Theurbanmama

Pasca C-Section

Dear dr Riyana,
Dok, bagaimanakah cara menghilangkan trauma pasca operasi caesar? Saya ingin hamil lagi tapi rasanya masih terbayang dan rasanya takut untuk melahirkan dan dioperasi lagi.

Terima kasih, Dok.
-
Aneu
Email Address: [email protected]

---

Hai Mama Aneu,
Sebagian kita merasakan trauma pasca melahirkan baik itu normal maupun sesar. Coba ingat dulu baik-baik apa yang membuat kita merasa tidak nyaman dengan persalinan kita sebelumnya agar kita selalu belajar dari pengalaman.


Mungkin bukan sekadar rasa nyerinya, karena persalinan normal pun sebagian kita trauma karena nyerinya.

Tapi mengapa sebagian ibu-ibu lainnya sepertinya bisa menjalankan kehamilan dan persalinannya dengan lebih menyenangkan?


Kalau saya amati, sebagian trauma disebabkan kurangnya pengetahuan kita sendiri terhadap bagaimana menjaga kehamilan, mempersiapkan mental untuk persalinan, menyusui, dan mengurus bayi baru lahir, sehingga biasanya kita hanya mempersiapkan secara fisik saja, perlengkapan bayi dsb. Padahal itu sangat tidak cukup. Sehingga seolah-olah kita kehilangan kontrol atas diri kita sendiri saat hamil dan melahirkan, begitu pula kurang paham saat menyusui.


Pengalaman yang lalu juga ditakuti, cobalah beberapa upaya healing trauma, banyak caranya ada yang mengikuti terapi spt TAT, hypnoterapi, relaksasi dsb.
Cobalah tulis apa yang menjadi ketakutan Anda, apa yang waktu itu kurang Anda lengkapi.


Tips dari saya:


Selamat mencoba, semoga kehamilan berikutnya lebih indah dan lancar.

Related Tags : ,
Apa Reaksi Anda ?
5 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.