ASI Booster

Oleh Fatimah Berliana Monika pada Senin, 10 Agustus 2020
Seputar Expert Explains
ASI Booster

Question:
Hallo Mama Monik,
Saya ingin bertanya mengenai ASI booster daun bangun-bangun. Setelah mengonsumsi daun ini, ASI saya memang bertambah banyak tapi sayangnya ada efek sampingnya yaitu anak saya jadi susah tidur. Apakah benar ada hubungannya?

Ingin mencoba lagi tapi ragu, untuk ASI booster yg lain sudah pernah dicoba tapi yang cukup menunjukan hasil daun bangun-bangun ini.

ditunggu jawabannya, thank you.

/Dita - [email protected]

---
Dear Mama Dita,

Sepertinya yang dimaksud dengan daun bangun-bangun itu disebut juga daun Torbangun ya, yang nama latinnya Coleus amboinicus leaves.
Penelitian mengenai Torbangun leaves yang berfungsi sebagai booster ASI /laktogog /galaktogog sudah ada, tapi belum cukup kuat bukti bahwa daun Torbangun ini secara signifikan meningkatkan produksi ASI dengan memacu terlepasnya hormon prolaktin Ibu.

"Coleus amboinicus leaves are a traditional galactogogue used in Indonesia called torbangun or bangun-bangun in the local languages.[1] One study of poor quality indicated that it might have some efficacy in mothers who were not instructed in proper technique, thus inadequate to establish activity.[2][3] Galactogogues should never replace evaluation and counseling on modifiable factors that affect milk production.[4] No data exist on the excretion of any components of Coleus amboinicus into breastmilk or on the safety and efficacy of Coleus amboinicus in nursing mothers or infants, although it has been used for hundreds of years in Indonesia with apparent safety. A related plant, Coleus forskohlii, is well tolerated as a supplement."

http://www.drugs.com/breastfeeding/coleus.html

Karena penelitian mengenai efficacy/kemanjuran daun torbangun ini masih sedikit/terbatas, maka efek sampingnya pada Ibu dan bayi juga masih sedikit yang diketahui.

"Effects in Breastfed Infants Relevant published information was not found as of the revision date."

Cara paling mudah untuk mengetahui apakah betul daun bangun-bangun itu membuat anak susah tidur ya dengan menghentikannya sama sekali dan harap diingat efek pada anak tidak instant jadi belum tentu setelah menghentikan selama sehari efek pada anak dapat terlihat.

Hal yang paling penting lainnya, untuk memperbanyak ASI yang utama dengan memperbaiki Manajemen Laktasi, yaitu seberapa sering payudara dikosongkan dengan cara disusui dan atau diperah, dan seberapa baik payudara dikosongkan. Jadi dievaluasi lagi, kenapa perlu mengkonsumsi laktogog/galaktogog seperti daun bangun-bangun ini. Hanya sedikit sekali kasus yang perlu mempertimbangkan penggunaan laktogog ini yaitu misalnya pada kasus Induksi Laktasi (menyusui tanpa kehamilan / kelahiran sebelumnya) dan beberapa kasus berat relaktasi, pikirkan manfaat vs risiko penggunaan laktogog baik bagi bayi maupun Ibu.

Semoga membantu ya. :)
F.B.Monika, @f_monika_b

Fatimah Berliana Monika
Fatimah Berliana Monika

Konselor Laktasi & La Leche League (LLL) Leader of Rochester South NY, US. Lulusan S1 Fakultas Teknik Sipil&Perencanaan ITB & S2 Magister Manajemen Universitas Indonesia.

Kategori Terkait


Tag Terkait

8 Komentar
Fatimah Berliana Monika
Fatimah Berliana Monika July 24, 2015 8:40 am

Mama Fajrin,

Kalau posisi di Jabodetabek ikut Seminar tgl 8 Agt di Jakarta saya bahas Manajemen ASI perah.

-Monik

Fajrin Dina July 24, 2015 8:34 am

sama dengan bunda aisyah, saya skrg juga lagi kejar tayang, mohon tips dan sarannya bunda monik

newbride
newbride December 18, 2014 2:41 pm

mama monik, saya seorang ibu dengan 1 org anak, namanya aisyah 10 mo.. saya adalah ibu bekerja,, sudah pumping , sehari sekitar 4 atau 5 kali,, krn siang saya pulang k rumah, jd saya ga pumping siang hari, setelah kembali k kantor bru lah pumping lagi, dulu asi saya berlebih, sampe kehabisan botol kaca sekitar 150 botol, tp skrg asi saya menyusut, dan jadi kejar tayang,, bingung, hrs gmn, sdh minum hulbah.. tp g ada efeknya, hrs gmn ya?

elmommy September 9, 2014 2:19 pm

untuk asi booster bisa menggunakan daun katuk, nursing tea dan makanan favorit bunda. Hati bahagia, ASI lancar. Seperti konselor monika katakan serink2 lach mengosongkan payudara. Supply and Demand.

Shaz
Shaz September 5, 2014 1:20 pm

ikutan sharring.. daun bangun-bangun kayakna mmg punya efek menenangkan bayi..jadi nya baby ku selama makan daun banung2 doyan banget melek hehe..dan agak rewel ya..secara mmg usia dibwah 3 bln kan tidurnya harus minimal 15 jam..

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies