FAQ Tentang Popok Kain

Oleh Sitha pada Jumat, 27 Agustus 2010
Seputar Tips


* model: Saifa

 


Kapan bayi bisa menggunakan popok kain?


Popok kain sebenarnya bisa dipakai sejak bayi baru lahir. Namun untuk popok kain modern, bila pilihan urban Mama adalah popok one size, umumnya akan kelihatan bulky pada bayi baru lahir. Untuk mengatasinya:



  • Menggunakan popok kain tradisional (dengan tali, flat diapers) dulu sampai bayi mencapai berat badan yang cukup untuk popok kain modern one size (setting terkecil), atau

  • Menggunakan popok kain modern ukuran newborn dulu, kemudian beralih ke one size setelah berat badan bayi memungkinkan.


Beberapa urban Mama menganjurkan untuk mulai memakaikan popok kain modern one size saat bayi berusia 4 bulan karena pertimbangan ukuran.


Silakan urban Mama pertimbangkan sendiri dan putuskan mana yang terbaik bagi bayi Anda.


 


Bagaimana Cara Memilih Popok Kain?


Pertama, tentukan dulu pertimbangan utamanya.



  • Budget?

  • Kualitas?

  • Kemudahan pemakaian (praktis)?


Tiga yang di atas itu adalah yang utama. Kalau urban Mama lebih condong ke budget, maka segera lihat-lihat popok kain tradisional yang bertali atau popok kain modern buatan lokal (Zigie Zag, Enphilia, Baby Oz, Nice Kids, Cluebebe, etc) atau Cina (Coolababy, Babyland, QBaby, Metro Baby, etc). Selain itu, bisa juga menggunakan jenis flat diapers atau prefold diapers.


Terkait dengan budget, urban Mama pastinya akan lebih condong ke jenis yang One Size (bisa dipakai sampai bayi lebih besar, rata-rata sampai berat bayi 13-16 kg). Kalau memang ini pilihan urban Mama, jangan lupa mempelajari dengan seksama petunjuk setting kancingnya ya supaya pipis bayi tidak bocor keluar.


Sedangkan untuk pertimbangan kualitas, sebagian urban Mama memilih popok kain import dari US atau Eropa. Ini terutama untuk pemakaian malam hari di saat bayi tidur panjang sampai pagi.


Kalau pertimbangannya adalah kemudahan pemakaian, pilihlah yang pocket diapers dan AIO. Di Indonesia, sebagian besar urban Mama memilih pocket diapers bagi bayinya. Keuntungannya, selain mudah memakaikannya, proses pengeringan di jemuran juga relatif lebih cepat dibanding jenis AIO atau fitted diapers.


Pertimbangan lain, kemudahan perawatan. Memang popok kain modern memerlukan perawatan yang tepat dan hati-hati sesuai dengan instruksi dari produsennya. Bila Anda lebih memilih popok kain yang perawatannya simple, lebih baik mencari popok kain yang berbahan katun saja (tanpa lapisan PUL). Namun hati-hati ya, sebaiknya melapisi lagi dengan diaper cover supaya pipis bayi tidak bocor.

18 Komentar
Mama Dhimas
Mama Dhimas October 29, 2010 4:47 pm

@ Astrid, kalo dari pengalaman Dhimas, modalnya cuman "rajin" inget2 kebiasaan baby..artinya kalo cuaca biasa berapa menit/jam sekali dia pee..kalo ujan lain lagi..trus inget apa makan or minum hari itu..malam hari, pas dia mau bobok di "tatur" even ga keluar pee nya...
trus untuk latih pup di potty..dulu saya kenalin dulu potty nya ke Dhimas..sambil bilang ini buat pup dia,biarin buat mainan..nah pas jadwal pup,didudukin disitu..dari umur 6bln Dhimas sdh pup di potty, 11 bln pup di closet biasa...gud luck yaa..

Sitha
Sitha September 5, 2010 4:25 am

All, de rien... You're welcome :)

Maaf ndak reply satu2. Ini buat yg nanya2 di atas:

Airas: Kl di luar, bayi2 selalu pakai pyjama (sleepsuit?) utk bobo malam. Dan memang utk bayi dgn popok kain, biasanya pakai pyjama (or jumper, or pantalon) yg size-nya lbh besar spy muat. Utk bayi2 yg msh imut memang bs keliatan bulky. Dulu anakku jg gitu :)

Astrid: Mungkin di forum ada thread khusus ttg toilet/potty training. Aku jg hrs baca nih secara blm konsisten ngajarinnya... hee... :)

astrid September 1, 2010 7:26 am

mrs tody & momy-momy laennya,lam kenal yaa...pengen sharing nih...aku pengen tau gmn caranya ya melatih bayi pipis? anakku skrg pas 8 bln, kalo dia ditaruh di kasur, pasti krg lbh 7 menit sekali pipis, digendong menghadap dpn/blkg jg sama kyk gitu. Tapi malahan anakku ga pipis2 kalo lg tidur (siang & malam) dan kalo digendong menyamping pake selendang (selendang batik mksdnya)meskipun digendongnya sampe 1 jam. Munkin ada yg bisa kasih sarannya....?

Rima Ivalia
Rima Ivalia August 31, 2010 9:42 pm

huhuhu.. thanks ya... pas banget nih, baby ku 4,5 bulan dan udah kepikiran pake clodi, gara2 kurang info, kemaren jadi salah beli... XD

aulia nugroho
aulia nugroho August 28, 2010 12:30 pm

nice article :)
iya, emang lebih praktis pake popok kain modern ini. aku pake yang lokal ziggiezag ama enphilia dgn pertimbangan budget jg :) selain itu aku lebih sreg buat sering ganti (3 jam pemakaian) karena penuh n berat.. kalo malem masih pake dd .. btw, kalo malem pake clodi modern ini apa masih pake celana pnjg/ piyama? bulky bgt gak?