Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Post [ 72 to 133 of 3306 ]

ibu senang karena: GAK ribet bikin bubur, puree, dll
awalnya orang tua saya juga kuatir baby hilya masih kelaperan.. tapi pas ngeliat anakku bisa ambil makanannya sendiri, masukin mulut, isep, kunyah, lempar sisanya-ambil lagi-dst.. they laugh with me& my baby.. selamat mencoba!!
A person's a person, no matter how small.
(Dr. Seuss)
  • Maminya Frey, itu kalo di MPASI konvensional, memang usia 8 bulan kan stepnya selain disuapin, anak juga diperkenalkan dengan finger food buat cemilannya (sayuran kukus/buah). ada yg 7 bulan juga, tergantung kesiapan anak ... :) .
    ini mungkin bisa jadi jalan tengah untuk yang mau pindah jalur ke BLW setelah sebelumnya spoonfed, atau yg mw BLW tapi diprotes kiri kanan :P
    less ego, more heart
  • mummyhilya, turut seneeeeng Hilya ber BLW! Horeeeee! Seneng ya kalo orang tua juga ngedukung, sapa tau mereka juga cerita2 blw Hilya ke keluarga, teman, kerabat, jadinya makin banyak deh yg dapet info blw.

    MaminyaFrey, dicoba dijalanin aja dua2nya, spoon feeding dan blw, tapi harus konsisten. Nanti akan keliatan sendiri baby Frey lebih tertarik yang mana. Jangan lupa makanan blwnya yg bisa dia ambil, genggam dan masukan ke mulut. Kalo susah untuk diambil makanannya baby Frey nya jadi ga tertarik lagi..
  • marini franciscus iya, alhamdulillah akhirnya mendukung. karena awalnya ibuku nanya, "terus gak pake bubur? atau puree?" dan aku gak bisa melarang pas beliau nyuapin pisang yg dilembutkan buat hilya. nah untungnya, my baby hates it. she was scowling and then spat the mashed banana away. hahaha. semoga orang tua kita bisa jadi duta blw ya. kalau asi kan ada breastfeeding grandma/grandpa. kalau blw???
    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)
  • marinifranciscus: upload-nya ntar ya kalo card readernya udah ketemu :D

    taniadavina: di thread ini beberapa udah dibahas olahan makanan slain kukus2an kok. kalo saya mulai brani nambah protein nabati dan hewani stelah Almira 7 bulan :)

    uniquenda: laporan diterima beb :p

    MaminyaFrey: kalo bubur, coba bikin agak kentel, trus isi sendoknya dengan bubur, trus sendoknya disodorkan ke anak. jadi setengah bantuin sih. ato buat semacam 'pencelup' untuk 'nyendokin' si bubur, misalnya dari batang brokoli, dari buncis, wortel, dll.

    mummyhilya: ortu saya sih support penuh soal BLW..tapi kalo MIL waktu ke rumah saya sih emang tampak ga masalah, tp pas saya yg nginep kesana eh trus bilang "sebenernya di-tim-kan nasi+sayur kok harusnya. nanti disupain uti" trus saya dibelain PIL "tapi anaknya lebih suka makan sendiri tuh". tp ta liat sampe skrg belum ada tindakan nyata dari MIL. apalagi beliau ngeliat sendiri anak saya "apa-apa dimakan",compared to other grand children :D
  • adhya PIL =Pather in Law?? wkwkwkw *sunda pisan euyyy..OOT, sit up 2 set:p
    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)
  • mummyhilya wrote:
    adhya PIL =Pather in Law?? wkwkwkw *sunda pisan euyyy..OOT, sit up 2 set:p

    bukan..yg bener PIL = papah in law! :D
    makin OOT deh *kabuur
    rynz crafty diaries
  • mummyhilya & rynzdecutest: yang jelas bukan Papah Idaman Lain :p *kabur ke Timbuktu bareng donal bebek
  • adhya
    *gubrak hihihi...udahan ah OOTnya, mo nanya anakmu klw mkn nasi pupnya keras gak? my yara lebih suka nasi drpd tim tp ahir2 ini jd susah pup entah gara2 nasi atw krn ganti sufor *garuk2kepala*
    rynz crafty diaries
  • rynzdecutest: he eh.. jd lumayan padat,. tapi ngga tampak kesakitan kok ngluarinnya :) ini tadi barusan ta kasih lontong (tapi tanpa sate). hehe
  • adhyaaaaa... nanyaaaaa, plis. kok akhir2 ini sejak makan hilya bobonya jadi agak2 berkurang, ya? terus kalau aku pulang kerja, nempel mimi cucu mulu.
    kekhawatiranku sih, apakah dia masih lapar? selama ditinggal, jam 730-6 minumnya ~600ml asip plus makan 2x dan minum air putih, abis makan.
    sebenarnya brp sih porsi makan untuk baby 6mo? thankiessss
    A person's a person, no matter how small.
    (Dr. Seuss)
  • mummyhilya: kalo soal bobok sih, saya sendiri ga pernah bisa mengkaitkan dengan apapun, termasuk makan. Almira sejak bayi boboknya ngga tentu: kadang banyak, kadang dikit. jadi ya saya anggep "baby-led sleeping" ajah. dia pasti udah ngerti kebutuhan tidurnya.
    begitu juga dengan nenen. ada kalanya dia maunya 'ngempeng' melulu. sekali nenen bisa lamaaaa banget, dan sering. tapi pernah juga nolak2 kalo disodorin. karna "baby-led weaning" itu termasuk di dalamnya menawarkan nenen kapan pun bayi mau (dan kalo ngga mau ya udah).. jadi saya mah santai ajah. asal si bayi tampak sehat, aktif, tumbuh kembangnya sesuai umurnya dan ngga rewel.
    tapi ini pengalaman saya sebagai FTM lho. kalo bayi yg ibunya WM, mungkin wajar kalo pas ibunya pulang maunya nenen melulu. mungkiiiinnn lho. karna acara nenen bagi bayi kan (kayaknya) bukan cuma soal memenuhi kebutuhan perut, tapi juga kebutuhan psikis. CMIIW.
    begitu juga soal porsi makan. di buku BLW ada panduan brapa porsi utk karbo, protein, dll, (tapi buku lagi dipinjem, ga bsa liat contekan. hehe), tapi lagi2 itu cuma panduan kasar aja. 'kewajiban' ibu menawarkan gizi yg seimbang. soal brapa banyak yg akhirnya bener2 tertelan bayi, itu bener2 'di tangan' bayi.

    hadeeuhh, punten belibet. really HTH :D