30-Minutes Triangle Bag Tutorial

Oleh Angie Renata pada Jumat, 27 November 2020
Seputar Do-It-Yourself
30-Minutes Triangle Bag Tutorial
Beberapa waktu lalu, saya lihat tas berbentuk segitiga di majalah Jepang. Tas itu terbuat dari bahan semacam linen dengan gantungan warna-warni. Jepang memang paling oke soal crafting, tidak pernah habis idenya! Karena itu, ketika saya tiba-tiba perlu tas pesta yang cukup besar untuk menyimpan ponsel dan dompet, tetapi ringan dibawa, pikiran saya langsung tertuju ke tas segitiga tadi. Sekilas rasanya tidak terlalu sulit. 
 
Ternyata benar, setengah jam kemudian saya sudah siap menenteng tas itu ke mana-mana! Mudah dan menyenangkan membuatnya. Memang betul ya, tidak pernah ada ruginya menyimpan kain dan perlengkapan menjahit banyak-banyak.
 
Jika Urban Mama tertarik untuk membuatnya, berikut tutorial singkatnya. Untuk tutorial ini saya membuat dompet koin dari bahan kanvas, karena waktu membuat tas sama sekali tidak terpikir bikin tutorial. 
 
Untuk dompet koin ini saya memakai kain kanvas polos sebagai bagian luar, dan katun bermotif untuk lining atau lapisan dalam. Masing-masing sebanyak 2 lembar ukuran 40 x 20cm (persegi panjang). Sebuah zipper yang panjangnya kurang-lebih mengikuti lebar kain (20 cm), dan dua buah ring untuk tempat rantai atau tali tas bila suka.
 
Bahan:

a. Zipper
b. Kain kanvas untuk bagian luar
c. Kain motif untuk bagian dalam/lining
d. Dua buah ring atau pita untuk tempat rantai tas
 

1. Susun kain dengan urutan sebagai berikut: kain motif (sisi bagus menghadap ke atas) - zipper (ratakan sisinya dengan bagian atas kain) - kain kanvas (sisi bagus menghadap ke bawah). Saya menyebut susunan ini "sandwich." Lalu jahit sisi yang terdapat zipper dari ujung ke ujung. Hati-hati ketika menjahit zipper. Saya biasa mulai dari ujung, berhenti sebelum zipper, kemudian menancapkan jarum & angkat sepatu jahit untuk membiarkan kepala zipper lewat, setelah itu baru mulai jahit lagi sisanya.

2. Setelah dijahit, ketika dibalik kedua kain tadi akan menyatu seperti di gambar 2.

 step 3

3. Buat "sandwich" seperti di langkah 1, dengan cara melipat kain hingga sisinya rata dengan sisi zipper yang belum terjahit. Kain kanvas di atas zipper dan kain motif (sisi bagus menghadap zipper) di bawah zipper. Kalau bingung bisa lihat contohnya di siniSetelah itu, jahit mengikuti zipper seperti di langkah 1.

4. Setelah kedua sisi zipper terjahit ke kain, buka kain lebar-lebar seperti di gambar 3. Jahit lurus salah satu sisinya mulai dari ujung kain motif sampai ujung kain kanvas.

step 4

5. Sekarang pindah ke sisi lainnya. Lipat sisi kanvas yang masih terbuka hingga membentuk segitiga seperti pada gambar, kemudian tahan memakai klip. Biarkan dulu sisi kain motif terbuka.

6. Jahit sisi kanvas yang sudah dijepit tadi. Kalau zipper-nya kepanjangan seperti punya saya, pastikan kepala zipper tidak menggantung di luar ya.

step 5

7. Setelah bagian kanvas selesai dijahit, lipat bagian kain motif seperti pada langkah 5. Jahit sisi kain motif yang sudah dilipat tadi, tetapi sisakan lubang sekitar 6 cm untuk membalik (juga biasa disebut proses "lahiran").

8. Balik/tarik bagian dalam dompet ke luar (proses "lahiran").

step 6

9. Ini dia dompet kain setengah jadi, setelah kain dibalik.

step 7

10. Tarik kain motif/lining keluar. Tutup sisi yang terbuka bekas "lahiran" tadi dengan cara melipatnya ke dalam, lalu jahit lurus.

11. Selesai! Kalau mau menambah ring, selipkan ring di ujung kain kanvas pada langkah 5 dan 6. Untuk pouch/dompet ini, saya menyelipkan label di bawah.

30-minute-triangle-bag

Happy Sewing! :)

Kategori Terkait


Tag Terkait

2 Komentar
dieta hadi
dieta hadi July 17, 2018 8:46 am

Nah nah pengen nyobain bikin ini tapi malah malas yang keluar haha. Mesin jahit udah kelmaaan nganggur

Cindy Vania
Cindy Vania July 17, 2018 2:33 am

Aaww jadinya lucu banget yaa teh Angie.. Karena segitiga, jadi kayak yang jarang banget gitu orang punya..

Mana jahit sendiri pulak, kereeeenn!

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies