Pasca C-Section

Oleh dr. Riyana Kadarsari, SpOG pada Senin, 22 April 2013
Seputar Expert Explains

Dear dr Riyana,
Dok, bagaimanakah cara menghilangkan trauma pasca operasi caesar? Saya ingin hamil lagi tapi rasanya masih terbayang dan rasanya takut untuk melahirkan dan dioperasi lagi.

Terima kasih, Dok.
-
Aneu
Email Address: [email protected]

---

Hai Mama Aneu,
Sebagian kita merasakan trauma pasca melahirkan baik itu normal maupun sesar. Coba ingat dulu baik-baik apa yang membuat kita merasa tidak nyaman dengan persalinan kita sebelumnya agar kita selalu belajar dari pengalaman.


Mungkin bukan sekadar rasa nyerinya, karena persalinan normal pun sebagian kita trauma karena nyerinya.

Tapi mengapa sebagian ibu-ibu lainnya sepertinya bisa menjalankan kehamilan dan persalinannya dengan lebih menyenangkan?


Kalau saya amati, sebagian trauma disebabkan kurangnya pengetahuan kita sendiri terhadap bagaimana menjaga kehamilan, mempersiapkan mental untuk persalinan, menyusui, dan mengurus bayi baru lahir, sehingga biasanya kita hanya mempersiapkan secara fisik saja, perlengkapan bayi dsb. Padahal itu sangat tidak cukup. Sehingga seolah-olah kita kehilangan kontrol atas diri kita sendiri saat hamil dan melahirkan, begitu pula kurang paham saat menyusui.


Pengalaman yang lalu juga ditakuti, cobalah beberapa upaya healing trauma, banyak caranya ada yang mengikuti terapi spt TAT, hypnoterapi, relaksasi dsb.
Cobalah tulis apa yang menjadi ketakutan Anda, apa yang waktu itu kurang Anda lengkapi.


Tips dari saya:


    1. Mulai timbalah ilmu, knowledge is power, dengan ilmu Anda memahami fisiologi tubuh anda selama hamil, bersalin, dan menyusui. Tidak cukup dengan kunjungan ke dokter atau bidan. Banyaklah membaca baca buku-buku kesehatan.


    2. Mulai pola hidup sehat sehingga risiko kehamilan kita termasuk risiko rendah.


    3. Lakukan exercise sebelum dan bahkan saat hamil. Supaya stamina badan Anda tetap terjaga dan elastis,


    4. Latih napas Anda dengan berbagai teknik relaksasi, supaya kehamilan lebih tenang, lebih nyaman, dan Anda terkoneksi dengan diri dan bayi dalam kandungan. Bayangkan dan yakini bahwa Anda berdua adalah tim yang solid.


    5. Terakhir berpasrah diri, ikhlas apapun ujung akhir cerita persalinan Anda, normal atau sesar sekalipun sadarilah ketika Anda sudah memberdayakan diri akan menuai hasilnya dengan lebih tenang menyambut bayi Anda ke dunia.



Selamat mencoba, semoga kehamilan berikutnya lebih indah dan lancar.

Kategori Terkait


Tag Terkait

5 Komentar
Inaz Kayyisa April 24, 2017 1:17 pm

Hai dok.. saya menjalani c-sect bulan juli tahun lalu.. sampai sekarang kadang jahitannya terasa nyeri, terutama dibagian dalam.. seringnya baru terasa saat malam sebelum tidur. Kenapa ya dok? Apakah berbahaya? Trimakasih ^^

Hi mommies.. salam kenal yaa :)

Ninit Palupi October 31, 2013 7:08 pm

Mulai dari sekarang harus cari tau soal bersalin c-sect lg. Klo-klo memang ga bisa VBAC. Karena bener kata dokter, paling tidak, kita sudah memberdayakan diri...

Pia Gabriella
Pia Gabriella April 26, 2013 7:25 pm

Setuju dok :)
Penting buat berdayakan diri ,dulu lahiran kenes aku mesti sc karena sungsang tp dipersiapkan mental nya dengan hypnobirting d RS tempat ku lahoran ,so meski sc aku ga ngerasain any trauma .

zata ligouw
zata ligouw April 25, 2013 12:53 am

Makasih dok. Setuju banget sama tipsnya, terutama yang nomor 5, berpasrah diri, karena apa pun persiapan yang sudah kita lakukan, pada akhirnya ya harus pasrah biar lebih tenang..

Eka Gobel
Eka Gobel April 24, 2013 12:01 am

terima kasih tips nya dokter, semoga berguna bagi para mama yg sedang hamil dan berencana melahirkan dengan cara csec.