Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Pages
Post [ 6 to 6 of 146 ]






... a counselor, a role model and often a friend to her children
Twitter & Instagram: @honeyjt

www.honey-scrapbook.blogspot.com
  • sharing yah waktu itu ambil KPR dari D*S sih untungnya proses mudah dan cepat padahal status cerai dan usaha juga belum besar. Puji Tuhan sih lancar, sebelumnya gue pake Permata dan gue emang ada rekan di D*S jadi bisa sedikit membantu. kebetulan waktu gue lagi ngajuin KPR buat usaha bareng temen, ambil ruko kecil2an lah di Bandung. jadi untuk dokumen sih memang ribet dan banyak. Apalagi gue waktu itu baru cerai. dokumen yg dibutuhin waktu itu KTP gue dan rekan usaha, akta cerai gue (rekan gue single jadi gue doang yg kasih akta cerai), plus KK masing2. pas ditanya ada akta perjanjian pisah harta gue jawab sih gak ada karena waktu nikah belum punya usaha murni jadi IRT, untunglah ada tabungan sedikit jadi bisa bangun usaha kecil2an. terus diminta NPWP pastinya, rek tab, deposito gue 3 bulan terakhir (yg lagi2 seperti gue bilang di awal lancar), SIUP juga. itu baru dokumen pribadi. nah gue juga diminta fotokopi sertifikat HM yg tadinya punya tante dari rekan gue (jadi dulu sebelum gue beli kami sewa dulu), IMB, plus PBB terakhir.
    Untuk biaya appraisal sekitar 750 ribu dibayar pas pengajuan aplikasi kredit.
    Biaya penalti pelunasan awal sih 2% dari pinjaman yg dilunasi. waktu itu nilai pinjaman gue gak gede cuma di kisaran 500 juta.
    Sekarang sih lagi berjalan. gue mutusin buat gak mau lunasin di awal karena usaha juga masih berjalan, kebutuhan operasional masih lumayan. tapi itu gue dikasihtau sama salesnya.
    Kalau mau tau lengkapnya sih liat aja di websitenya langsung
  • dindai wrote:
    sLesTa, oh, jadi ngga perlu dilunasin dulu ya?
    Pengen memperpendek tenor bukan karena ngerasa itu utang sih, tapi karena sebel bayar bunga nya :P
  • kalo KPR gini tuh yang harus jadi pertimbangan utama adalah DPnya ya. makin besar DP, cicilan jadi lebih bersahabat. 
    “When real people fall down in life, they get right back up and keep walking.”
  • Pages