Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Post [ 8 to 17 of 419 ]


Dari anak-anak bayi, kami menerapkan ini.

Jadi tetap ada bonding ortu ke anak.

Anak2 juga tau kalo mbak nya ada dirumah utk menemani mereka selama mama papanya kerja. Diluar itu, mereka tetap lari ke mama papa.

Bahkan skrg Rafa suka telp ke kantor cuma sekedar bilang:

"ma, aku boleh makan mie instant? terakhir makan minggu lalu. kata mama min 3hr baru aku boleh makan mie lagi"

"ma, mbak nonton sinetron. Aku larang aja. Abis bahasanya gak bagus. Skrg udah aku ganti Cbeebies"

hehehe keliatannya simple yah?

Tapi dari situ saya paham bahwa anak2 mengerti posisi mbak nya. Tau bedanya antara mereka (mbak) dengan kami sbg orang tuanya.

sekedar share aja yaaa
seorang ibu bukan hanya tempat bersandar, tapi yg membuat bersandar tidak lagi diperlukan
--- www.masrafa.com ---
  • -de- ih Rafa pinter ya... :)

    Masalah ini juga sih yang bikin aku maju mundur buat kerja/sekolah lagi. Aku takut kalo Sarah lebih deket sama pengasuhnya ntar, dan jadi kurang deket sama aku. Aku sendiri juga rada posesif sama anak sih, apalagi selama ini aku SAHM. Tapi aku juga pingin banget sekolah lagi, dan konsekuensinya sama aja kayak aku kerja lagi, yaitu harus pake pengasuh. Harus sering2 baca tips2 mama2 di sini nih biar bonding sama anak tetep kuat ntar.
    http://rumahanin.wordpress.com
  • Anin, klo takut baby-nya jadi 'ketergantungan' bgt sm si mbak, bisa dicoba dikondisikan rumah-nya rame. klo aku biasanya suka minta ponakan n tante2 main siang2 gt. kebetulan rumahnya deket. trus juga membuka rumah klo misal anak2 tetangga mw main.
    selain bwt ngontrol kelakuan si mbak, jg biar Asa banyak temen n g takut orang baru. tp mesti ati2 bgt klo ada yg sakit ya ...
    less ego, more heart
  • Saya WM, sehari-hari Naya di rumah ama pengasuhnya. Ini pengasuh udah dari Naya usia 3bln, ampe skrg 26bln. Alhamdulillah, sampai saat ini Naya masih slalu milih mamanya dibanding ama org lain, kecuali abis ditegur mamanya dia nyari papa/eyang/opung/om/tantenya. :p
    Dari awal abis cuti hamil, sy selalu berusaha nyediain waktu untuk main/ngurus Naya. Office hour sy 7.30-16.30, jarak kantor ke rumah bisa ditempuh dlm <
    30mnt, jd jam 17.00-an gitu sy udah bisa di rumah. Sejak ada Naya, segera setelah pulang kantor, mandi, shalat maghrib, saya dimonopoli ama Naya, kesini2 kalo udah we time itu sy kepaksa nerima telpon/ngecek email, dia pasti protes. Dulu protesnya pake teriakan, makin besar dia makin ngerti, mulai matiin PC/laptop kalo liat mamanya kerja pas we time. Sekarang, dia mulai bisa nyumputin BB mamanya :p Hal ini juga saya lakukan setiap weekend. Tiap Sabtu-Minggu/libur, Saya&suami berusaha untuk selalu menghabiskan waktu sama Naya. Pengasuh? biarin aja dia ngerjain yg lain. Giliran Naya yg kita monopoli :D
    Dengan punya we time sama si anak, rasanya saya sudah menebus "kesalahan" saya, waktu saya yg tidak saya habiskan bareng sama Naya.
    "Naya sayang Papa sebesar Mama, sayang Mama sebesar Papa"
    *terharu*
  • hwa... gw jg termasuk working mom yg sangat rajin ninggalin anak. ninggal kerja full time dari jam 7.30 sampe jam 16.30 (yak, sama ama Wiwit mamanyanaya krn kita sekantor :D ). tapi bedanya, Wiwit beruntung bisa pulang dalam waktu kurang dari 30 menit, sementara gue bisa 1 jam.
    sekarang ini gw tugas ke luar kota bisa 2-3 hari dalam sebulan. untuk melengkapi "daftar dosa", waktu Naila umur 7 bulan, gw ikut pelatihan selama 6 minggu ga pulang ke rumah. Naila umur 2-3 tahun, gw tugas di Jakarta selama setahun lebih, dan praktis cuma wiken ada di Bandung. Naila umur 5,5-6,5 tahun, gw kuliah lagi ke benua lain dan cuma pulang ke Bandung satu kali.

    fyuh, kalo lagi mellow, sering mikir juga. ibu macam apa ya gueeee :( :(

    dalam hal memperebutkan perhatian Naila, "pesaing" gw ga cuma si bibi, tapi juga ortu, krn gw dan Naila tinggal di rumah ortu gw. "pesaing" maksud gw di sini bukan dalam arti yg terlalu negatif ya. bersyukuuuur banget sebenernya, punya asisten yg sangat bisa diandalkan (udah kerja di rumah sejak eyang masih ada, means udah 12 tahun kerja sama ortu gw). dan bersyukuuuur banget juga krn ortu gw selalu siap merhatiin Naila klo gw ga ada. but there are always two sides of the coin.

    waktu kecil pernah juga Naila nangis2 cari bibi. untungnya, si bibi nggak nginep di rumah, jadi kalo malem, mau ga mau, secape2nya gue, ya Naila sama emaknya doang. ortu gw juga sangat ngerti dan kadang dengan sengaja masuk kamar biar Naila bisa gw "monopoli". krn bokap gw tuh orgnya bisa banget bercanda ama anak kecil, jd ga heran tokoh idola Naila adalah "pakde" (ortu gw ga mau dipanggil eyang, maunya dipanggil pakde & bude, biar ga cepet tua :D ).

    trik2 lainnya sebenernya mirip dgn yg diterapkan -de-. gw hampir ga pernah pergi2 bawa asisten. bahkan ke dokter pun, kecuali Naila lemes bgt atau waktu masih kecil dan harus dipangku, gw usahain cuma berdua doang. berangkat sekolah jg barengan gw berangkat kantor, gw anterin sampe ke kelas, walaupun belakangan dia udah malu dan sering bilang, "udah Bunda ke kantor ajaaaa... aku kan bisa sama temen2".

    di sekolah seminggu bisa ada ulangan 2 kali, dan Naila sukanya belajar sore2 krn jam 7 dia udah tidur spy subuh bs bangun jam 4.30. krn itu gw hampir2 ga bisa nemenin Naila belajar, kan pas gw sampe rumah dia udah mulai ngantuk2 gt. kadang sedih juga ngeliat anak2 lain belajar dibimbing ibunya. gw cuma bisa telpon dan nanya, gimana belajarnya, ada yang susah nggak? :(. kadang doang gw ngajarin matematika atau bhs Inggris. yah kalo belajar utk ulangan bhs Sunda dibantuin bibinya sih gw rela banget, secara beliaulah subject matter expert di rumah :D .

    eh, dari tadi ga nyebut2 bapaknya ya.. hehehe.. bapaknya cuma ketemu Naila hari jumat malem sampe senin subuh. dia pernah bilang, dan gw setuju, bhw buat dia lebih susah lagi bisa deket sama Naila. ada masa2 di mana Naila ngusir2 Ayah dari kamar, "Ayah kacau.. ada kekacauan masuk ke kamar Neng! Ayah di luar aja!". ada masa2 Naila ga mau digendong Ayah sampe nangis jejeritan. alhamdulillah, sejak masuk TK Naila udah makin deket sama bapaknya. apalagi pas gw tinggal sekolah lagi, setiap wiken Naila mandi dan makan sama Ayah. skrg Naila udah bisa mandi sendiri, Ayahnya malah suka kangen mandiin :D.

    gw cuma bisa berharap, dengan begini gw melatih Naila mandiri sejak kecil. apalagi krn dia anak tunggal, gw ga mau Naila jadi anak manja dan hal2 lain yg jadi stereotype anak tunggal pada umumnya. moga2 aja gw sekeluarga bisa mendapat hasil yg terbaik dari kondisi yang -mungkin- ga ideal ini.
    my daughter is not a code, but raising her is an infinite loop of learning
  • setelah berkumpul lagi dengan Roma (LDL) aku dapat pengasuh yang 1 bulan membuatku stress karena g tau apa2, selama itu Roma diasuh oleh Ibu tetangga yang sangat penyayang. Alhamdulillah makin lama si teteh bisa menjaga Roma spti yg aku inginkandan sampe skr aku bisa tenang di kantor.
    Tipsx sih: aku buat si teteh bukan sekedar penjaga Roma tapi teman aku u mendidik Roma dg kasih sayang
    Tiap pulang aku bawain bbrp file video yg aku donlot dr Youtube, ttg perkembangan anak
    aku jg bawain artikel2 ttg toddler, aku suruh baca pass dia off malam setelah aku ambil alih Roma, dan setelah Roma tidur aku nonton vide o bareng dan membahas isi artikel y sdh di bacanya
    Sejauh ini works, kadang malah si Teteh yang ingetin klo aq salah hehe
    ^_^
  • @nunuk: wow keren jg ya si tetehnya, bisa jd partner buat sharing soal pengasuhan anak hehehehe. Alhamdulillah
    naldi's mama, abank's wife and an employee
  • Sebulanan ini bude yang momong Yuna (5 mos) lagi mudik, emang kerasa banget adanya rebonding lagi antara aku ma Yuna. sebelumnya emang dipengang terus sama si bude dari pagi - malem. cuman pas bobo aja ma aku.
    penginnya sih setelah ini walaupun si bude sudah balik, aku bisa tetep lengket ma Yuna dan ga hanya ketemu kalo malem. dah susun beberapa planing sih. jadi bude bener2 momong pas aku lagi kerja aja.
    smoga berhasil *mendoakan diri sendiri*
    ibu yuna * mbok e yuna * mamak Q
  • Yang kadang kita suka lupa, bonding itu emang bukan hanya pas masih bayi-anak aja, tp seumur hidup.Nyokap gw dr gw kecil adalah working mum, iya bener gw deket sama pengasuh, tapi tetep aja nyokap adalah nomer satu buat gw, even setelah gw lulus kuliah, keluar dr rumah, merit dan punya anak, komunikasi antara kita tetep terjalin baik, and she's like my number one bestfriend. Jadi, emang bonding harus dipupuk sejak anak masih bayi, tapi jangan terlalu khawatir dengan pengasuh/pembantu yg juga deket dengan anak kita. mereka hanya sementara aja hadir dalam hidup anak kita, tapi kita sebagai orang tua, seumur hidup bareng anak.
    a working mum who longs to be at home with baby yo all day.