Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Pages
Post [ 22 ]


Dokter umum yang menangani langsung curiga Ibbay kena radang paru-paru dari mengamati nafasnya yang kelihatan sesak + demamnya. Langsung cek darah dan rontgen. Setelah hasil tes darah keluar memang kelihatan kalau leukositnya tinggi (21.000), normalnya 11.000, jadi sudah hampir 2x normal. Langsung disuruh rawat inap. Aku sih menurut saja saran dokter, soalnya seingatku dulu pernah baca-baca kalau pneumonia itu penyebab angka kematian tertinggi no-2 pada bayi. Maka dari itu penanganannya harus cepat.

Masuk ke kamar rawat inap ibbay langsung diinfus dan dipasang selang oksigen. Disuntik antibiotik juga. Sedihnya melihat dia frustasi krn susah gerak jd bbrp kali pingin cabut selang infus+selang oksigennya. Setiap beberapa jam sekali juga diuap agar dahaknya encer dan bisa dikeluarkan lewat muntah/BABnya.

Sekitar jam 9 pagi waktu dsa visit, mulailah aku tanya beberapa hal ttg bronchopneumonia. [list=1]
  • Penyebabnya bisa virus/bakteri/jamur. Dokter memberi antibiotik supaya leukositnya yg tinggi cepat turun lagi. [/*]
  • Kuman masuk bisa jadi krn :[/*]
    [list=*]
  • Tertular dari orang di sekitarnya (mmg saat itu ada yang sdg batuk parah di rumah). Pada orang dewasa mungkin hanya menyebabkan batuk biasa, tapi pada bayi yg imunitasnya msh rendah bisa menyebabkan dia terkena pneumonia. [/*]
  • Saat itu anakku sdg fase oral, sedang gemar memasukkan segala macam benda ke mulut.[/*]


    Alhamdulillah hanya perlu 2 hari rawat inap, hari ke-3 sudah boleh pulang. Antibiotik yg tersisa harus diminumkan sampai habis supaya kuman tidak resistant. Anakku dianjurkan juga imunisasi IPD sebagai booster. Semoga tdk akan pernah kambuh lagi :)

    Kmrn sempat browsing cari2 info ttg bronchopneumonia, dan mmg seperti yg dsa anakku bilang, salah satunya bisa baca-baca dari sini :
    http://www.ayahbunda.co.id/Artikel/Gizi+dan+Kesehatan/Bayi/pneumonia.rentan.pada.bayi/001/001/1215/38/3

    HTH ya moms
  • mamagaul
  • 3 minggu yg lalu si kelinci tiba2 batpil. ketularan adek yg bat pil limayan parah. abis k dokter n makan antibiotik (menurut dokter infeksi tenggorokan. dia sembuh bt bbrp hari. eh tiba2 demam tanpa batuk tp pilek dikit. sampe 39.
    balik ke dokter yg sama. lagi2 d bilang radang tenggorokan. yg katanya kambuh lg karena dia belom sembuh bener eh uda kena lg.
    waktu bbrp hari sebelom dia demam memang saya ad pilek parah dan rada demam. sepertinya ketularan dr saya :(

    udah bbrp hari setelah sembuh dr demam, eh..... tiba2 2 hari yg lalu pas mlm2 dia bersin. dan mulai pilek lg...
    saya pikir kedinginan doank... ternyata abis itu kemaren tiba2 batuk dan dapasnya mulai rada sesak dan berbunyi nyaring grok2.
    tapi orgnya tetap lincah padahal ud setengah mangap2. joget2 dan ga mau istirahat...

    akhirnya pagi ini setelah dia nangis2 subuh2 krn pusing (dia suruh saya pijitin palanya) dan susah napas, saya berhasil nemu dokter yg praktek d hari minggu dan lumayan dekat rumah...

    kata pak dokter ini dia bukan lg kena bronchiolitis (dulu d sg pernah kena 2 kali tp sembuh dengan di uap n tanpa antibiotik)
    tapi ada pneumo dikit... emang bs ya pneumo itu kena dikit ato banyak? :/ bingung dan panik nih...

    jadi tadi di uap dengan ventolin dan bisolvon.
    pulang ke rumah dia makan obat bat pil dan antibiotik lagi...
    sekarang napasnya udah ga secepat tadi. pas d itung udah normal, 30 kali semenit...

    semoga aja obat kali ini bisa bener2 menyembuhkan dia... huhuhu
  • Dari gambaran ronstgen nya kali mamamiao taunya. Klo bronkopneumonia (bp) sendiri biasanya dikategoriinnya ringan-sedang-berat gitu salah satunya diliat dr kecepatan nafas anak sama retraksi dada. Ada ko ciri2 gampang mendiagnosa pneumonia versi who yg buat dokter2 puskesmas gitu. Jd lebih gampang ngertinya,klo lebih pro emang didenger pake stetoskop,lab,dan rontgen (biasanya sih rontgen buat tau jenis bakterinya,jd biar lbh tepat pemberian ab nya aja) GWS Kelinci !
  • duh, baca thread ini hati saya mencelos lagi. Jadi ceritanya weekend kemarin saya marathon bantuin sahabat saya yang bayinya masuk Rumah Sakit karena diagnosa Radang paru-paru.
    Cerita awalnya, si bayi di usia 5 bulan'an terkena batpil yang cukup lama, 1 bulan'an. Kata dokter A ada alergi. Belum lama sembuh dari batpil kena diare. Karena dokter A cuti, diperiksa dokter B, didiagnosa infeksi usus. Belum sembuh total, lalu kontrol ke dokter C, dokter yang handle dia sejak lahir dan dirujuk untuk tes feses ke lab. belum sempat dilakukan, dini hari si anak mendadak panas tinggi, nafas cepat dan dibawa ke Rumah sakit. Sempat kejang. Setelah diperiksa ternyata infeksi sudah menyebar kemana-mana termasuk di Paru-Paru. Keesokan harinya, si bayi meninggal :(
    Semoga sharing-sharing yang di bagi mama-mama diatas tentang handling radang tenggorokan dan radang paru-paru benar-benar membantu sehingga kita punya pengetahuan tentang apa yang harus dilakukan ketika mendapat cobaan yang serupa.
    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's
  • astaghfirullaah, baru buka thread ini trus liat postingan mom ki-ka, innalillaahi wa inna ilaihi rojiun :(
    -one kind word can change someone's entire day-
  • anak saya, Raissa (13bln), divonis kena radang tenggorokan kmrn malem pas check-up ke dsa. senin dini hari tiba2 badannya demam trus disusul batpil yg menurut saya dahaknya parah. kalo tidur selalu gelisah, mgkn karna hidungnya mampet :( akhirnya hari rabu kmrn periksa ke dsa karna demamnya on off dan batpilnya jg dahaknya ga kunjung berkurang. saya perhatikan jg kadang dia nafas lewat mulut :( sm dsa nya dikasih antibiotik sm obat batpil dlm bentuk puyer + sanmol drop. kalo 2 hari demamnya ga sembuh disuruh cek darah :( Semoga ga ada apa2 dan cuma radang tenggorokan biasa :(
  • Mom dewi1010, semoga Raissa cepat sembuh ya. Kasian klo lihat bayi sedang sakit.

    Baca thread ini bikin saya khawatir, karena saya ada asma dan khawatir akan menurun k anak saya :(
  • makesa wrote:
    Mom dewi1010, semoga Raissa cepat sembuh ya. Kasian klo lihat bayi sedang sakit.

    Baca thread ini bikin saya khawatir, karena saya ada asma dan khawatir akan menurun k anak saya :(


    Amiin . makasi mom :)
    iya, kasian tidurnya ga nyenyak
    Ibu saya jg punya asma , tp ga nurun ke saya maupun adik saya..
  • Pages