Theurbanmama

Idealkah BB Anak Saya?

Dokter Eva,

Saya baru mempunyai anak, baby Khansa 10 bulan 2 minggu. Saat ini BBnya 7,7 kg
Khansa lahir 35w dengan BB 2,5 kg secara SC karena KPD.

Berikut data berat badannya:
1m3w 3,5kg
2m2w 4,6kg
3m2w 5,3kg
4m2w 6kg
5m2w 6,5kg
6m2w 7kg
9m2w 7,7kg

Apakah ideal/normal berat badan anak saya karena melihat growth chartnya seperti gagal tumbuh. Khansa ASI s/d 3bln kemudian ditambahkan formula karena ASI perah saya tergolong sedikit, mulai MPASI usia 5m2w dimulai dengan pure buah dll, saat ini MPASI dua kali makan nasi tim saring (pagi & sore), dua kali makan buah (siang dan malam) dan masih suka diselingi camilan, ASIP dan PASI kurang lebih 450-500cc 10-11jam sy bekerja (saat ini lebih suka makan dibanding minum susu, butuh kesabaran extra untuk menghabiskan 90-120cc PASI).

Saya ibu baru yang masih dan terus belajar mengenai tumbuh kembang anak, dengan membaca artikel-artikel TUM banyak membantu saya dari mulai breastfeeding, MPASI, dan hal lainnya. Untuk itu mohon advisenya Dok mengenai pertanyaan saya.

Terima Kasih
Tri Puspiyani
[email protected]

---

Terima kasih atas pertanyaannya Mama Khansa.
Pertambahan berat badan memang akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia baby. Kenaikan paling banyak memang di 3 bulan pertama, setelah itu mulai berkurang dan pada usia 6-9 bulan kenaikan berat badan rata-rata 300-500 mg/bulan, 9-12 bulan rata-rata 100-300 mg/bln. Jadi kalau dilihat pertumbuhan Khansa dari usia 6-9 bulan kurang sedikit saja. Tapi kalau lihat berat badannya waktu lahir tidak terlalu besar, berat badan saat ini masih cukup, Ma. Mungkin karena frekuensi makan besarnya yang masih 2x sehari.

Untuk usia 9 bulan keatas sudah harus 3x makan besarnya (nasi tim), buah cukup 1x, 1x lagi snacking yang lain (biskuit, puding dll). Frekuensi minum susu pasti berkurang tapi minimal masih bisa 3-4x sehari. Mudah-mudahan dengan jadwal makan seperti ini, berat badannya bisa naik sesuai target.

Related Tags :
Apa Reaksi Anda ?
7 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.