Kesiapan Mengajari Anak Makan Sendiri

Oleh Monica Hakim pada Kamis, 19 April 2018
Seputar Tips
Kesiapan Mengajari Anak Makan Sendiri

Bicara tentang mengajari si kecil untuk makan, Urban Mama dan Papa pasti pernah terpikir tentang makanan yang terbuang akan lebih banyak dibanding dengan makanan yang masuk ke mulut si kecil. Belum lagi kegiatan belajar makan membutuhkan waktu lebih lama, tidak seperti bila si kecil disuapi Mama. Belum lagi tentang meja makan yang berantakan, atau baju yang penuh dengan noda makanan.

(Gambar: www.pixabay.com)

Sebelum mengajari anak makan sendiri, ada baiknya Urban Mama mempersiapkan perlengkapan makan yang memudahkan si kecil belajar makan sendiri, seperti kursi makan, peralatan makan yang aman, dan celemek makan. Pilihlah celemek yang berbahan lembut, untuk menghindari risiko alergi atau iritasi akibat bahan yang kasar. Kenalkan perlengkapan makan tersebut agar si kecil belajar terbiasa menggunakan barang-barang miliknya, dan mengerti kegiatan apa yang akan dilakukan bersama alat-alat makan tersebut. Proses ini juga berguna dalam pembentukan karakter si kecil nantinya.

Sebagai orangtua yang hendak mengajarkan si kecil makan sendiri, Urban Mama dan Papa harus terlebih dahulu memaklumi dan bersabar jika meja makan jadi berantakan, banyak makanan tumpah dan terbuang, bahkan baju dan celemek makan si kecil pun menjadi tidak karuan karena banyaknya noda yang menempel. Jangan sekalipun memarahi si Kecil, karena akan menimbulkan trauma dan bukannya tak mungkin malah membuat ia mogok makan. Anggaplah sebagian proses belajar makan ini sebagai hiburan, sembari mengamati atraksi tingkah lucu si kecil.

Ketika Urban Mama dan Papa hendak mengajari si kecil untuk makan sendiri, pastikan si kecil sudah bisa duduk dengan posisi yang benar, bukan terlalu bersandar atau miring karena khawatir bahaya tersedak. Selalu dampingi dan awasi si kecil setiap kali makan, bisa sambil makan bersama Mama-Papa pula. Letakkan makanan di depannya, tawarkan satu porsi saja terlebih dahulu, dan perhatikan reaksinya selama menikmati makanan.

Kegiatan belajar makan tidak hanya bertujuan agar si kecil bisa makan sendiri, tetapi lebih untuk membangun kebiasaan makan yang baik. Tanamkan kedisplinan sejak usia dini, salah satunya dengan membiasakan bayi duduk di meja dan kursinya saat makan, bukan dengan berjalan-jalan di luar. Jadikan waktu makan sebagai 'waktu tenang' agak si kecil berkonsentrasi menghabiskan makanannya terlebih dahulu, tanpa perhatiannya terpecah ke hal-hal lain.

Tidak ada yang mudah di tahap awal belajar, namun kesabaran dan kasih sayang Urban Mama sangat dibutuhkan dalam setiap proses tumbuh-kembang si kecil. Si Kecil akan belajar untuk terbiasa dengan aturan yang Urban Mama dan Papa terapkan di rumah. Disiplin ini akan tetap tertanam dalam benaknya hingga ia besar nanti. Agar prosesnya lancar, komunikasikan pula aturan yang Anda buat pada anggota keluarga lainnya. Selamat makan!

0 Komentar

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies