Cheese Ball

Oleh iing pada Jumat, 15 Juli 2011
Seputar

Saya paling suka bikin cheese ball. Bahannya gampang, bikinnya simple, rasanya enak dan gizinya tinggi. Berikut resepnya :

Bahan:


  • 100 gram margarin Blue Band.

  • 100 gram bawang bombay cincang.

  • 200 gram daging ayam cincang.

  • 100 gram tepung terigu.

  • 300 ml susu cair.

  • 100 gram keju leleh, dipotong kecil-kecil.

  • 100 gram keju cheddar parut.

  • Garam, gula, merica, pala halus secukupnya.

  • 2 butir kuning telur.

  • Tepung terigu secukupnya untuk tabur.

  • 1 butir telur kocok lepas.

  • Tepung roti secukupnya.

  • Minyak goreng secukupnya.

  • Pelengkap: cabai rawit, mayonnaise.


Cara membuat:

  • Panaskan margarin Blue Band. Tumis bawang sampai layu.

  • Masukkan daging ayam. Aduk-aduk.

  • Masukkan terigu. Aduk-aduk dengan api kecil.

  • Masukkan susu. Aduk rata sampai lembut.

  • Masukkan keju, garam, gula, merica, pala. Masak sampai kental.

  • Masukkan kuning telur. Aduk rata. Angkat. Biarkan dingin.

  • Bentuk adonan bulat kelereng. isi dengan sepotong keju leleh di dalamnya.

  • Tabur tepung terigu. Celup telur. Gulingkan di tepung roti.

  • Goreng dengan minyak panas sedang sampai berwarna kuning kecoklatan. Angkat.

  • Sajikan dengan cabai rawit atau mayonnaise.


Bahan-bahan di atas bisa juga diganti atau di variasi sesuai dengan isi lemari es. Selamat mencoba, Mama!

Kategori Terkait


Tag Terkait

11 Komentar
DenaBask June 30, 2012 9:54 pm

ngunyah cheese ball kaya gini ga bakal berenti sebelum habis

liagitaprajoko
liagitaprajoko July 18, 2011 10:47 am

sekedar saran, agar lebih sehat, margarine Blue Band sebaiknya diganti dengan butter unsalted, minyak goreng menggunakan minyak zaitun/olive oil (bukan yg dari kelapa sawit), daging ayam menggunakan daging ayam kampung/organik, telur menggunakan telur ayam kampung/organik, garam bisa ditiadakan krn sudah ada keju :-)

tince
tince July 18, 2011 10:38 am

udah bikin weekend kemarin, enyakkkkk enyakkkk enyakkkk, hehehehe.... anakku Kirana 11m aja doyan bgd! hehehehe

Retno Aini
Retno Aini July 15, 2011 1:07 pm

Huwaaa bukan ? Oh ada 2 ya ternjata *malu* *melipir ke kolong meja* *kepret muka sendiri pake serbet*

iing
iing July 15, 2011 1:16 pm

hkhkhk.. ini iing cewek yaa.. soalnya sering keliru2 juga dikiranya cowok.. :P

Retno Aini
Retno Aini July 15, 2011 10:09 am

Wuoooww, papa melon jago masak ! eh cheeseball ini teh sama kayak bitterballen kan ? Memang paling enak kalo pake blueband, legitnya pas. Jadi kangen bikin... bikin ah :D

Oci Rajagukguk Dewono
Oci Rajagukguk Dewono July 15, 2011 10:43 am

Err Ai, kayanya ini Iing yg bkn Papa Melon deh hihi

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini