Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Pages
Post [ 4 to 4 of 97 ]


WHY DON'Ts
[list=*]
  • masalah klasih daycare.. pingpong penyakit.. pilek aja terus ganti2an.. tapi ya, klo mo dipikir2.. 6 bulan cuma pilek doang klo sakit kan alhamdulillah bgt.. gak diare gak batuk, jd efek sakit paling banter cuma sampe "ih jelek amat, umbelan mlulu".. berat badan aman.. napsu makan aman.. *sekarang aja alhamdulillah,, pas kejadian sakit ttp panik tak terkira :D* [/*]
  • umur habis di jalan
    daycare anakku deket k kantorku n ayahnya.. tp jauh dari rumah.. jadi ya sehari2 dia ikut berjam2nya di jalan.. khawatir?? iya banget.. tp ya alhamdulillah lagi, ntah berkah bawaan dr lahir, ntah krn di latih fisiknya dr kecil, ya anaknya fine2 aja.. [/*]
  • pricey.. iya banget kan.. mahaal.. apalagi untuk ibu2 yg masih serabutan kerjanya kayak aku.. tp ya dipikir, segitu untuk biaya anakku di handle 10 orang (wlopun yg in charge resmi cm 1) ya masuk akal sih.. jadi itung2an nya bukan biaya 'pengasuh' aja, tp biaya sosialisasi, biaya perbaikan gizi (kasus sy doang yg emaknya gak becus nyuapin), biaya pendidikan (karena ada kurikulum belajar sambil bermaen), biaya ketenangan mamah anak dihandle byk org, daaaan biaya utk menjamin kewarasan si mamah krn makan si bayi cukup [/*]


    mudah2an bisa bantu ibu2 yg galau tentang daycare ya :)
    prinsipnya sih,, tentukan tujuan dan fundamental globalnya.. apa yg harus dicapai, prinsip apa yg harus dipegang.. nah mo daycare, mo babysitter, mau eyang, mau rawat sendiri slama 2 hal itu tercapai, ya why not (dgn +- tentunya karena keterbatasan kita sebagai manusia)
  • Mother of #gorgeousRunni | @amaliarahmah | http://amaliarahmah.com

    *Children do teach us a lot more about whole universe with their unique way,,
    when we, the parents, claim ourselves as the ones that do it..
    *
  • amaliarahmah, bantu banget nih buat urban mama yang galau :)

    kalo gw pribadi nggak memilih daycare karena kebetulan rumah mertua cuma beda satu blok dari rumah, jadi meskipun pake mbak, ada yang selalu mantau meski pun nggak setiap saat. Trus yang gw bersyukur banget, komplek gw itu banyak ibu2 setengah baya yang udah pensiun atau memang dari dulu IRT, mereka care banget dan seneng sama anak kecil, jadi mreka kurang lebih kayak bantu mantau anak2 di rumah, bikin gw berasa lebih aman, satu lagi, gw gak kerja tiap hari, jadi sayang aja kalo harus dimasukin daycare..
    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/
  • salam kenal mama-mama semuanya...
    anakku Gendis 2tahun 4bulan, udah mulai heboh minta sekolah (cos suka sirik n mupeng kalo liat saudara or tetangga pada pergi n pulang sekolah). kita tinggal di pinggiran yogya (desa wisata ketingan - mlati). butuh info nih dari mama-mama yang stay di yogya, kira-kira sekolah yang cocok buat gendis. pengennya sih ada english lesson dikit, n ramah di kantong. ada temen yang recomended ke blue dolphin, alamatnya di sagan, tapi rada jauh juga.. maklum kita tinggal di desa.
    ditunggu saran n masukan dari mama-mama semuanya...makasih
    *maaf kalo salah tempat*
  • gak salah tempat kok Nanda Melantika..

    Duh Gendis lucu banget, kayak anakku juga yg udah minta sekolah..

    Urban mama yg di jogja mungkin bisa bantu?
    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/
  • chint13 wrote:
    slesta, oh gitu ya.. gw pikir beda loh antara childcare dgn preschool. :p
    childcare itu gak ada yg less than half day (4hrs) kayaknya. dan juga nggak ada K1-K2 nya kan? jadi lebih ke nitip anak tapi sambil ada pelajaran. jadi umurnya bisa dari 18mos - usia anak SD. misal, u/ anak yg udah SD abis selesai sekolah dia trus ke childcare ini krn di rumah gak ada yg jagain. anak2 ini ntar ada waktu istirahat, bikin PR, dan makan.
    kalo u/ yg muda2, emang diasuh full day ama mereka.

    kalo preschool, lebih ke sekolah aja. bukan nitip anak. tapi mereka terima as early as 20mos juga.
    dan u/ yg nursery or younger, ada yg cuma 1-3 jam. dan ada tingkatan sampe K2.
    disediain makanan juga.

    tapi kalo ternyata ada childcare yg merangkap preshcool ya bagus.. all in!
    keep looking shin.. :)


    Ada moms, sekarang kayaknya sudah mulai di gabung seperti sekolah anakku, dia kebetulan daycare tapi termasuk preschool juga, jadi 2 jam sehari sudah ada kegiatan sesuai kurikulum nya, jadi gak report anter jemput lagi mom..
    dan mereka sudah terima dari usia 3 bulan loh..
    basically daycare yang terstruktur lebih tepatnya ya mom
    What you see Is what you get>>>>Be yourself Only Better>>>>
  • moms..gmana ya bujuk anak biar mau sekolah..anakku 3,5th gak mau sekolah lagi krn slama ini yg tadinya nenek atau mba nya dibolehin nemenin masuk klas, skali waktu dilarang sama gurunya..eeh nangis jerit,trus skarang dah ga mau ke sekolah lagi..anakku emang tipikal ga mau diem..tp di lingkungan baru dia pemalu bgt..gmana tuh yaa..
  • mami syauqi, pelan-pelan aja, jangan dipaksain. Kalo pengalaman gw pribadi, anakku yang baru masuk PG harusnya seminggu 3x, tapi kadang, saat dia nggak mau sekolah, gw akan coba bujuk, kalau nggak mau, ya nggak dipaksa, biar dia nggak trauma untuk pergi ke sekolah dan merasa sekolah sebagai beban, toh masih PG juga.

    mungkin untuk kasus mami syauqi, anaknya ditemenin aja dulu, ijin sama gurunya, sambil sesekali dicoba di'tinggal' gitu aja terus samep si anak merasa nyaman dan percaya kalo gak ada nenek/mbaknya dia akan tetep baik2 aja di kelas..
    twitter and IG: @zataligouw
    Blog : http://www.zataligouw.com/
  • mami syauqi
    sependek pengalaman saya bersama dua anak yang sama-sama dulunya takut ditinggal di kelas berikut yang bisa saya share:
    Sebelum sekolah saya ceritakan dulu sekolah itu seperti apa, ada apa saja, akan beraktifitas apa saja, dan akan beraktifitas dengan siapa saja. Saya cerita kalau sekolah itu bermain dan belajar bersama guru, teman-teman.
    Kalau Pertama kali masuk playgroup si anak takut, nangis, dan gelendotan sepanjang jam sekolah saya kira itu wajar. Anak gak mau ditinggal itu karena dia merasa tidak nyaman dan tidak merasa aman. Jadi agar ia mau ditinggal, tentunya membantu memastikan pada si anak bahwa kondisi aman dan nyaman. Kenalkan pada guru-gurunya. Koordinasi dengan gurunya, agar anak mau bermain dengan gurunya dan nyaman ada di dekat gurunya. Kenalkan dengan teman-temannya, dikenalkan kalau bermain sama teman itu juga asyik. Kalau anak merasa aman dan nyaman di sekolah, harapannya mengurangi rasa takut si anak. Selama proses adaptasi itu memang harus selalu didampingi. Dengan kerjasama yang baik dengan pihak sekolah, semoga anaknya makin lebih mandiri ya...
    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's
  • mami syauqi
    Anak saya yg terlatih ketemu orang baru (krn selalu dibawa kerja/kampus) dr umur 3 bulan juga jerit2 kok wkt sekolah (daycare/sekolah) baru (oiya ini si anak umurnya 2yo)..
    Lamaa nangisnya, baik pas dianter, maupun dijemput.. tp finally setelah seminggu dia baek2 aja.. udh gak pernah nangis lagi.. senyum pas diantar dan dijemput..

    klo saya prinsipnya, iya ditemenin dl, dikasih pemahaman, dan harus liat saat kita ninggalin dia (gak pura2 sembunyi gitu).. ada saat dia tetap nangis, ada lgsg senyum n salim tanda dia mengerti.. trus pas pulang, dilanjutkan pelajaran atau pengalaman di sekolahnya (nyanyi, ngaji, atau sekedar bertanya siapa aja temen2nya, temennya td gimana, dll).. hehe.. maksud saya sih sederhananya menanamkan: Mama will always be with you even when you're in school (and mama's in work)..
    Mother of #gorgeousRunni | @amaliarahmah | http://amaliarahmah.com

    *Children do teach us a lot more about whole universe with their unique way,,
    when we, the parents, claim ourselves as the ones that do it..
    *
  • ya moms..trimakasih saran2nya..aq sekarang lagi nemenin anakku sekolah dalem kelas..untungny alagi masa cuti anak kedua,,sedih banget kalo liat temen2nya yang udah mandiri..anakku di sekolah pemalu pendiam,, tapi kalo dirumah huaaa ampuun lincah n susah diatur,, kadang aq mikir kok bisa ya begitu...tp tiap anak punya karakter masing2 ya..mudah2an nanti bisa lebih mandiri..amiin..harus semangaaat;)
  • Aduh sticky ya forum ini. Saya ramaikan kembali, ya. Mama, aku guru yang harus masuk jam 7. Anakku 3 y. Minggu lalu 3 hari dia mau masuk PAUD, aku yang nunggu, kebetulan siswa-siswaku sedang ke Bali, jadi aku ijin. Tapi dia tidak mau, bahkan jerit-jerit di gerbang PAUD, kalau yang nganter ayah atau neneknya. Aku paham kalau anakku tu memang harus pelan-pelan kenalannya. Aku yakin juga kalau aku yang nunggu, lama-lama dia akan mau di PAUD. Tapi kan nggak mungkin ijin sebulan nggak ngajar. Atau nekad ijin aja, ya? Bener-bener pusing karena biasanya yang ngasuh dia, kalau nggak neneknya, ya ayahnya. Padahal mendesak banget ini, karena neneknya akan naik haji tahun ini, sedang ayahnya pas musim haji itu kemungkinan masih layar.
  • Hi moms!

    Maaf kalo OOT, mohon diredirect ke arah yg benar ya.

    Saya sedang cari child care full day/half day di Singapore, kalo ada yg bisa casual/daily per visit aja. Soalnya mau nemenin keluarga yg berobat di Mt. Elizabeth selama 2 bulan.

    Selama ini Niko (22bln) di Jakarta sudah rutin di daycare sejak umur 3 bulan. So far dia menikmati hari-harinya di "sekolah" dan belakangan sudah ikutan belajar sama kakak-kakaknya di kelas toddler. Malah mamanya yg jadi jiper sepulang dari daycare dia semangat banget tunjuk dan sebutin angka 1-9. Kami memilih untuk tidak punya nanny/ART/supir dan bukan tipe orang tua yg pingin anaknya terlalu cepet belajar terlalu banyak terlalu dini, tp anak ini memang semangat jadi ya kami ikutin aja maunya ke mana.

    Menurut pengalaman Niko dan daycare-nya, kami cukup tenang dan percaya dengan daycare tsb. Intinya memang komunikasi antara apa yg kita harapkan dan apa yg mereka (carer) bisa deliver. So far, keperluan dan kebutuhan Niko selama di daycare selalu terpenuhi. Pastinya ada +/-, tapi selama bisa dikomunikasikan dan dicari solusinya bareng2, daycare jawaban untuk membantu kami beraktifitas sehari2.

    Sakit batpil udah jadi bagian dari rutinitas, tp selama gak parah banget ya gak bawa ke dokter. Namanya virus obatnya cuman istirahat dan minum yg banyak. Kami jd belajar untuk gak panik pas Niko sakit sambil memantau kondisinya. Sama-sama ingetin daycare-nya untuk lebih perhatikan higenitas dan kondisi anak2nya. Kalo sakit agak parah ya mendingan bolos daycare, drpd ketularan/nularin ya kan?

    Nah, karena mau tinggal sementara di Singapur, sepertinya perlu meneruskan rutinitas "sekolah"(mamanya jg perlu untuk punya waktu/ruang lega untuk urusan ina inu di RS). Rutinitas ini dalam arti kegiatan sehari2: bangun-sarapan-ganti baju-berangkat-"sekolah"-pulang-main-mandi-makan-sikat gigi-baca-tidur. Menurut kami penting tetap ada rutinitas tsb karena kali ini kami pergi cukup lama. Kalau hanya liburan 1-2minggu biasanya kami bebasin aja tanpa rutinitas itu.

    Semoga ada yg pernah punya pengalaman sama ya. Apa ada yg punya info ttg daycare full day/half day di sekitar Orchard?

    Thanks moms :)
  • purilestari
    coba masuk ke thread daycare reviews atau masuk ke Schools in Singapore kalau gak salah sLesTa pernah cerita ada sekolah + daycare. Semoga segera ketemu :)
    -WiwiT-
    An ordinary bunda of twin amazing angels, Kira and Kara Setyadi
    @wiwidwadmira | the Setyadi's
  • anak saya usia 21 bulan, lagi nyari paud/playgroup daerah jakarta barat nih. ada yang punya referensi gk?
  • haii para mommies2 keceh... salam kenal sblmnya yaa.. maklum newbie hihihi..
    mohon info dan arahan dunk dari mommy2 dsini..ada yang sudah pernah atau ada pengalaman skolahin putra/putrinya di PG Sekolah Alam cikeas (SACI) atau di PG Quantum Indnesia ? mohon inf dan alasan kenapa mommies mensekolakan putra/putrinya di salah satu sekolah itukah ?

    karena rencananya, Insya Allah tahun depan ak mau masukin anakku ( cowok) sekolah Playgroup pas di usianya 3.5 thun.. tapi masih binguuung banget.. mau yg di SACi/Quantum..

    Trimakasih sebelumnya ya mommies...
  • hai mom...saya jessica..
    saya mau review daycare nih, mungkin mommy2 cantik di forum ini lagi cari dayccare di daerah jakarta barat. 
    kebetulan ada Bens daycare nih mom..tempatnya bersih, nyaman dan seperti rumah kedua buat anak. di bens juga mereka di asuh oleh guru2 mom..makanya ga rugi deh kalau titip anak di bens.. dan guru2 nya ramah ramah dan baik hati.. penampilannya juga cantik2 dan rapi loh mom..pokoknya mereka sangat profesional. kebetulan di bens daycare itu juga ada sekolah preschool nya..
    biasanya yg udah 2 tahunan langsung ambil paket yang sekalian sekolah..
    sekolahnya dengan bahasa pengantar bahasa inggris loh mom, dan memakai metode montessori..wajar sana kalau anak-anak happy banget kalau sekolah. pas cek harganya, ternyata sangat terjangkau, kisaran 1.5juta-2.5 juta/bulan..apalagi kalau ambil paket yang sekalian sekolah sudah termasuk sangaat ekonomis deh..dan kualitasnya juga bagus banget..
    dan katanya tahun ajaran baru lagi ada promo besar2an nih..

    oh ya, kemarin aku sempat cek IG nya sih, banyak banget event2 yang seru loh..coba deh cek IG twinklestarsjkt
  • Hai Moms, perkenalkan, saya Jovana..

    Kebetulan membahas ini ada sih satu nursery di Cengkareng, jadi satu sama Yayasan Pendidikan Lia Stephanie.

    Kebetulan anak saya disitu, pengasuh/gurunya ramah-ramah dan menggunakan sistem Montessori, kaya belajar sambil bermain gitu, tapi bermain yang intelektual :D

    buat harganya kisaran 800ribu per bulan, dan katanya sih tahun ini bakal diperbaharuin lagi fasilitasnya biar lebih oke.

    Saling bantu aja ya mom, ini kalau butuh nomor kontaknya bisa di cek:

    (021) 543 30 769
  • Pages