Q: Kolesterol dan Kehamilan

Oleh the urban mama pada Kamis, 18 Maret 2010
Seputar Expert Explains



dr Riyanadr. Riyana Kadarsari, SpOG
Pendidikan: S1 FK Universitas Indonesia

Obgyn di RS Melati Tangerang, RS Sariasih Ciledug dan RSB Permata Sarana Husada Pamulang. Menikah dan memiliki 2 anak.



Q:  Baru-baru ini saya 'didiagnosa' memiliki tingkat kolesterol cukup tinggi (pakai tanda kutip karena diagnosanya hanya dari pemakaian kalung kesehatan batu jade selama tidak lebih dari setengah jam). Pertanyaan saya, adakah pengaruh signifikan dari tingkat kolesterol dengan kehamilan? Saat ini saya hampir 7 bulan menikah dan masih sedang berusaha untuk hamil. Terima kasih atas jawabannya.
– pertanyaan dari Diar.


A:  Kolesterol memiliki peran dalam pembentukan hormon perempuan. Sehingga memiliki peran penting dalam siklus haid maupun sistem reproduksi perempuan. 


Secara umum kolesterol sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu HDL (yg kita kenal sebagai kolesterol baik), LDL (kolesterol "jahat"), dan trigliserida. Namun tentu saja sebaiknya diukur sesuai pengukuran objektif yaitu tes darah. Namun berkaitan dengan usaha untuk hamil bukan semata-mata kolesterol saja.


Yang penting bagaimana siklus haid anda, apakah teratur atau tidak? dan bagaimana dengan body mass indexnya? Jika siklus haid anda terganggu dan anda memiliki BMI yang termasuk overweight, maka mungkin saja baik untuk dicek profil kolesterolnya, juga kadar insulinnya karena berkaitan dengan sindrom metabolik yang bisa memengaruhi kesuburan. Seseorang dianggap infertil (memiliki kesulitan untuk hamil) jika dalam satu tahun setelah menikah belum hamil dengan senggama teratur tanpa alat kontrasepsi.


Semoga membantu.


--


if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

Kategori Terkait


Tag Terkait

6 Komentar
Diar March 19, 2010 10:30 pm

Terima kasih Bu Dokter, atas jawabannya. Sama kayak Mbak Shinta dan Teh Ninit, saya juga baru tahu semuanya ternyata ada hubungannya.

Dan alhamdulillah saya sudah hamil. Sedang hamil, tepatnya :) Saat nulis ini sih masih 4 minggu-an.

Kebetulan saya kalo makan suka kalap -- gak peduli bahannya, apalagi porsinya -- tapi sekarang udah mulai sadar diri koq, yah sedikit-sedikit :p

Terima kasih sekali lagi buat Bu Dokter, juga buat Mbak Shinta dan Teh Ninit :)

Eka Gobel
Eka Gobel March 19, 2010 12:52 am

ehm.. baru tau juga :)
makasih infonya ya bu.. :)

ninit yunita
ninit yunita March 17, 2010 8:25 pm

sama kayak shinta, baru tau juga... untung bgt baca ini.

@diar - semoga cepet hamil yaa & sehat-sehat selalu :)

shinta lestari
shinta lestari March 17, 2010 6:13 pm

btw, diar.. mudah2an terjawab ya pertanyaannya. dan cepet hamil :)

shinta lestari
shinta lestari March 17, 2010 6:12 pm

oohh.. saya baru tau kalo kolesterol itu pengaruh dalam pembentukan hormon perempuan & punya peran dalam siklus haid & siklus reproduksi. *telat*

thanks infonya ya dok!