Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Pages
Post [ 10 ]

Share di sini dung urban papa atau urban mama....
  • elzahra,
    thread renovasi rumah sudah ada di forum. Berisi tentang tips dan trick untuk renovasi rumah termasuk mensiasati agar sesuai budget.
    Namun belum ada bahasan tentang darimana pembiayaan renovasi rumah itu didapat. jadi mungkin dari thread ini kita bisa diskusi tentang rencana anggaran dan pembiayaannya. Agar tidak rancu dengan thread sebelumnya, judul thread yang ini saya rubah sedikit yaa.. :)
    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's
  • elzahra, Wiwit, gw kayaknya akan jadi pengamat di thread ini, secara salah satu resolusi tahun 2014 gw adalah bikin rumah lebih homy, nyaman buat kerja, main, dll, artinya harus renovasi sana sini juga, dannnn...artinya kudu merogoh kocek lebih dalam huhuhuuu...
    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/
  • Thanks mamod sudah rubah judulnya agar relevan dengan isinya
    Betul itu dia Zata...aq butuh share dari Urban Mama/Urban Papa mengenai pembiayaannya.
    Tahun 2014 ini salah satu rencana kami renovasi rumah, rencananya mau colek dikit bonus akhir tahun, kalau cukup, kalau tidak memungkinkan terpaksa Top Up KPR Rumah. Aku pakai BCA tadi baru telpon dan baca sana-sini
  • elzahra, kalo gw, karena niatnya bukan renovasi besar2an tapi hanya dibeberapa tempat, misalnya kamar kerja, kamar anak (nambah satu karena si cewek udah minta kamar sendiri) dan sisanya cuma pengen nambah pernak-ik ini itu di beberpa bagian rumah, jadi dana yang kebayang sama gw adalah dari usaha sampingan dan bonus dari kantor..

    Bahkan kalo untuk kamar anak, isinya gw udah mulai cicil beli, biar nggak langsung 'brek' gitu. Karena dia maunya tema hello kitty, stiap ketemu perlengkapan kamar berbau hello kitty yang harganya terjangkau, gw akan beli, tapi gak langsung banyak, sesuai budget yang ada aja. Jadi harapan gw, saat kamar selesai dibangun, bisa langsung lengkap isinya, dan nggak berat belinya..
    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/
  • elzahra
    kasih masukan dikit ya... menurut saya, agak kebalik kalau dirimu menganggap "Bagaimana bentuk dan besar renovasi tumah tentunya tergantung budget yang disiapkan". Dana yang disiapkan justru mengikuti tujuan kita mau renov rumah sebesar apa. better ditentukan dulu mau renov rumah bagian apa aja. terus kalkulasi budget yang dibutuhkan. dari situ akan ada gambaran, berapa nilai tunai yg kita butuhkan.

    setelah ketahuan butuhnya berapa banyak, baru cari cara mau ambil dari post mana. kredit bank kah, ambil THR kah, bonus kah. kl berencana ambil kredit bank, pastikan rencana renovasinya fix. sehingga budgetingnya ngga jauh meleset. soalnya kl ternyata pas rumah uda jadi, taunya ada yg ngga sreg dan harus renov lagi, bisa jebol cashflow rumah tangga.
    healthy, happy, beauty inside out... :)
    my instagram
    my blog
  • nah gw termasuk alirannya mrs doyi.
    dan meski budget udah oke... tetep loh harus mempersiapkan untuk budget yang membengkak. pengalaman suka adaaa aja tambahan ini itu.
    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita
  • Sama nihh.. Bingung juga krn pas juga bulan2 mendekati mau lahiran. Tp rumah terlalu kecil apalagi utk ngambil ART yg nginep.
    Sempet kpikiran sih mau lunasin cicilan rumah trus ambil kredit baru utk biaya renov rumah tp entah kenapa masih sayang aja ngeliat tabungan berkurang :D
    Klo ada yg bisa kasih alternatif solusi mohon dishare yaa
  • nottoopink, kalo pengalaman adek gw yang nambah mbak tapi gak punya cukup kamar, dia bikin kamar baru di atas, semi permanen gitu, mungkin bisa bikin gitu dulu sementara, nanti saat waktunya tepat bisa dibikin jadi permanen..
    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/
  • Dhetie, aku ko malah lupa nama programnya ya *tepok jidat*
    Aku datang ke bca, bilang mau kpr utk renovasi rumah. Gitu aja.
    diajuin bulan januari, duit cair bulan depannya.
    Aku ambil yg fixed 5th dgn bunga 9.5%. Lumayan banget dibanding dengan bank2 lain. Kendalaku wkt itu pada bukti penghasilan. Krn kalo cm ngandelin gaji pokok (suami istri) pns, bakal susah approval. Secara gajinya relatif 'pas' :D Untuk pemasukan2 lainnya harus dibuktikan dengan copy buku besar dari bendahara kantor.

    Aku share utk syarat kpr renovasi di bca ya:
    -Minimal pinjaman 250 juta atau 70% dari RAB renovasi (dibuktikan dengan lampiran RAB)
    -Minimal progress pembangunan adalah 5% (jika pembangunan dimulai dari nol)
    -Syarat2 administrasi lain sama dengan kpr pembelian rumah.
    Klo syarat2 diatas lengkap, sebetulnya cuma butuh waktu <10 hari.

    Untuk pembelian rumah second mirip dengan kpr renovasi. Awal, bayar administrasi utk appraisal. Ini untuk menilai berapa kira2 harga rumah yg dijaminkan. Yg jd note adalah apakah kpr pembelian rumah tersebut itu yg pertama, kedua, dst. Karna akan menentukan besaran persentase minimum utk DPnya. Cmiiw ya

    Ohya, utk kemudahan kpr, sebaiknya pertimbangkan lokasi rumahnya. lebih baik jika bisa diakses mobil, tidak dekat sutet, dan sebaiknya jauh dr pemakaman. *hasil intip checklist form petugas appraisal*
  • Pages