Health & Fitness / Body & Minds
Berdamai dengan Diri Selama Karantina di Rumah

Berdamai dengan Diri Selama Karantina di Rumah

Tak terasa, sudah tiga bulan kita menjalankan karantina #dirumahaja ya, Ma. Hal ini pun sudah menjadi kondisi new normal alias kehidupan baru di tengah pandemi virus corona. Jika kesulitan mengelola diri dengan baik, siapa saja menjadi rentan mengalami gangguan psikologis.
  
Bijak Mengonsumsi Berita di Tengah Krisis Wabah Coronavirus

Bijak Mengonsumsi Berita di Tengah Krisis Wabah Coronavirus

Beberapa waktu lalu, saya memantau linimasa Twitter untuk membaca berita terkini terkait wabah Covid-19 yang melanda negeri kita. Namun rasanya sulit mendapatkan informasi yang tepat dan yang memberi semangat dan harapan belakangan ini.
  
08.06

08.06

I need to feel better. I need to take care of myself. Taking care of myself is part of taking care of my kids.
  
Berkenalan dengan Gangguan Kecemasan Berlebih (Anxiety Disorder)

Berkenalan dengan Gangguan Kecemasan Berlebih (Anxiety Disorder)

Seperti biasa selepas makan malam, saya dan suami menemani anak-anak membaca buku. Saat itu, suami mengeluhkan perut kembung. Awalnya dipikir masuk angin saja, karena memang suami baru pulang dari dinas luar kota. Satu jam kemudian, ia berkata “Mah, tolong antar aku ke UGD, sekarang”. Semenjak kejadian malam itu, suami terkesan lebih “rapuh”.
  
Senam Hamil dan Prenatal Yoga

Senam Hamil dan Prenatal Yoga

Begitu tahu hamil, saya berkomitmen untuk rajin olahraga, karena tidak mau kelebihan berat badan apalagi kalau sampai terus-terusan mengalami lemah, letih, lesu. Dan alasan utamanya adalah meningkatkan stamina agar kelahiran bisa lancar dan mudah. Selain ikut senam kantor dan renang, saya juga melakukan senam hamil dan yoga prenatal.
  
Yuk,  Cerdas Salurkan Emosi agar Mama Tetap Waras

Yuk, Cerdas Salurkan Emosi agar Mama Tetap Waras

Suatu ketika, saya merasa sangat marah dan frustrasi dengan keadaan yang saya hadapi. Ditekan sana-sini, letih, dan harus menghadapi tangisan anak setiap saat. Bila biasanya saya bersabar menghadapi kerewelan anak saat sakit, kali itu emosi saya memuncak.
  
As You Get Closer to 30

As You Get Closer to 30

Usia 20-an merupakan the peak moment. Badan sedang bugar-bugarnya, energi melimpah, namun sayangnya sebagian besar belum ada yang mulai memikirkan masalah kesehatan yang akan terjadi kala usia mereka makin bertambah.
  
Kesetaraan Gender dalam Pengasuhan Anak

Kesetaraan Gender dalam Pengasuhan Anak

Stereotype berbasis gender seperti ‘laki-laki tidak boleh cengeng seperti anak perempuan’ atau ‘perempuan harus lemah lembut’ masih sering didengar di kehidupan masyarakat Indonesia. Ketidaksetaraan gender yang terjadi umumnya dimulai sedari dini, dari perbedaan pola asuh ke anak laki-laki dan anak perempuan.
  
Kuatnya Pengaruh Pikiran Bawah Sadar

Kuatnya Pengaruh Pikiran Bawah Sadar

Pemahaman tentang pikiran bawah sadar membuat saya lebih berhati-hati dalam memperlakukan dan merespon anak. Ini karena pengalaman masa kecil akan membentuk kepribadian buah hati.
  
Things Happened for A Reason

Things Happened for A Reason

Things happened for a reason, itu adalah salah satu kutipan yang paling saya sukai dari dulu hingga sekarang. Kalimat itu juga hampir mirip maknanya dengan kutipan dalam Al-Qur’an yang menyebutkan bahwa “Allah tidak akan menciptakan sesuatu yang sia-sia”. Kalimat-kalimat tersebutlah yang membantu saya melewati vonis kanker payudara pada tahun 2013 lalu.