uPang - Waterless UV sterilizer

Oleh Shinta Daniel pada Selasa, 29 Maret 2016
Seputar Product Reviews

Anak kedua saya (7 bulan) sedang aktifnya belajar merangkak, mengeksplorasi benda di sekitarnya dan memasukkan/menjilat berbagai jenis barang/mainan yang ada di dekatnya. Sebagai ibu menyusui yang bekerja dan menitipkan balita/bayi di rumah dengan pengasuh, salah satu perhatian saya adalah memastikan bahwa pengasuh peduli akan faktor higienitas dan secara rutin membersihkan dan mensterilkan semua peralatan menyusui, MPASI, mainan dan perlengkapan balita/bayi lainnya.

Saya dan pengasuh sudah mencoba berbagai cara untuk mensterilkan peralatan ASI/MPASI. Cara pertama dengan merebus peralatan bayi menggunakan panci di atas api. Cara kedua menggunakan alat steril dengan air/uap panas. Bagi saya, kedua proses sterilisasi cukup terjaga higienitasnya tetapi kurang praktis karena setelah air mendidih atau alat steril selesai, saya harus menunggu sampai air agak dingin dulu baru peralatan ASI/MPASI mulai diambil dan dikeringkan menggunakan lap atau tisu. Hal ini cukup berisiko karena khawatir lap yang digunakan kurang bersih atau ada potongan tisu yang tertinggal di dalamnya.

Sampai akhirnya beberapa waktu lalu, kami berkesempatan mencoba sterilizer berteknologi baru tanpa air bernama uPang (baca: Yupang). Saya pikir tidak ada salahnya untuk dicoba, apalagi memudahkan pengasuh dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Pertama kali saya melihat bentuk fisik uPang saya langsung jatuh cinta. Dimensinya tidak terlalu besar (29 x 32 x 38 cm), muat untuk sekitar 16 botol, bentuknya mirip kulkas mini dengan 1 pintu berkaca, ergonomis di mana sudut-sudutnya tidak tajam dan modelnya modern, warnanya cerah dan beratnya hanya 4,5 kg saja.

Saya cukup takjub ketika mengetahui bahwa uPang selain dapat mensterilkan peralatan menyusui dan MPASI, juga dapat mensterilkan barang yang suka digigit/dijilat bayi seperti peratalan elektronik  (remote, handphone, tablet), boneka, mainan, kunci, remote control, sendok garpu, sikat gigi dan bahkan bisa juga untuk mensterilkan peralatan make up seperti compact powder atau brush sehingga semua bakteri penyebab jerawat hilang. Hal ini karena uPang sudah melewati proses quality control dan seleksi yang sangat ketat dengan teknologi sinar UV dan sinar inframerah, efektif membunuh 99.9% kuman berbahaya. Dan yang tidak kalah penting, penggunaan listrik hanya 5 watt saja, sama seperti penggunaan listrik lampu biasa.

Saya dan pengasuh sudah mencoba untuk mensterilkan peralatan menyusui/MPASI dan boneka/mainan anak saya. Di bagian atas pintu uPang terdapat 3 tombol, yaitu;


  1. Tombol kiri automatic untuk mensterilkan peralatan menyusui/MPASI, barang-barang berbahan plastik dan pecah belah, seperti botol bayi yang habis dicuci. Botol harus ditiriskan sehingga tidak masuk dalam keadaan sangat basah ke dalam uPang karena pengeringan uPang dijaga aman bagi bahan plastik pada suhu 40 derajat dan tidak menggunakan “harsh extereme drying heat”. Setelah 30 menit mengeringkan, uPang secara otomatis akan berganti ke mode sterilisasation (tombol tengah) selama 10 menit lalu mati sendiri dan semua barang steril dan siap pakai.

  2. Tombol tengah sterilisation untuk mensterilkan mainan dan boneka atau barang berbahan stainless, kain, kulit, elektronik, dll selama 10 menit.

  3. Tombol kanan ventilation untuk proses pergantian udara keluar akhir.


Cara menggunakannya pun praktis dan efisien. Saya cukup menekan tombol automatic dan uPang akan melakukan proses pengeringan selama 30 menit menggunakan sinar infrared di temperatur yang terkontrol pada suhu 40 derajat celcius. Setelah kering, uPang akan pindah ke mode sterilisasi secara otomatis selama 10 menit untuk membunuh 99.9% kuman berbahaya. Setelah sterilisasi selesai, uPang akan mati sendiri. Peralatan menyusui/MPASI sudah kering, bersih, steril, tidak panas, botol tidak menjadi "crispy" dan dalam kondisi siap pakai.

Bagaimana Urban Mama, hemat, efisien, dan praktis bukan? apabila Urban Mama berminat untuk menggunakan uPang waterless sterilizer ini, bisa didapatkan di sini.

8 Komentar
Natalie Bina
Natalie Bina February 13, 2017 12:16 pm

Emang uPang paling praktis dan aman banget sekarang setelah aku pakai upang gak khawatir lagi ada cedera luka bakar karena ketumpahan air panas, karena emang gak ada penangan air panas jadi aman dan aku suka banget pokoknya. sekali upang tetap uPang :)

musdalifa anas
musdalifa anas April 4, 2016 12:23 pm

keren banget uPang ini. Mesti rekomen ke teman-teman yang yang butuh steriliser ini.

hanana fajar
hanana fajar April 1, 2016 3:56 pm

keren bangett sih U-Pang iniii...
kalau dikadoin apalagi hihihi...

Cindy Vania
Cindy Vania April 1, 2016 10:46 am

Keren ya uPang ini,ga pake air-airan lagi trus muat banyak pula!

ninit yunita
ninit yunita April 1, 2016 5:44 am

ya ampuuun ternyata u-Pang ini keren banget. praktiiiis! canggih banget deh. bener banget kata eka, dulu belum ada yang secanggih u-Pang! kalo ada udah pasti aku beli dan pake deh karena kebersihan terjamin. penting banget buat yang punya bayi dan anak balita.