Bersih dan Wangi di Hari nan Suci

Oleh Woro Indriyani pada Jumat, 30 Juni 2017
Seputar Our Stories
Bersih dan Wangi di Hari nan Suci

Sebagai umat muslim dan tinggal di Indonesia, suasana bulan Ramadhan dan budaya mudik menjelang lebaran menjadi hal yang sangat dirindukan sepanjang tahun. Tak terkecuali bagi saya dan keluarga. Saya sendiri sudah mempersiapkan tiket mudik ke Rembang, Jawa Tengah beberapa bulan sebelum masuk bulan Ramadhan. Hal ini saya lakukan agar rencana bersilaturahmi dengan keluarga di hari raya nanti bisa lebih maksimal.

Tentunya susana lebaran kali ini berbeda dengan lebaran tahun lalu. Rey sendiri sudah makin aktif dan sangat penasaran dengan segala hal. Rasa ingin tahu yang tinggi pada anak usia dini memang merupakan indikator baik untuk tumbuh kembangnya. Maka dari itu sebisa mungkin saya memberikan kebebasan pada Rey untuk memuaskan rasa ingin tahunya. Hanya saja terkadang Rey penasaran pada hal-hal yang cukup membahayakan, jadi saya harus tetap waspada sambil terus menjelaskan kepadanya apa yang sedang dilihatnya atau apa yang mungkin akan terjadi.

Saat mudik lebaran, perbedaan suasana perkotaan dan pedesaan juga menjadi hal yang cukup membuat Rey selalu penasaran. Memberi makan ayam di pagi hari, melihat tetangga memberi makan sapi, mengejar kucing dan melihat kambing merupakan hal yang baru sekaligus menyenangkan bagi Rey. Tak jarang, Rey pulang ke rumah dengan baju kotor atau bau badan yang tidak sedap karena seharian bermain bersama hewan-hewan ternak. Rasanya tidak nyaman sekali jika tiba-tiba ada keluarga atau tetangga yang tiba-tiba bersilaturahmi ke rumah dan menciumi Rey yang baru keluar dari kandang sapi atau kambing. Menyiasati hal tersebut, saya selalu menyiapkan stok baju-baju yang sebelumnya sudah direndam dengan Molto. Tidak hanya untuk Rey, tetapi untuk saya dan sekeluarga, agar suasana hari raya lebih wangi dan menyenangkan.

Dan seperti kebanyakan ibu lainnya, Ibu dan saya juga harus membersihkan rumah sendiri pada saat lebaran, karena ART yang sehari-hari membantu juga pulang kampung untuk lebaran. Tentunya membereskan rumah apalagi urusan dapur menjadi hal yang cukup berat dilakukan sendiri, mengingat makan-makan adalah agenda utama saat lebaran. Setelah kita sebulan penuh berpuasa.

 

Hari raya juga sangat identik dengan makanan berlemak seperti opor ayam, rendang, sambal goreng hati dll. Jadi lumayan membuat repot ketika harus membersihkan peralatan makan dan memasak ketika hari raya, karena minyak dari makanan membuat piring-piring kurang bersih dan tidak kesat saat dicuci. Untungnya ada Sunlight yang membuat noda minyak pada piring dan peralatan makan lainnya cepat hilang. Saya dan Ibu jadi lumayan terbantu, karena jumlah tumpukan cucian piring  kotor lebih cepat diselesaikan.

Walaupun ART sedang mudik, saya dan sekeluarga tetap bisa menikmati hari raya dengan wangi dan bersih, membuat agenda silaturahmi juga lebih menyenangkan. Selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri ya Mama. Jangan lupa kunjungi https://www.1001inspirasiramadhan.com/ untuk mendapatkan informasi seputar hari raya.

10 Komentar
dieta hadi
dieta hadi July 5, 2017 1:20 pm

Asyiknya ya rei mudik, seneng ketemu keluarga disana ya. Aku pun pake molto dan sunlight wor, juara lah pokoknya dan yang terpenting, wangi ahay.

Woro Indriyani
Woro Indriyani July 5, 2017 2:35 pm

Iyaaa akhirnya mudik mba Dieta, alhamdulillah dok THT nya bolehin naik pesawat. Hahahha sunlight sahabatku banget kalo lebaran secara cuci piring mulu kerjaannya haha.

ninit yunita
ninit yunita July 5, 2017 12:11 pm

tosss woro! aku juga pakai white musk! favorit deh. pokoknya pakaian wangi itu wajib! :) bikin happy dan tenang rasanya kalau sholat.

Woro Indriyani
Woro Indriyani July 5, 2017 2:08 pm

wanginya enaaaaak banget ya Teh :) seneng banget kalo lebaran tuh semua orang pasti pada wangi-wangi dan bersih. Jadi silaturahmi juga makin happy :).

Retno Aini
Retno Aini July 3, 2017 5:42 pm

waaahh wangi white musk, favoritku! xD kalau nyiapin baju lebaran itu jadi inget ibuku deh, yg semalam sebelumnya selalu nyiapin baju lebaran buat sekeluarga. Pagi2 bajunya udah wangi rapi.

Woro Indriyani
Woro Indriyani July 5, 2017 2:07 pm

Iyaaaa ini sepertinya wangi favorit. Lebaran itu memang identik dengan menyiapkan baju yang bersih dan wangi yah. Sama banget hehe dari semalem baju semua disetrika trus disusun-susun biar mudah mengambilnya dan ga lecek.

musdalifa anas
musdalifa anas July 3, 2017 10:45 am

Sama, selalu menyenangkan ya kalau mudik ituc anak-anak excited banget lihat sapi, kambing, ayam berkeliaran dekat rumah, kadang mereka pengen ikut tangkap ayam :D

Selamat berlibur dan berlebaran ya Rey. Toss dulu, di rumah jg pakai sunlight, molto, rinso untuk urusan bebersih pakaian dan peralatan rumah :)

Woro Indriyani
Woro Indriyani July 3, 2017 11:37 am

hal-hal yang jarang dilihat di sekitar rumahnya ya sapi, ayam, kambing hehe gapapa lah ya berkotor-kotor yang penting anak bisa lebih banyak tau cara kasih makan hewan, ke kandang hewan dll.

Cindy Vania
Cindy Vania June 30, 2017 9:52 am

Rey pasti happy banget yaa bisa lihat banyak hewan-hewan di pedesaan.

Paling seru kalau lihat kerbau atau bebek yang mau ke sawah atau pas mereka pulang. :D

Woro Indriyani
Woro Indriyani July 3, 2017 11:36 am

ya ampun ga pulang-pulang mba haha seneng banget mudik kali ini, soalnya dia uda mulai aktif kesana-kemari ngejar ayam :)