Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Post [ 2 to 12 of 279 ]


tapi at one point (pas aina sekitar 6-8 bulan), depression gue parah banget, to the point where i tried to take my own life a few times. alesannya emang ga masuk akal banget, dan bisa macem2 tergantung situasi. umumnya sih, i felt like i was a bad mother and i don't want aina to suffer because of me. so i should take myself out of the equation.

karena nyadar, kalo sebenernya gue ga mo mati, tapi kayaknya ini semacem cry for help, akhirnya gue ngaku ke diri gue, gue perlu ke psikiater. tapi psikiaternya nyebelin (sebenernya, suster yang nunggu buat bikin appointment yang nyebelin, tapi gue waktu itu emang sensi banget sih orangnya). setelah appointment bangsa 5-6 kali, akhirnya gue ga dateng lagi. mahal ($350 sekali dateng!), dan susternya bikin gue marah2 tiap kesana.

pas aina 8 bulan, gue decided untuk pake obat untuk ngilangin depresi gue. dan itu main reasonnya aina berenti ASI. setelah gue pikir2, ya gapapa juga deh... daripada tetep ASI tapi ibunya gila dan end-up bunuh diri, mendingan sufor tapi rumah damai.

sehabis itu, on and off. kadang2 gue normal dan hepi. kadang2 paranoia gue nongol lagi, dan jadi sedih, self-deprecating dan suka nyakitin diri sendiri lagi.

yang paling menderita disini adalah: suami gue :( kasian, dia yang mesti dampening semuanya, emotionally dan physically. dia mesti urus aina yang masih bayi, dan istrinya yang tingkahnya aneeeeh banget, dan bukan kayak wanita yang dia kawinin bbrp taun yang lalu. sampai sekarang, dia masih trauma dan ga mau punya anak lagi.

i guess, the moral of the story is: kalo ada yang ngerasa kemungkinan kena PND, cepet cari pertolongan. jangan malu ngakuin kalo kena PND dan mungkin perlu ke psikiater atau obat. kalo ditahan2 dan ga berhasil ngilangin sendiri, bisa jadi parah... dan kalo udah parah, yang suffer bukan kita doang, tapi anak, suami dan keluarga.

sampai sekarang, gue ga tau gimana cara mencegahnya, tapi yang pasti kalo udah dapet, you probably need help badly.
? comic and crochet addict ?
theurbanmama.com | @turniptopia
  • Thalia, wawawa..baru bacaaa. Hey,you're definitely an awesome mom.. REALLY! Glad you can through the PND thingy *hugs*
    website : http://thebabybirds.net
    twitter/IG : @almaviva
  • Permisi mom.. nubie mau ikut komen yaa ..

    thalia .. hebaaaddd...! congrats yaa.. wish u all the best ^.^
    Miguel is my Rocktober Baby
    @siskaknoch
  • thal,
    gue ga pernah ngira lho kalo PND itu kayak gitu :( ternyata beneran kayak gini ya... pernah nonton oprah, ada nara sumber yang juga mengalami PND.

    bener-bener, orang jangan pernah nganggap enteng PND. kalo udah kerasa tanda-tandanya, harus cepet cari bantuan.
    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita
  • Big hugs Thal n Ari, i hope it's all behind now.
    @LizCherie
  • Thalia..gw pikir gw doang yg bakal lama ngerasain PND..had been for 3months and still going on... dan kayak elo gitu on-off.. Masalahnya ya seperti Liz, its about breastfeeding..Gw share dikit gpp ya..

    Gw ngerasa gagal banget jadi mom krn mesti kombi ama sufor..apalagi anak gw ini juga gagal IMD jadi double deh guilty feeling gw..

    Dulu gw dendam sama DSA nya (yg nge-gagalin IMD), skrg gw lebih ke blaming on myself krn ga ngotot bertahan IMD.

    Anak gw bilirubin tinggi jadi mesti disinar dan otomatis nambah sufor krn tkt dehidrasi, this event also add to my guilty feeling .

    Trus anak gw salah latch on sebulan sampe bbnya ga naik. lahir 3.69 ditangan gw sebulan jd 3.2..imagine my depression..berasa bad mother banget. Anak gw yg lahir gemuk nyempluk2, jadi kurus berasa tulangnya kalo digendong. Sedih.............buanget. Gw miss bb nya krn anak ini aktif buanged...ga pernah diem..

    My PND still going on krn until now gw masih kombi terus..Agak susah ngilanginnya krn gw ga percaya diri lagi buat ngasi ASI full. Lah waktu kemarin gw ngurangin sufor dari 5 botol jadi 3 botol aja, anak gw cuma naek 100gr dlm 2 minggu. Tambah ga pede aja gw..pdhl ASI gw lumayan, netes2 gitu..

    But ngasi sufor full gw juga ga rela. Jadilah gw kayak org hipokrit gt..nangis tiap hari..walaupun cuma bentar dan sekali sehari (udh kayak obat ya..sekali sehari nangis,hi..hi..)

    Level PND gw kayaknya masih ringan tapi ga tau ya kalo going on terus...Hope ga sampe parah, thanks ya udh bikin thread ini..jadinya gw bisa curhat deh..
    @medyratri
  • Thalia, holy cow! beneran nggak nyangka, but that's a great family! bisa ngelaluin apa aja (ya nggak ya nggak? :)) Papanya Aina termasuk Papa yang langka dan hebring, karena denger2 masih banyak bapak2 yang ogah mengurus bayinya sendiri.
    In the light of the moon a little egg lay on a leaf ~ Eric Carle
  • nyanya, siska, liz - thank you girls. i think -- and i'm super glad that -- it's over. semoga ga nongol lagi... he he he.

    ninit - gue juga dulu ga percaya bisa kayak gitu. gue pikir, ah, orang lebay aja kali ya? eh, taunya gue sendiri yang lebay, hihihih :P

    mama toto - yup, i'm super lucky to have him :D hihihih.... *jadi malu*

    Medy - waaa, ceritanya sama! i feel you!! salah satu reason PND gue kayaknya itu deh (biarpun cuma salah satu). setelah sakit2 nyusuin, pas masuk 1 bulan, ke dokter trus dapet kabar kalo aina berat badannya bukannya naik, malah turun 0.25 kilogram (tinggal 2.5 kilo :( )... udah deh, ga brenti nangis dan rasanya kok gue malah bikin anak gue sakit. dan ASI ampe 8 bulan itu, aina asupannya 1/2 sufor 1/2 ASI.

    kebayang kok rasanya... emang banyak omongan miring ttg ibu yang ngasih anaknya sufor itu "kurang usaha". omongan kayak gitu yang bikin stress dan leading ke self-bullying.

    gue rasa, semua orang tua mau ngasih yang terbaik ke anaknya. dan ga ada tuh yang namanya standard ibu/bapak yang baik itu kayak apa. semua caranya lain2, soalnya gaya hidup tiap orang juga lain.

    jadi, jangan didengerin yang kayak gitu. you're giving your best, and your baby knows that. kan katanya, happy baby because of happy parents. jadi, the most important thing di parenting itu, jadi happy parents :D

    good luck, ya Medy!
    ? comic and crochet addict ?
    theurbanmama.com | @turniptopia
  • To all mamas yang pernah ngalamin baby blues ato PND:

    Ga nyangka banget bisa kayak gitu... Mudah2an semuanya udah selesai dan bisa ditangani dengan baik ya... Memang sih sebagai ortu pasti pengen banget ngasih yang terbaik buat anak, dan kalo ga bisa ngasih itu rasanya bersalah banget. Tapi benernya "terbaik" itu juga beda2 kan buat tiap keluarga? Dan God knows you've tried, and so does your baby. Yang pasti, the baby knows that you love him/her. Bener kata thalia, ga ada standar ortu yang baik itu kayak gimana. Pokoknya we've tried our best, sisanya dipasrahkan ke Yang Di Atas. Ayo sekarang kita jadi happy parents aja :)
    yang selalu kangen sama si pipi gembil
  • thal gak nyangka sampe segitu parahnya. no wonder waktu abis lahiran itu lo kayak 'ngilang' gitu. gue kan baru pindahan ke spore, dan contact elo tuh jaraaanngg banget yaah. *hugs* mudah2an sekarang udah membaik yah. yang pasti, you're definitely NOT a bad mother.. in fact, you're a WONDERFUL MOTHER. aina is lucky to have you as her mom. thumbs up juga buat ari. you guys are both great parents!!
    ? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
    owner - slesta.com | @slesta
  • Thalia hugs... gw sampe nangis bacanya, sedih dan terharu liat perjuangannya...
    Ngga nyangka PND yang lo ngalamin sampe kaya gitu. Hope it's over now. Walau kita baru kenal di forum ini, tapi gw bisa liat Aina beruntung banget punya orang tua kaya lo dan Ari. Lo hebat bisa ngelewatinnya, Ari juga hebat mendampingin lo...you guys are lucky to have each other *huaa tambah mellow gini,maab efek hormones*
    metariza.com | mother of two |@metariza
  • oh ya, baru inget setelah ngobrol sama icha rahmanti kemaren...

    seleb yang pernah ada di oprah dan kena PND itu, brooke shields. agak lupa ceritanya tapi kalo ga salah, dia malah pengennya ngelukain anaknya, CMIIW ya...

    oh ya, tambahan juga...
    kalo kena PND... sebaiknya cerita sama suami dan keluarga terdekat. ga usah sungkan. dan sebaiknya ga cerita sama temen yang ga ngerti ttg PND.
    ? love to write and run - a bus transjakarta passenger ?
    @ninityunita