Persiapan Rumah Saat Ramadan Menyambut Hari Raya

Oleh ninit yunita pada Kamis, 16 Mei 2019
Seputar Tips
Persiapan Rumah Saat Ramadan Menyambut Hari Raya

Benar, Hari Raya memang masih lama. Tapi menurut saya, tidak ada salahnya loh kalau kita menyiapkan rumah dari sekarang. Keuntungannya? Waktu yang kita miliki sangat leluasa, tidak terburu-buru. Kita bisa mencicil waktu untuk membereskan rumah dan merapikan rumah. Sehingga saat ada saudara atau teman yang berkunjung di Hari Raya, rumah kita menjadi lebih nyaman untuk tempat bersilaturahmi. 

Ada hal yang bisa urban Mama lakukan:

1. Membereskan Rumah dengan Metode Konmari

Tentunya urban Mama sudah mengenal Metode Konmari kan? Kalau selama ini Mama belum melakukannya, bulan Ramadan adalah bulan yang tepat untuk membereskan rumah dengan metode Konmari. Yuk! Mulai dari isi lemari baju. Kumpulkan semua baju dari semua lemari di satu ruangan dan mulai memilih mana baju yang masih terpakai atau sparks joy dan pilih mana baju yang sudah jarang atau tidak terpakai. Untuk baju yang tidak terpakai, yang masih layak pakai bisa Mama donasikan untuk saudara-saudara kita yang masih membutuhkan. Mungkin ada orang di lingkungan sekitar tempat tinggal Mama yang memerlukannya atau Mama juga bisa donasikan ke panti.

image source: https://konmari.com/pages/about

Mama pasti kagum deh karena betapa banyak baju yang direduksi dari lemari. Rumah terasa lebih lapang. Setelah baju, lanjutkan dengan buku-buku, dan barang-barang lain di rumah. Lakukan pelan-pelan agar tidak menjadi beban bagi Mama. Setelah membereskan rumah, Mama pasti akan takjub betapa Metode Konmari ini sparks joy. Kualitas hidup Mama dan keluarga akan meningkat dan bonusnya, bisa berbagi di bulan suci Ramadan.

2. Bersih-bersih Ekstra

Coba lihat-lihat lagi beberapa tempat atau barang di rumah yang luput dibersihkan selama ini. Apakah Mama ingat kapan terakhir kali membersihkan mesin cuci? Coba intip toko online favorit Mama dan beli pembersih mesin cuci. Bagaimana dengan kasur dan sofa? Mungkin sudah saatnya memanggil cleaning service untuk mengusir debu dan tungau di kasur.

3. Cat Rumah

Percaya deh, salah satu hal paling ampuh yang membuat rumah "segar" kembali adalah dengan mengecatnya. Di Ramadan ini, mengecat rumah bisa menjadi ide yang menarik agar rumah Mama kembali bersinar. Suasana penghuni rumah pasti akan berubah menjadi lebih menyenangkan dengan kondisi rumah setelah dicat. Kalau memang urban Mama ada waktu dan tenaga, Mama bisa mengecatnya sendiri. Mungkin saat weekend bersama urban Papa. Daripada menjadi penonton, si kecil bisa juga loh diajak terlibat.

4. Tanaman Dalam Ruangan

Persiapan Rumah Saat Ramadan Menyambut Hari Raya

Kalau Mama rajin melihat Instagram, pasti sering melihat kalau tanaman di dalam ruangan bisa secara instan menjadikan rumah lebih cantik. Kalau Mama tergolong pemula dalam merawat tanaman, coba dengan Sirih Gading/Sirih Belanda dan Lidah Mertua yang banyak manfaatnya.

 

Saya selalu percaya kalau segalanya berawal dari rumah. Rumah adalah bagian perjalanan dalam hidup berumah tangga. Jadi, yuk! Kenapa harus tunggu untuk menyiapkan rumah dalam rangka menyambut Hari Raya?   

1 Komentar
mama_ningsih May 20, 2019 5:56 am

Terima kasih mbak Ninit tipsnya. Beberapa hari kemarin mulai nyicil beberes rumah, dimulai dari kamar anak-anak. Rencananya pengen bersihin/nyuci sofa dan tempat tidur dalam waktu dekat.

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini