Rutinitas Sebelum Tidur

Oleh LokahittaLover pada Rabu, 31 Agustus 2016
Seputar Our Stories

Saat punya anak pertama, saya belum terlalu paham tentang pentingnya rutinitas sebelum tidur yang bisa membuat anak lebih nyaman dan tidur lebih pulas. Awalnya saya mengira ya memang bayi normalnya sering terbangun-bangun dan tidak bisa tidur lama. Akibatnya sampai sekarang O’ yang berusia 27 bulan agak sulit kalau disuruh tidur malam. Setelah membaca-baca dan mencari informasi tentang rutinitas menjelang tidur, saya jadi lebih memperhatikan dan menerapkannya pada Li, bayi kedua kami yang kini berusia lima bulan. Hasilnya memang terlihat kalau Li lebih nyenyak tidurnya dan durasinya lebih lama. Apalagi dengan kualitas dan kuantitas tidur yang baik, perkembangan bayi bisa lebih optimal.

Berikut rutinitas sebelum tidur yang saya terapkan pada Li:


  • Memandikannya dengan air hangat dan sabun khusus bayi yang wanginya bisa membuat rileks dan tidurnya lebih nyenyak. Mengapa dimandikan sebelum tidur malam? Karena Li (8,6 kg) termasuk gemuk dan saat beraktivitas pasti berkeringat. Sama seperti orang dewasa, kita juga merasa tidak enak kalau tidur dalam keadaan berkeringat dan lengket. Biasanya kita juga akan mandi terlebih dahulu sehingga tidur dalam keadaan bersih.

  • Lalu saya akan memijat dengan lotion, biasanya dipilih lotion yang wanginya sama seperti wangi sabun mandinya agar tidurnya tambah nyenyak. Awalnya saya belajar dan menonton video terlebih dulu tentang cara memijat bayi agar ia merasa nyaman. Akhirnya setelah menjadi kebiasaan, saya juga menikmati proses memijat bayi ini. Biasanya saya mulai dari kaki baru ke badan dan leher. Pijatan juga membuat tubuh jadi lebih rileks dan memberikan stimulasi lebih pada bayi.

  • Setelah dipijat, biasanya saya pakaikan minyak telon di bagian perut dan punggung agar badan jadi hangat. Saya juga menaburkan bedak bayi, khususnya pada daerah lipatan-lipatan tubuh agar tidak lembap.

  • Saya lalu mengajak Li berdoa bersama dan membacakan buku untuknya. Biasanya Li akan ketiduran sebelum cerita selesai.


Sekarang setelah melihat rutinitas Li menjelang tidur, Cece O’ jadi ikut ingin dipijat juga sebelum tidur malam. Ternyata memang Cece O’ jadi lebih mudah tidur nyenyak dan tidak sering terbangun di malam hari. Urban mama dapat mencobakan cara-cara tersebut dalam rutinitas anak sebelum tidur agar kualitas tidur anak jadi semakin baik. Selamat mencoba!

 

*artikel ini ditulis bekerja sama dengan JOHNSON’S®

2 Komentar
LokahittaLover
LokahittaLover September 2, 2016 8:39 pm

Sama" RianRosita :) aku jg awalnya ragu tapi setelah sukses jd d terapkan terus deh

Rian Rosita Luthfi August 31, 2016 7:53 am

waah.. boleh dicoba nih tipsnya. Dulu memang pernah denger sih, banyak bule yang memandikan bayinya malem sebelum tidur. Thanks, mama!