawab. Uas malah enaknya bisa belajar dari soal2 ulangan harian kl mnrt gw.
    "Some things you can give and give and not lose any. Things like happiness or love or my colours."
    –Elmer and the Rainbow
  • Pages