My Lil' Chef 1st Birthday Party

Oleh Anna pada Minggu, 04 Desember 2011
Seputar My Party


Beberapa minggu yang lalu, Sam merayakan ultah yang ke -1. Sebenarnya ulang tahun Sam sudah dari minggu sebelumnya tapi karena jatuh pada hari kerja, pesta pun harus diundur saat weekend.

Ulang tahun pertama Sam ini sudah saya tunggu-tunggu sejak Sam lahir (maklum mama-nya gila pesta). Saya dan suami memang ingin merayakan ultah ke-1 anak kami. Bagi kami, ultah ke-1 itu harus dirayakan. Ulang tahun selanjutnya baru kecil-kecilan aja.

Akhirnya, 3 bulan sebelum ultah Sam, kami pun mulai mempersiapkan segala sesuatu nya. Dari mulai pencarian tema, dessert table, venue acara, dan lainnya. Pencarian tema ternyata sulit juga loh! Kami ingin tema acaranya yang unik dan lucu. Pilihan pertama jatuh pada tema zoo party. Tapi agak kurang sreg ya. Lalu ganti lagi jadi pirates, tapi udah banyak yang pakai, akhirnya ganti lagi. Sampai suatu malam, saya gak bisa tidur memikirkan tema ulang tahun Sam. Saya pun gak mau galau sendirian, akhirnya gangguin suami yang sudah tidur duluan.

Suami pun mengidekan tema ultah Sam kali ini adalah 'Chef'. Mirip2 Masterchef gitu deh. Karna belakangan saya dan suami memang lagi hobi banget nontonin Masterchef. Baiknya US maupun Aussie.

Setelah menimbang-nimbang, saya pun setuju dengan tema Masterchef, biarpun masih agak ragu. Tapi lucu juga. Kembali lah saya galau gak bisa tidur, kira-kira harus menyiapkan acara seperti apa nantinya. Karena anak saya kan baru 1 tahun, takutnya tema Masterchef ini gak cocok untuknya.

Besoknya, sambil nyari-nyari inspirasi di web tentang pesta ultah Masterchef ini (yang ternyata masih cukup jarang di pakai, apalagi sama anak usia 1tahun), saya menemukan online shop yang jual baju chef untuk baby! Ihh.. Pas banget! Saya pun langsung BBM suami ngasih tau tentang hal ini, sambil menanyakan harga & ukuran ke online shop tersebut. Suami setuju, harga bersahabat, ukurannya juga pas. Langsung deal! Jadi beli. Yeay! :)

Setelah beli baju itu, saya kembali galau. Kira-kira goodybag nya apa ya yg cocok dengan temanya? Acaranya, dan lain-lain. Dan ternyata sulit sekali menentukan itu semua dengan tema yang kami pilih. Hari Sabtu, langsung saya culik suami ke pasar Asemka yang terkenal gudangnya perlengkapan pesta. Akhirnya, kami memutuskan goodybagnya berupa mini frying pan karakter & sendok+garpu set. Biar ada kesan 'chef' nya gitu :p

Saya juga merencanakan adanya dessert table untuk ultah Sam. Sengaja tidak menggunakan jasa EO untuk acara ini, jadi semua di kerjakan berdua dengan suami. Suami bertugas mendesign (kebetulan suami saya lulusan graphic design), sedangkan saya bertugas mengurus dessert table. Yang lainnya kami kerjakan berdua.

Minggu berikutnya, kami dipusingkan dengan mencari venue yang cocok. Sengaja kami tidak memilih resto fastfood, karena kami tidak mau mengenalkan Sam pada fastfood. Pencarian sampai ke Jakarta (kami tinggal di Serpong) tidak membuahkan hasil :( 10 hari menjelang hari H, kami makan di salah satu cafe baru dekat rumah, iseng-iseng saya tanya kalau mau mengadakan pesta di sana bagaimana, dan ternyata harganya pas dengan budget kami. Tempat juga oke, masakannya enak. Akhirnya, kami memutuskan untuk memakai cafe tersebut.

Setelah menentukan venue, kami mulai mencetak undangan, printables, membuat Pinata dan lainnya. Mulai mengisi goodybag, dan lainnya. 1 hari sebelum hari H, saya juga mulai membuat cupcakes-cupcakes & cake pops untuk mengisi si dessert table 'made by mama'. Sedangkan, suami mulai mendekor venue acara di bantu beberapa karyawan cafe yang ternyata sangat helpful & mahir merangkai balon!

Hari H yg kami tunggu-tunggu datang juga, sebagai pemula, saya & suami yang sekaligus menjadi EO sempat deg-deg an. takut kalau acaranya ternyata gak berjalan sesuai rencana. Puji Tuhan, sampai akhir acara semua tamu yang datang sangat menikmati acaranya. Anak-anak kecil juga semangat mengikuti activity, games & sulap dari MC.

berikut foto-foto acara ultah Sam


the 'made by mama' dessert table



photobooth & cupcakes decorating activity



The birthday boy & mama chef ; hitting pinata with daddy



goody bag & hadiah games


Tema: Lil' Chef
Cake: Cupkeiks
Dessert Table: made by mama
Pinata : mama & daddy
Printables : made by daddy
Photobooth : mama & daddy

Happy Birthday Sam Keano! Mommy & Daddy love you! xoxo

34 Komentar
briechelle July 7, 2016 1:27 am

Hello mom's Keano, pas join disini lgsng tertarik sm postingannya. Aku mau buat acara utk 3rd bday anakku tgl 24 ini, boleh dibantu info venuenya mom?
Thank u so much

widimrsh March 7, 2014 11:27 am

Kakkk, aku mau nanya, ini kafenya ada dimana ya?? Hehe makasih:)

Novia Ariyana
Novia Ariyana January 2, 2014 9:08 am

Well prepared banget mba...pas banget nemu link ini...lg nyari ide buat 1st bday party jg..
btw, cetak printable dan goodiebag nya dimana mba??thx yaaa...

linna
linna October 25, 2013 4:09 pm

Keren bgt bday party Keano. Mba Anny boleh email aku gak venue nya dimana, aku lagi nyari venue buat bday anakku juga nih. Thanks

ira_tjang October 7, 2013 10:15 am

Wahh kern ya... Venuenya dimana sis?