Theurbanmama

The Urban Mama Forum

Pages
Post [ 1 to 3 of 68 ]
? a worker by choice, a mom & wife by nature ?
owner - slesta.com | @slesta
  • oh gitu ya mba tari (thanks), aq baru tau....berarti kemarin shabrina kena roseola.
    tapi nafsu makan tidak berkurang.
    aq baru tau soalnya kemarin pas panas dan campak nya keluar g ke DSA (karena ujung2nya di kasih obat) jadi treatment tradisional ajah, karena juga panasnya juga udah turun sebelum 3 hari.
    MamanyaShabrina
    "Yuk berhemat pemakaian Listrik dan Air serta kita pilah sampah organik dan non organik di rumah kita" :D
  • sLesta
    thx infonya
    berarti pas Favian umur 5,5m kena roseola
    DSA nganjurin tetep vaksin campak walo awalnya mo skip langsung MMR
    ~ MeLa naiBAHO ~


    Mommy Favian Matthew Macarios Simatupang
  • sLesta, trims infonya
    thalia, iya, makanya awalnya kukira itu digigit nyamuk/semut
    aQeela, biduren itu nama lainnya kaligata kan ya..kalau itu ga disetai demam kan ya?

    Kemarin waktu konsultasi ke dokter dpt penjelasan juga seperti ini, Campak itu ada beberapa jenis: Campak/Rubeola/Morbilli, Campak Jerman (Rubella), dan Roseola. Baik Campak dan Rubella bisa menyerang anak2 sd orang dewasa, sedangkan Roseola pada anak 6 bulan sd 3 tahun .
    - Rubella, seperti kata sLesta, ruam pada rubella ini tidak gatal. Ibuku pernah mengalami ini waktu umurnya sudah 30an tahun. Menurut Ibu tulang2 persendiannya terasa sakit sekali.

    - Roseola, pada Roseola, bercak merahnya tidak gatal

    Jadi waktu itu mendapat penjelasan dr dokter kalau anakku di-diagnosis campak (rubeola/morbili) karena ciri2 berikut
    - Bercak merahnya gatal
    - Bercak merahnya pertama tumbuh di muka (ini khas dari campak)
    - Matanya merah dan berair (tadinya kukira karena demam jadi matanya meah dan seperti berkaca-kaca)
    - Ada bercak putih di mulut dan lidah (makanya sempat takut kalau itu karena thypusnya kambuh krn salah satu ciri2 thypus adalah lidahnya kotor/ada bercak2 putih)

    Aku sependapat dengan dokter karena aku menduga anakku tertular dari kakaknya teman anakku (anakku suka main ke tetangga yg kebetulan seumuran dengannya). Nah, waktu itu kakaknya yang sudah kelas 1 SD sedang sakit. Waktu itu kita tidak tahu kalau kakaknya sedang sakit campak. Menurut ibunya demamnya sudah 3 hari tapi belum turun2 juga. Kemudian dia & adiknya disuruh minum air kelapa muda (kelapa hijau). Sebenarnya waktu itu kita langsung cepet2 pulang, tapi kok ya tetep ketularan juga. Yah, sudah takdir :)
    Tapi sejak itu jadi tahu kalau air kelapa muda adalah obat tradisional yg bisa digunakan untuk mempercepat keluarnya bercak merah pada campak, karena pada beberapa orang bercak campak bisa lama (> 3 hari keluarnya), padahal kalau belum keluar bercaknya, demamnya juga tidak turun2.

    Oya, kmrn pernah baca dan mendapat info kalau seseorang pernah terkena Campak maka dia akan kebal seumur hidupnya dari penyakit ini.

    CMIIW
    mamagaul
  • air kelapa hijau ya.. *catet*
    tfs ya indriani :D

    Rere juga pernah kena Roseola dan emang gak gatel tampaknya.. soalnya dia gak garuk2 padahal bercak2nya fantastisss
    selalu menunggu datangnya hari sabtu-minggu
  • mamas, tadi daku mampir di thread ini, tapi sempet ragu karena raza udah imunisasi campak tapi memang blm selesai aih baru yang tahap 1 (9 bulan)..

    baru semalem, badan raza tiba2 berbintik-bintik merah..
    awalnya minggu malem dia demam sampe selasa malam (2 hari), ga maw makan sama sekali.. dugaanku karena mungkin dia sedang dalam proses tumbuh gigi, jadi disabar2in buat ga ke dokter, trus adem sendiri juga.
    trus tiba2 semalem punggung, badan, dan dahinya berbintik2 merah, tapi ga berisi air dan bukan kaya digigit nyamuk.
    bukan alergi, karena seharian kemarin dia ga mengkonsumsi yg aneh2, udah termasuk menu yg sering dia makan..

    apakah ini campak roseola yang dimaksud Slesta? perlukah ke dokter?
    a happy wife & mom always defines me best! :)
    @mamaaltair
  • jessti seminggu yll anakku jg panas selama 3 hari trus akhirnya dibw kedokter, tes darah trombosit bagus, akhirnya dikasih obat penurun panas aja sama antivirus plus antibiotik. Belum sempet minum obat, krn anaknya g mau maem, panasnya turun dan dimuka n badan keluar bintik2 merah. Krn panasnya ud turun ya ud obat sama sekali g aku kasih, aku biarin aja, toh anaknya ud maen lg n g loyo lg..trus kurleb 3 hari kemudian bintik2 merahnya berangsur ilang.
    Aku siy menduga kena campak tp yg ringan, krn dia emang udah imunisasi yg ke-1 (9bln). Hasil dr googling campak g ada obatnya, cuma kadang disertai panas, batuk n pilek jd obatnya palingan penurun panas, obat batuk n pilek aja...Pengalamanku sendiri, malah g dikasih obat....
    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang
  • jessti, mrs tody...demamnya ga cuma pas malem kan yah, karena pengalamanku demamnya ilyasa waktu kena campak rubeola memang demamnya ga cuma di malem saja. Kalo roseola sih memang bintiknya ga gatel dan munculnya waktu demam sudah turun. Kalo yang paling bahaya yang jenis rubeola, sebenarnya bukan campaknya yang bahaya, tp komplikasinya. Ini ada link tentang roseola
    mamagaul
  • ikutan share ya..
    anak2ku sih belon pernah kena campak.. cuman mau share, kalau dulu adekku kena campaknya 2 kali, sekali umur 6, sekali lagi umur9
    aku juga dari dulu taunya cuman bisa sekali seumur hidup, kayak cacar.
    semoga anak2 kita kenanya sekali aja ya...
    *I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *
  • myreshka, jenis campaknya sama?..karena ada 3 jenis campak. Ibuku dulu waktu kecil juga kena campak jenis rubeola, tapi di umur 30 tahun kena yang jenis rubella (campak jerman). Kalo yang jenis rubeola baca2 sih kalau sudah kena sekali bakalan kebal kaya cacar air gitu
    mamagaul
  • Mrs. tody
    berarti meskipun udah di imunisasi campak, belum berarti kebal campak ya, aku juga pernah baca sih, cm ga ngeh aja gitu waktu sebadan raza penuh bintik2, karena momentnya barengan dengan proses tumbuh gigi, tapi memang lebih lama ya demamnya, biasanya cm sehari aja (tumbuh gigi)..

    Indriani
    Iya bener, demamnya seharian, tapi kalo siang agak turun demamnya, kalo malem baru panas lagi..
    ga maw makan sama sekali pas demam, tapi sekarang setelah keluar bintik merah, napsu makannya udah kaya biasanya..
    oya, waktu demam itu, ternyata dia juga ada sariawan di gusinya, apa ini efek campaknya juga? sempet bingung, ko bayi bisa sariawan ya..
    trus aku amati, anak2 tetangga juga ga ada yang kena campak, trus asal virusnya darimana ya?

    Berarti saya ga perlu ke dokter ya mamas, karena demamnya udah turun, dan udah keluar bintik merah. semoga cepet ilang deh bintiknya..
    a happy wife & mom always defines me best! :)
    @mamaaltair
  • indriani budi utami.. sorry telaaat bener jawabnya... nah. itulah yang aku ngga tau... yang pasti bukan rubella...

    jessti kalo kata oom ku yang dokter (maapkan kalo salah ya) imunisasi bukan artinya anaknya ngga bakalan kena campak.. tapi, kalo kena... sembuhnya lebih cepet daripada yang ngga diimunisasi...
    *I have 2 kids, 1 is adopted... I forgot which one.. *
  • indriani panasnya siang malam bu...
    jessti sama, aku jg g ngeh jangankan kita2, dsa-nya pun g ngeh...krn bintik merah pas aku periksain itu blm muncul...munculnya justru pas panasnya ud turun...n seperti myreshka blg, campaknya lebih ringan (tanpa komplikasi penyakit2 lain) drpd yg blm/ga imunisasi
    mamanya kayla n nayya
    @ariprastawati
    @sepasang_kembang
  • du untung ada tread ini. Mau sering dan tolong kasih masukan dong mamas. Dari kemaren anakku panas sampai 40,1. Kemarin sih masih mau makan, tapi hari ini nggak mau samsek. Dari td pagi aku perhatikan ada bintik merah di badan, muka dan kepalanya. Nggak banyak sih. Hari ini masih panas sekitar 39,4. Matanya berair (biasanya nak-anakku kalo panas cenderung berair matanya). BTW sekarang umurnya 10m. Baru dua minggu yg lalu di imunisasi campak. Apa ini termasuk Roseola yang moms sebutin sebelumnya ya. Duuh nervous berat nih...
    My World is My Family
  • Pages