Menambah Pengetahuan Lewat Ensiklopedia Pertamaku

Oleh Imelda Sutarno pada Sabtu, 20 Januari 2018
Seputar Book Reviews
Menambah Pengetahuan Lewat Ensiklopedia Pertamaku

Di awal tahun ini, saya ingin merekomendasikan buku serial pengetahuan untuk anak-anak, terutama bagi Urban Mama yang memiliki anak balita. Serial ini berjudul Ensiklopedia Pertamaku.

Ensiklopedia Pertamaku

Seri Ensiklopedia Pertamaku terdiri atas 16 judul buku, di antaranya adalah Kehidupan Dinosaurus, Dunia Hewan, Mengenal Angka, Gunung, Peternakan, dan masih banyak lagi. Secara keseluruhan isinya adalah pengetahuan umum yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan si kecil.

Ensiklopedia Pertamaku

Seri buku ini dibuat dalam ilustrasi gambar yang penuh warna, sehingga menarik dan mudah dipahami anak-anak. Memang tema yang dimuat dalam buku ini berbeda dengan kebudayaan dan kondisi lingkungan Indonesia, misalnya pada buku berjudul Gunung yang menceritakan kondisi gunung di saat musim salju dan musim semi, serta apa saja kegiatan yang dilakukan selama musim tersebut. Konteksnya adalah negara-negara di benua Eropa dan Amerika, namun menurut saya ini bagus untuk menambah wawasan anak-anak. Ketika salju, diceritakan mulai dari olahraga ski dan segenap perlengkapan yang harus dipunyai. Ketika musim semi, maka gunung berubah menjadi tempat hiking dan piknik yang asyik. Diceritakan pula jenis hewan dan tumbuhan yang biasa hidup di gunung seperti kambing ibex, buah blueberry dan bunga azalea.

Ensiklopedia Pertamaku

Dalam buku Mengenal Angka, adik-adik balita diajak belajar mengenal angka dan penjumlahan dengan cara menghitung jumlah aneka hewan khas yang hidup di berbagai belahan bumi. Misalnya kanguru dari Australia, jerapah dari Afrika, panda dari Cina, dan lainnya. Di akhir buku, adik-adik diajak bermain dengan mencocokkan antara jumlah hewan pada gambar dan lambang bilangan yang tersedia.

Ensiklopedia Pertamaku

Ensiklopedia Pertamaku

Walau seri buku Ensiklopedia Pertamaku ini diperuntukkan bagi anak usia balita, Lintang dan Alun tidak keberatan memiliki serial ini karena mereka tertarik dengan cerita dan pengetahuan baru seputar lingkungan di luar Indonesia. Sekarang sebelum tidur mereka selalu minta dibacakan dan sibuk bertanya ke saya akan hal-hal baru yang mereka pelajari dari buku tersebut.


Judul buku: Ensiklopedia Pertamaku
Pengarang: Emilie Beaumont
Ilustrasi : Sylvie Michelet
Alih Bahasa: Ida Budipranoto
Penerbit: Bhuana Ilmu Populer

Imelda Sutarno
Imelda Sutarno

A working mom with two gorgeous krucils. Suddenly love the outdoor recreations as an impact of married with her scuba diver husband, Bambang. Take the kids from beach to the hill, from forest to the waterfall, will always give her (and her husband) joy and enthusiastic. Cooking isn’t her middle name but always trying to give her family the best food that she can. Now she lives in Jakarta.

6 Komentar
ninit yunita
ninit yunita January 23, 2018 8:06 am

ih bagus amat ini bukunyaaa! thanks udah review yaaa mel.

Imelda Sutarno
Imelda Sutarno January 24, 2018 12:07 pm

sama-sama ya mbak :)

Agatha Nuri Prasanti
Agatha Nuri Prasanti January 22, 2018 9:44 am

Waaahhh menarik banget nih buku-bukunya...kayaknya bakal cocok untuk anakku yang lagi seneng banget tanya semua hal :D Makasih reviewnya ya Mbak Imelda :)

Imelda Sutarno
Imelda Sutarno January 24, 2018 12:06 pm

sama-sama mama Agatha :)

Cindy Vania
Cindy Vania January 20, 2018 7:59 am

Seri ini bagus yaa mba Imel. anak-anak juga punya bukunya, gambarnya bagus dan kalimatnya mudah dimengerti sama mereka :D

Imelda Sutarno
Imelda Sutarno January 24, 2018 12:06 pm

betul mbak cindy..yuk koleksi semuanya :)