Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Pages
Post [ 23 ]


itu dulu deh ..
less ego, more heart
  • baby aby (2m) skrg suka bgt ngobrol (dgn gaya bayinya) sm kakeknya ketimbang sm papamamanya...kl diajak main sm kakeknya kyk ngerti aja...mukanya yg pipi smua (hehehe...) sll ngerespon stp kalimat yg dilontarin sm kakeknya...trs suka diksh boneka bola dan dideketin ke kakinya trs ditendang2 gt...hehehe
    kl sm papanya suka diajak senam kaki dan tgn,dan lucunya lagunya kok malah suka yg ngedugem gt -___-; (such as :4minutes nya madonna feat justin);p laahh knp jd girang gt kl di stelin lagu2 kyk gt...tp kl dah kelamaan bosen jg dia!!!
    akhirnya kt cr apa yg lg disuka sm aby...skrg dia lg suka diliatin gambar2 kartun,misalkan stiker yg ditempel dibox ato lemariku ada gambar2 kartun gt,tinggal gendong aja trs liatin dehh ke dia...lgsg dia ketawa2 sndiri...:D

    selain itu sring jg diajak ngobrol....ato crita ttg kgiatan hr ini apa aja yg dilakukan mamapapanya atau baby kt...;)
    kl capek lgsg taro di blossom farm ato di stroller aja trs didorong2 kliling rmh deh hihihi
    mama love habibie.....:*

    http://misskembang.blogspot.com/
  • sebenernya menurut pengalaman saya, kegiatan bersama bayi gak perlu kok pake mainan2. cukup aja aja bayi ngobrol. setiap kita melakukan sesuatu, jelaskan dan ajak ngobrol panjang lebar. gak perlu bicara pake bahasa bayi, tapi pakailah bahasa yang jelas dan lengkap.

    misalnya kita mau masak, taruh bayi di stroller atau di high chair ato dimana yang deket2 kita trus kita ajak ngobrol aja. emang sih kita mesti aktif dan jadi ngomoooongg terus, dan ngomong sendiri, tapi believe it or not, mama .. ini bakal men-stimulasi si kecil loh. nantinya dia akan cepet ngerti kata2 dan malah mungkin bisa cepet ngomong.

    cara lain, bisa juga mengajarkan si kecil dengan gambar2, baca buku, flash card, etc. expose bayi dengan berbagai macam gambar, warna, cerita..
    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta
  • Eka& Sidta,
    Thanks ya ide nya yang detail2...banyaakkk aja ya ternyata aktifitas yang bisa

    Slesta,
    Iya sih, saya berusaha selalu ngomoooong sama anak:D. Makanya ga sabar kalau udah bisa ngomong sendiri pasti seru ya, kita ngomong apa trus di balas. Sekarang terima nasib dulu jadi bagian yg cerewetnya..hehe

    All,
    Ternyata memang kebanyakan bayi gitu ya, sukanya benda sehari2. Makanya saya ga banyak beli mainan macam2 sih, palingan buku. Apalagi resource di internet banyaak banget.
  • sLesTa wrote:
    sebenernya menurut pengalaman saya, kegiatan bersama bayi gak perlu kok pake mainan2. cukup aja aja bayi ngobrol. setiap kita melakukan sesuatu, jelaskan dan ajak ngobrol panjang lebar. gak perlu bicara pake bahasa bayi, tapi pakailah bahasa yang jelas dan lengkap.

    misalnya kita mau masak, taruh bayi di stroller atau di high chair ato dimana yang deket2 kita trus kita ajak ngobrol aja. emang sih kita mesti aktif dan jadi ngomoooongg terus, dan ngomong sendiri, tapi believe it or not, mama .. ini bakal men-stimulasi si kecil loh. nantinya dia akan cepet ngerti kata2 dan malah mungkin bisa cepet ngomong.


    iya, setuju. Apalagi kalau babynya cowok dan ada riwayat telat bicara di keluarganya, krn kasus anak telat bicara lbh byk terjadi pd anak cowok dan ini bisa juga bersifat genetik.

    Kmrn aku dapat teman baru seorang terapis wicara di klinik anak berkebutuhan khusus, dapat tips kalau mengajak bayi/anak bicara jangan hanya byk bicara, tapi yang tidak kalah penting adalah berusaha untuk sering mengajak dia (baby) kontak mata. Kata-kata "sayang, lihat mata mama yuk" dsb yang bersifat mengajak bayi berkontak mata perlu diajarkan sejak dini. Karena kontak mata juga merupakan salah satu cara melatih fokus/konsentrasi anak. Nanti semakin anak besar (kira2 1-2 tahun) mulai bisa ditambahkan kata-kaya bahwa kontak mata itu adalah juga bagian dari sopan santun.

    Dan benar sih, akhir2 ini sejak kupraktekkan ke ilyasa (walaupun dia sdh toddler), perbendaharaan katanya lbh cepat bertambah dibanding waktu aku hanya ngajarin dia ngomong ini-itu tanpa terlalu memperdulikan kontak mata diantara kami.
    mamagaul
  • kalo ngajak nyanyi termasuk stimulan juga ga?
  • sLesTa wrote
    sebenernya menurut pengalaman saya, kegiatan bersama bayi gak perlu kok pake mainan2. cukup aja aja bayi ngobrol. setiap kita melakukan sesuatu, jelaskan dan ajak ngobrol panjang lebar. gak perlu bicara pake bahasa bayi, tapi pakailah bahasa yang jelas dan lengkap.
    wrote:


    betul betul betul, jangan pake bahasa bayi dan ber-cadel-ria. kerasa manfaatnya di hafidz yg selalu diajarin kata yg benar dan gw suka ngoceh sendiri kalau lagi berdua. kata2nya hafidz udah jelas dari umur 1th, dan sekarang pas 2th dia udah pinter bercerita tg kegiatannya sehari2, dan kata2nya jelas. beberapa temennya yg dah 3th-an kalah dari segi vocab dan artikulasi nya dibandingin hafidz. pas ditelusuri, ibu mereka suka cadel2an dan bikin nama2 sendiri untuk berbagai benda. contoh:
    mobil = ngengeng
    monyet = uu-aa

    uracute wrote:
    kalo ngajak nyanyi termasuk stimulan juga ga?
    wrote:


    iya dong, ada kata ada nada :) bagus itu
    dan menurut gw kalau dah jadi ibu, kita akan sangat pandai mengarang lagu hehehehe
    Bussy life...happy life...
  • beberapa kegiatan maliq dan ibunya :)
    - maliq setiap pagi aku ajak berbelanja ke toko sayur disebelah rumah.
    disana sambil nunggu antrian dilayani, aku kenalin maliq dengan apa saja
    yang dijual ditoko. Sambil digendong, aku ambil misal tomat, wortel,
    bayam, kangkung dll dikasiin biar maliq megang sambil sebutin : ini wortel
    ini tomat dll. Yang ada biasanya maliq ketawa2 megang sambil dimasukin
    mulut dan biasanya abis itung dilempar :)
    - sambil jalan jalan pagi ato sore keliling rumah, aku banyak ngomong ini
    nunjukin ini pohon, tiang listrik, bunga, sepeda dll
    seperti yang di bilang Mom Slesta, berusaha ngajak maliq komunikasi
    meski mungkin maliq belum mengerti
    - kalo dirumah, sambil digendong ditunjukin ini kursi, meja, gelas, piring dll
    - kalo abis maghrib diajak ngaji (dingajiin) ayat2 pendek
    - kalo lagi bingung gak ada ide biasanya kasi aja maliq buku ato majalah
    dan akunya sendirinya baca disampingnya. biasanya maliq asyik maen
    sendiri deh :)
  • berhubung gue udah kerja lagi (untungnya cuma 5 menit jalan kaki dari rumah), jadi pagi pasti gue sempetin mandiin, pijitin, baca buku dan nyusuin.

    malam paling main-main, nyanyi-nyanyi, dancing (baby digendong biar kayak dansa beneran), tidur deh.

    kalo sekarang baby masih takjub liat tangan sendiri, ntar kalo dah gedean pasti mulai lebih banyak yang dimainin deh.

    enaknya punya kakak gede yang belajar iqra, alfabet, jadi udah aja sekalian padahal belum tentu juga yang baby 'ngeh' huruf dan angka. biar aja :D
    And thelilsolder is back. Fire!
  • Klo arza paling suka sama gambar binatang. Saya beliin poster murah meriah ( Rp. 1000) gambar2 binatang trus tempel di dinding kamar. Saya nunjukin sambil kasih tahu nama binatangnya apa plus bunyinya.

    Seminggu kemudian dia nunjuk2 sendiri binatangnya sambil bikin bunyinya sendiri..belum jelas sih tapi klo ditanya "mana sapi"?? udah bener nunjuknya..

    Kadanh juga dirobek posternya..g tahu gimana padahal udah dilakban rapet. Karena murah ya dibeliin lagi...hehheh. Sekarang udah setahun nambah poster alfabet, angka dan huruf arab...
    Find Me @Mama's Mall
    Qibi Zaqibi
    ARISAN BUKU YUUK
  • Bagus nih bermain bersama bayi http://www.babycenter.com/0_lets-play-weekly-activities-for-your-babys-first-year_1501475.bc

    Simple sih, kok ya ga kepikiran sebelumnya. Hari ini main telpon2an ah
    And thelilsolder is back. Fire!
  • Pages