Theurbanmama

Financial Check Up with Prita Ghozie

Senin, 07 Agustus 2017

Salah satu peran krusial sorang ibu di rumah adalah menjadi menkeu alias menteri keuangan. Mengatur keuangan keluarga sangat berbeda ketika dulu sebelum menikah. Beruntung, beberapa hari lalu saya mendapat undangan dari The Urban Mama untuk menghadiri acara TUM Bloggers Meet-Up yang temanya adalah Financial Check-Up. Tanpa pikir panjang saya langsung konfirmasi untuk datang karena sadar kalau saya perlu menambah ilmu keuangan. Kali ini narasumbernya adalah salah satu financial educator tersohor di Indonesia, Prita Ghozie. Wajah cantik dengan tubuh mungilnya sering menghiasi layar televisi pada acara yang berhubungan dengan keuangan. Acara ini juga diselenggarakan oleh the urban mama yang bekerjasama dengan VISA di restoran Attarine, Jakarta Selatan.

Suasana cukup ramai tetapi cukup nyaman. Tempat duduk yang disediakan oleh panitia pun dipenuhi oleh para blogger yang sudah tidak sabar ingin mendengar pemaparan dari mbak Prita. Banyak sekali ilmu yang kami dapatkan pada hari itu. Berikut catatan kecil saya dari materi “Financial Check Up”.

Ada empat permasalahan keuangan yang sering terjadi:

  1. Bad habit. Contoh: sering tergoda belanja yang bukan kebutuhan.
  2. High Lifestyle. Contoh: gaya hidup di kota besar cukup tinggi. Yang menjadi masalah adalah tuntutan gaya hidup yang sering melampaui batas kemampuan.
  3. Debt Size. Salah satu efek dari gaya hidup adalah memiliki utang yang besar karena memaksakan diri untuk memiliki gaya hidup tertentu.
  4. Inflation

Untuk mencapai keuangan yang ideal ada lima hal yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Financial check up yang meiliputi tabel kekayaan bersih, tabel arus kas, hubungan rasio-rasio keuangan dasar.

Manfaat Dana Darurat adalah untuk dipakai disaat hal-hal yang terjadi di luar dugaan. Seperti butuh biaya ke dokter yang tidak bisa ditunda, musibah bencana alam, kerusakan peralatan rumah tangga, perawatan rumah yang sifatnya darurat. Dana darurat yang ideal adalah minimal 3x lipat dari pengeluaran rutin bulanan. Maka dari itu sangat disarankan untuk menyisihkan minimal 10% dari pendapatan per bulannya.

  1. Mengatur Utang

Financial check up tidak perlu terlalu sering dilakukan. Cukup sekali setahun yang sebaiknya dilakukan di bulan Januari sebagai bentuk evaluasi dari kondisi keuangan tahun lalu dan juga supaya bisa mengatur keuangan lebih baik lagi untuk jangka ke depannya. Kondisi keuangan yang paling ideal adalah aset kita bertambah 10% setiap tahunnya.

  1. Membuat Anggaran Belanja
  2. Merencanakan Keuangan

Last but not least, berikut alokasi ideal dalam mengatur keuangan yang bijak.

Demikian beberapa catatan mengenai financial check up bersama mbak Prita Ghozie. Yang pasti, mempraktikkan tidak semudah menulis rangkumannya. Semoga ulasan saya ini bisa bermanfaat bagi urban mama semua dalam mengatur keuangan rumah tangganya ya.

Oh ya, untuk informasi lebih lanjut tentang keuangan keluarga, urban mama bisa mengikuti akun instagram @ibuberbagibijak. Ikuti juga kontes foto bertemakan “Kemerdekaan Keuangan Keluarga” yang akan diselenggarakan di akun instagram @ibuberbagibijak dengan hadiah jutaan rupiah.

Related Tags : ,,,
Apa Reaksi Anda ?
11 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.