Menstruasi Berkepanjangan

Oleh dr. Riyana Kadarsari, SpOG pada Selasa, 11 Desember 2012
Seputar Expert Explains

Dokter Riyana,
Saya mulai haid sejak umur 13 tahun. Mulai umur 16 tahun haid saya selalu lama bisa 10-15 hari. Kemudian haid saya makin tidak teratur. Sudah sekitar 2 tahun belakangan darah yang keluar berbeda-beda warnanya, kadang gelap sekali, kadang merah sekali, dan kadang darah seperti serpihan-serpihan (tidak solid darah).

Sekarang saya sudah haid hampir 3 minggu dan dulu pernah ke dokter kandungan, katanya rahim saya baik-baik saja hanya ada penebalan darah atau semacam itu.

Pertanyaan saya.


    - Apakah ini normal?

 


    - Jika tidak, kira-kira ini penyakit semacam apa?

 

    - Penanganan pertama yang harus saya lakukan?

Saya sudah banyak cari referensi sejak 2 tahun terahir tapi belum ada
yang bisa memuaskan rasa takut saya. Semoga berkenan membantu saya ya, Dok.

Terima kasih.
Cheryl.

---
Hallo Cheryl,
Kebanyakan dari penyebab gangguan haid adalah ketidakseimbangan hormon. Apalagi kamu sudah check-up dan tidak ditemukan kelainan atau patologi seperti mioma (tumor jinak rahim), polip dsb.

Hormon sangat dipengaruhi banyak faktor. Awal-awal sejak mendapat haid biasanya siklus haid kita belum berovulasi (mengeluarkan sel telur matang) sehingga belum teratur. Siklus normal menstruasi 21-35 hari lama 2-8 hari. Jika siklus tidak teratur maupun lama lebih dari 2 minggu maka sebaiknya dicek.

Hormon dipengaruhi berat badan, pola hidup, dsb. Contoh pada yang overweight maka metabolisme bisa terganggu, sering terjadi resistensi insulin apalagi jika jarang olahraga. Nah coba konsultasikan lagi apakah kamu mengalami gangguan hormon tersebut. Biasanya dokter akan mengecek tanda-tandanya, berat badan, tanda-tanda kelebihan hormon androgen seperti jerawat, banyaknya rambut seperti kumis halus, di tangan atau kaki, mengecek USG, sampai lab untuk mengetahui resistensi insulin atau kelainan hormon, kemudian menatalaksana sesuai penyebabnya.

Untuk sementara ini coba deh atur pola hidup yang sehat, olahraga teratur, kurangi makanan berlemak. Mudah-mudahan haidmu kembali teratur. Dan jika berkepanjangan segera cek ke dokter ya.

Kategori Terkait


Tag Terkait

9 Komentar
Junaidi Dalimunthe
Junaidi Dalimunthe May 24, 2017 9:14 pm

Dok Saya mau nanyak? Bulan 4 kemarin saya haid tanggal 19. dan bulan 5 seminggu sebelum tanggal 19 yaitu tanggal 13 ini saya keluar flek coklat sampai tanggal 22. Yang keluar hanya bercak doang. Saya sudah menikah dok? Apakah ada gangguan dtg haid saya soalnya kalo darah implantasi hanya keluar 1/2 hari saja.

fajriani May 3, 2014 6:47 pm

Dokter, saya baru 1 thn menikah dulu sebelum mnikah halangan saya memang tidak lancar 3bln taw 2 bln sekali,selama 10 taw 14hri, setelah mnikah haid saya slalu datang terus, sebulan 2x selama 13 taw 15 hri, skrg sudah 1bln lbh 1mggu ga juga berhenti haid, gmna ni dok?mohon bantuannya

penyakitkelamin November 12, 2013 11:14 am

eh salah sist no.telpnya 6911921/6911922

penyakitkelamin November 11, 2013 1:48 pm

iya dokternya dari taiwan pada teliti gitu. alamtnya sih di jalan pintu besar selatan no.38. deket glodok

aprilayu November 11, 2013 1:38 pm

aku juga pernah denger dari temen aku metropole hospital katanya bagus ya? dokternya dari luar semua ya? itu dimana sih alamatnya?temen aku kemarin berobat haidnya nggak teratur n ada keputihan sih katanya sekarang udah mendingan