Modern Mama 2013: A Role Model for a Happy Family

Oleh Gabriella F pada Senin, 06 Mei 2013
Seputar

Spesial untuk workshop kali ini, sejak pagi para Urban mama sudah bersemangat berdatangan di Century Park Hotel. Semua tampaknya sudah tidak sabar untuk mendengarkan sharing dari para pembicara kita hari itu, Ibu Elly Risman dan Fitriavi Noeriman.

Sekitar pukul 09.00, acara dibuka oleh MC Siska Knoch dan dengan sedikit sambutan dari salah satu Founder Urban Mama, Ninit Yunita. Menurut Ninit, acara ini diadakan sesuai dengan kampanye The Urban Mama sepanjang tahun 2013, Healthy Mama for a Happy Family. Tidak hanya sehat secara fisik, tetapi juga sehat secara mental untuk bisa menciptakan keluarga yang bahagia.

Talkshow pertama dari psikolog dan pakar parenting terkenal, Ibu Elly Risman, dengan tema meningkatkan rasa percaya diri anak. Dengan gaya bercerita yang seru, Ibu Elly Risman berkali-kali membuat para peserta tertawa sambil dalam hati sebenarnya merasa “tertampar”. Menurut Ibu Elly, “Parenting is all about us, it’s not about our children. Parenting is anything wired in ourselves.” Ingin meningkatkan percaya diri anak? Apa itu percaya diri? Percaya diri adalah penilaian dan keyakinan seseorang tentang semua hal yang mampu dan bisa dilakukan. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah melihat ke diri sendiri, bagaimana kita sebagai orangtua menilai dan menempatkan harga dirinya sendiri. Looks vs. Values? Kami diingatkan bahwa teladan lebih berharga daripada sejuta kata-kata dan mengasuh anak adalah suatu proses, tidak bisa tergesa-gesa. Bu Elly berulang kali mengingatkan, “Masa depan adalah ruang hampa, biarkan anak melukisnya sendiri. Tugas orangtua adalah mempersiapkan pondasi jiwa anak.”

Setelah makan siang, Dr. Jack Pradono Handojo dari AQUA memberikan sharing tentang pentingnya air bagi kesehatan. Menurut Dr. Jack, air adalah komponen penting dari seluruh organ tubuh. Kita harus menjaga kecukupan cairan tubuh agar organ-organ tubuh bisa berfungsi dengan baik. Minum cukup banyak air dalam sehari adalah salah satu langkah menuju hidup sehat. Wanita hamil dan ibu direkomendasikan untuk mengonsumsi lebih dari dua liter air sehari, yaitu 2,3 liter air sehari untuk wanita hamil dan 2,7 liter air untuk ibu menyusui. Sesi ini ditutup dengan pemberian doorprize kepada dua peserta yang beruntung, hadiahnya berupa breastpump dari Medela dan produk dari Avent.

Setelah sharing dari AQUA, salah satu founder TUM, Ninit Yunita menyerahkan hadiah kepada pemenang pertama dan kedua TUM Modern Mama 2013 Contest, yaitu Indah dan Yesi.

Acara dilanjutkan dengan talkshow tentang Menjadi Panutan dalam Mengatur Keuangan yang dibawakan oleh Fitri Noeriman dari QM Financial dengan moderator Syarif Hidayatullah atau yang lebih akrab sebagai @bangaip dari @ID_AyahASI. Menurut Fitri, anak-anak akan sangat mudah meniru perilaku orang lain, terutama orangtuanya. Sudahkah kita menjadi teladan yang baik kepada anak-anak kita dalam hal mengatur keuangan? Belanja boleh-boleh saja, tapi sudahkah kita berbelanja secara sehat? Artinya: benar, bertanggung jawab, sesuai kemampuan, dananya siap, dan tidak berutang. Anak-anak perlu mengenal empat konsep uang: earn, save, spend, donate. Fitri kemudian memberikan contoh dan trik-trik mengajari anak agar bertanggung jawab dalam menggunakan uang. Pesan Fitri, “Your kids will imitate you. Use it as a force for good.”

Setelah selesai mendengarkan sharing dari para pembicara, saatnya untuk kuis. Pertanyaannya seputar talkshow dari Fitri. Ada banyak hadiah yang dibagikan ke peserta diantaranya voucher dari Mothercare.

Terima kasih untuk sponsor yang mendukung acara ini, AQUA dan Benesse. Terima kasih untuk bambino piccolo, Bilna.com untuk voucher-nya dan juga media partner Ayahbunda, ID_Ayah ASI, Liburan Anak, dan Anak Juga Manusia.

Terima kasih untuk semua urban mama papa yang telah hadir dalam acara kami. Semoga semua puas dengan acara ini. Sampai bertemu pada acara urban mama selanjutnya di bulan Mei ini.

Kategori Terkait


Tag Terkait

4 Komentar
Eka Gobel
Eka Gobel May 7, 2013 11:13 pm

seneng banget dapat kesempatan ikut workshop ini. banyak ilmu & tips parenting dan finansial dari experts favorite, bu elly & teh fitri.
dapat banyak ilmu kesehatan juga dari dr. Jack dari Aqua.
senang juga dengan eventnya, goodiesnya banyak, doorprizenya melimpah, makanannya enak dan tempatnya nyaman!
Seru juga ada photo booth dari Aqua, jadi kita bisa photo2 bersama urban mama yang lain.
seperti biasa, event TUM selalu menyenangkan! :*

zata ligouw
zata ligouw May 7, 2013 12:47 pm

Kerennn banget acaranya. Kalo ada lagi, saya daftar nomor satu yaa ;p.

Makasih ilmunya bunda Elly, mba Fitri, dan Dr. Jack...

Cindy Vania
Cindy Vania May 7, 2013 12:45 pm

Seru banget acaranya.. Next workshop harus ikutan! :))

Siska Knoch
Siska Knoch May 7, 2013 10:35 am

Semakin nge-fans ama bunda Elly.. para urban mama dan papa juga 'betah' ngikutin workshopnya sampai sore *hebad*

etapi kok mc ga kefoto sih pas rame2? *yanasib* :')

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies