Theurbanmama

ORI 010 atau KW 010?

Sekarang lagi heboh iklan bank, ramai menjual ORI 010.
Kalau ngobrol sama ibu-ibu gaul, mereka malah pada heboh nanya balik pada saya, “ORI 010 apa KW 010? Kita sih hanya ngerti nya tas ORI :).”

Jadi apa sih sebenarnya ORI 010 itu?
ORI singkatan dari Obligasi Ritel Indonesia.
010 adalah kali ke-10 sudah obligasi negara ritel ini diluncurkan.

ORI sendiri adalah obligasi (surat hutang) negara yang dijual kepada individu/perseorangan warga negara Indonesia melalui agen penjual (bank) di pasar perdana. Obligasi (surat hutang) negara, minimal pembeliannya adalah sebesar 1M. Nah, ORI ini adalah versi mini-nya, kita bisa beli dengan angka yang lebih kecil karena dijual ritel. Pembelian minimum hanya sebesar Rp 5jt, maksimal Rp 3M (untuk pembelian di pasar perdana). Pasar perdana maksudnya di periode tertentu saat pembukaan awal, untuk ORI 010 pasar perdananya pada tanggal 20 September s/d 4 Oktober 2013. Di periode ini, kita bisa mulai memesan, kepastian dan informasi apakah kita dapat jatah akan diumumkan pada tanggal 7 Oktober 2013. Apabila kita kehabisan jatah, masih bisa membeli ORI 010 ini di pasar sekunder, di Bursa Efek Indonesia namun tentunya dengan harga yang sudah berbeda dengan penawaran di pasar perdana.

Berikut adalah informasi mengenai ORI 010:

Setelah mendapatkan informasi lengkap soal ORI 010 ini, lalu apa yang harus dilakukan? Tentunya setiap produk keuangan memiliki kelebihan dan kekurangan. Yang terpenting, mengetahui dengan details produk ini seperti apa, risikonya, dan fungsinya dalam rencana keuangan kita, sesuaikan dengan jangka waktu nya juga.

Kelebihan ORI 010:

Kelemahan ORI 010:

Jadi, sudah lebih paham kan dengan ORI 010 ini? Apabila berminat beli ORI 010, artinya kita turut membantu negara untuk menghimpun dana demi pembangunan. Sehingga pembangunan dapat dilakukan dari dana sendiri, dan ketergantungan kita pada hutang luar negeri dapat perlahan dikurangi. Keren kan?

Related Tags : ,,
Apa Reaksi Anda ?
10 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.