Theurbanmama

Tinggi dan Berat Badan Anak

Rabu, 16 Januari 2013

Dokter Eva,
Anak saya berusia 5 tahun dengan tinggi badan 105 cm dan berat
badan 17 kg. Berat badan anak saya susah sekali naik. Apakah
pertumbuhan anak saya dalam kategori normal atau kurang, Dok? Karena dibandingkan teman-teman sekelasnya dia paling kecil. Apa yang harus dilakukan?

Terima kasih, Dok.

Lia Kumalasari

---

Mama Lia...
Anak laki-laki atau perempuan, usia 5 tahun dengan berat badan 17 kg dan tinggi badan 105 cm, bila diplot dalam kurva pertumbuhan maka terlihat tinggi badan dan berat badannya ada di persentil 25. Ini berarti untuk anak usia 5 tahun termasuk kelompok anak yang kecil untuk usianya tapi masih dalam batas normal. Tapi kalau kita lihat tinggi badannya 105 cm, maka berat badan idealnya memang 17 kg, jadi status gizinya baik.

Banyak faktor yang membuat anak terlihat kecil dibanding anak-anak lain seusianya, diantaranya faktor gizi dan genetik. Pada anak ibu, kalau dilihat dari tinggi badan dan berat badannya, status gizinya baik. Jadi mungkin ada pengaruh faktor genetik disini. Kalau orangtuanya tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu gemuk, anak akan mengikuti seperti itu juga.

Berat badan sulit naik perlu dievaluasi lebih lanjut, apakah sering sakit? Apakah makannya adekuat? Apakah aktivitasnya berlebihan? Karena banyak faktor yang mempengaruhi berat badan anak sulit naik. Kalau memang dia sering sakit biasanya nafsu makan akan kurang dan akibatnya berat badan sulit naik.

Anak-anak dengan aktivitas yang berlebih (sangat aktif) dan tidak sebanding dengan jumlah makanan yang dikonsumsinya juga bisa menyebabkan berat badan anak sulit naik. Pada anak-anak yang berat badannya sulit naik juga perlu dievaluasi adakah penyakit kronis yang dia derita seperti TBC dll.

Mudah-mudahan pertanyaannya terjawab yaa, Mama Lia.

Related Tags : ,
Apa Reaksi Anda ?
4 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.