Kapan Bayi Bisa Digendong Samping?

Oleh dr. eva devita pada Rabu, 29 September 2010
Seputar Expert Explains

Q:  Halo Dokter Eva...
1. Kapan bayi laki-laki sudah bisa digendong samping/ dipekeh?
Bayi saya berumur 8 bulan 10 hari.


2. Anak saya belum mau makan nasi tim. Maunya bubur halus. Kenapa ya, Dok?

Terima kasih sebelumnya ya, Dok. 
- Pertanyaan dari Bunda Linda Eko Fatmayanti. 


A: Terima kasih atas pertanyaannya Mama Linda.


1. Bayi sudah mulai dapat digendong "dipekeh" (menghadap ke depan) bila kepalanya sudah kuat (tidak ada head lag) dan mampu untuk didudukkan walaupun masih goyang kanan kiri.

2. Bayi usia 8 bulan, semestinya sudah diperkenalkan dengan makanan yg lebih padat dari bubur susu, seperti tim saring (lebih halus dari tim tapi masih ada tekstur kasarnya). Ini untuk membantu bayi mengenal perubahan tekstur dan juga untuk merangsang pertumbuhan giginya. Bila bayi menolak, tidak apa-apa dan bisa dicoba lagi keesokan harinya. Ini bukan berarti dia tidak bisa atau tidak mau. Bayi masih belajar makan, jadi perlu perlahan-lahan diperkenalkan dengan hal-hal yang baru termasuk juga berbagai variasi rasa agar dia tidak bosan.

Selama bayi tidak muntah bila makan makanan yang lebih padat, tandanya saluran pencernaannya tidak ada masalah. Hanya masalah keterampilan dia untuk makan makanan yang lebih padat yang masih perlu dilatih.
Semoga pertanyaannya terjawab ya.


--


if you have question to our resident doctor, please don't hesitate to send it to us.

Kategori Terkait


Tag Terkait

9 Komentar
Rimba Mustikowati December 5, 2019 10:09 am

Dok anak saya usianya sudah 9 bulan..tapi bia habis operasi ditulang ekor nya . Apa sudah boleh dipekeh ya dok ?? Operasinya bulan 9 kemarin

Ratna M Widharna May 21, 2012 11:11 am

Dok, kalau baby digendong dengan ergo baby atau sleepy wrap, menghadap ibu (metode hug the baby),kaki mengangkang kiri kanan, apakah tidak akan membuat baby nya nanti jalannya mengangkang? saya ingin gendong baby saya pakai sleepy wrap/ergo baby posisi itu, tapi babysitter saya selalu marah-marah, katanya harus di atas 9 bulan. baby saya saya sekarang umur 7 bulan 5 hari (berat 6,21 kg). Mulai kapan baby boleh pakai sleepywrap atau ergo (dengan posisi mengangkang)? Makasih

Eva Devita Harmoniati, dr. October 2, 2010 10:26 am

untuk posisi gendong duduk depan atau menghadap ke ibunya dengan menggunakan sleepwrap sebaiknya setelah kepala bayi sudah kuat untuk tegak dan punggungnya cukup kuat, sekitar usia 4-6 bulan.

ratu fitri
ratu fitri September 30, 2010 7:54 pm

kalo utk gendong duduk depan ato menghadap ke ibunya dengan menggunakan alat bantu sperti sleepywrap itu usia brp bulan ya dok?
thanx

Eva Devita Harmoniati, dr. September 30, 2010 10:40 am

yang saya sampaikan diatas adalah dalam kasus bayi atau anak yang perkembangan motoriknya normal, kalau ada keterlambatan atau tidak normal tentu harus diperlakukan berbeda dan harus mendapatkan assessment dari dokter sebelumnya supaya tidak salah.