Menghitung Perkiraan Biaya Pendidikan Anak

Oleh Zara pada Selasa, 20 November 2018
Seputar Tips
Menghitung Perkiraan Biaya Pendidikan Anak

Kalau mendengarkan acara Financial Planning di media elektronik ataupun ikutan seminar Financial Planning, ada satu istilah yang sering disebut-sebut oleh sang Financial Planner: Future Value. Menghitung Future Value ini sering dipakai untuk memperkirakan biaya di masa depan berdasarkan biaya pada saat ini. Misalnya, menghitung biaya pendidikan anak 10 tahun mendatang berdasarkan biaya pendidikan anak saat ini. Setelah kita mendapatkan gambaran/target biaya pendidikan yang diperlukan di masa depan, baru deh kita bisa menghitung kira-kira berapa dana yang harus kita investasikan untuk mencapai target tadi.

Menurut Kontan.co.id September 2010, biaya pendidikan setiap tahun naik 20%. Hal inilah yang perlu jadi pertimbangan saat menyiapkan biaya pendidikan anak. Mungkin kita berpikir, "Sudah siap dengan tabungan pendidikan kok. Saat anak saya kuliah nanti, uangnya akan cair senilai 50 juta rupiah." Alhamdulillah. Tapi kalau anak kita baru akan masuk kuliah 10 tahun lagi, apakah uang itu akan cukup? Di sinilah hitung-hitungan Future Value jadi bermanfaat. Karena itulah saya pun mulai mencari kenalan yang bisa mengajarkan saya cara memperkirakan biaya pendidikan anak saya.

Awalnya saya bertanya pada seorang kenalan yang juga seorang agen asuransi. Tapi setelah dijelaskan cara menghitungnya, rumusnya malah bikin mumet. Sebenernya dihitung dengan kalkulator finansial juga bisa, tapi tidak praktis untuk saya yang tidak punya kalkulator finansial. Akhirnya setelah browsing di internet, saya baru ngeh kalau kita bisa menghitung Future Value hanya dengan Microsoft Excel. Setelah saya cek ke kenalan saya tadi, ternyata hasil hitung-hitungan dengan rumus yang bikin mumet tadi tidak beda dengan hasil hitung-hitungan dengan Microsoft Excel. Jadi insya Allah bisa diandalkan nih... But please do correct me if I'm wrong. Namanya juga belajar.

Untuk contoh ini saya akan menggunakan Microsoft Excel 2007.

Contoh:
Asumsi biaya kuliah anak dari masuk sampai lulus (tidak terbatas pada uang pangkal tapi juga termasuk biaya tambahan lain yang mungkin ada seperti kos, buku, dll) adalah Rp 100.000.000,-. Anak anda akan masuk kuliah 10 tahun lagi. Perkiraan biaya pendidikan setiap tahun naik 20%. Cara menghitungnya:

1. Klik Formula > Financial > FV

2. Masukkan data yang anda miliki. Untuk contoh ini, data yang dimasukkan adalah:

    • Rate: kenaikan dana dalam setiap periode yang ditentukan. Di kasus ini, kenaikan biaya pendidikan adalah 20%, jadi masukkan data 0,2.
    • Nper: periode yang diinginkan. Untuk kasus ini, masukkan angka 10 (untuk 10 tahun).
    • Pmt: jumlah pembayaran. Untuk kasus ini dikosongkan saja.
    • Pv: Present Value alias nilai uang pada saat ini. Untuk kasus ini, masukkan 100.000.000.
  • Type: Untuk type payment pada kasus ini masukkan angka 0.

 

3. Klik OK

Angka yang muncul adalah 619.173.642. Jadi asumsi biaya pendidikan anak anda 10 tahun mendatang bila urban Mama Papa memperkirakan biaya pendidikan yang dibutuhkan kuliah anak anda adalah Rp 100.000.000,- dengan nilai uang pada saat ini adalah lebih dari Rp 600 juta.

Silakan mencoba sendiri dengan data yang dimiliki. Setelah sudah mengetahui asumsi biaya pendidikan anak, semoga urban Mama Papa bisa lebih baik mempersiapkan dana yang dibutuhkan.

Selamat berhitung.

54 Komentar
Yulia Ardelia August 24, 2018 12:07 pm

Hi mom's.. ikut share aja
Td mom Zara sdh share how to nya menghitung Future Value nya. Pas liat angkanya kan seru tuh yaa.
Biar asikk yuk aq ikutan share gimana nih ngitung setiap tahun atau bulannya kita sebenernya nyisihin berapa ya biar kekejar tuh angka2 seru nya.
Nah FV nya kan sdh ketemu mom's, dimasukin deh dibagian FV. Trs periode nya Kita masukin sesuai jangka waktu yg dibutuhin. Mis anak Kita baru usia 1 thn dan bust persiapan kuliahpas nanti 17 thn, berarti angka 16 dimasukin deh mom's di bagian periode (n).
Trs dibagian i nya dimasukin angka ROi (nah ini tergantung mom's pake apa buat nyiapinnya). Trs tinggal klik PMT nya. Taraaa keluar deh angka yg Kita harus sisihin.

Kalo udah tau gini berapa yg harus disisihin jd g berat lagi ya mom's

bunda bumi
bunda bumi January 5, 2013 4:27 pm

terima kasih.. bermanfaat sekali share nya

mizmez
mizmez July 17, 2011 10:50 am

sudah ngitung....keluarnya: 2,965,701,409.09........*sesak napas*

suami langsung pusing

saya langsung heboh nyuruh adek lelaki satu"nya buat segera invest mumpung belum nikah hihihi

tfs yaa mbakkkk....

mizmez
mizmez July 17, 2011 10:01 am

nowel suami *nyuruh baca postingan ini

Sagita Zakiah Putri
Sagita Zakiah Putri April 17, 2011 12:08 am

tfs mbak... hix.. itu 600juta bentuk duit semua dapet darimana coba? *pusingggg*

harus mulai inves LM ya...

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies