Aplikasi Ponsel Untuk Ramadhan

Oleh windi_teguh pada Kamis, 08 Juni 2017
Seputar Tips
Aplikasi Ponsel Untuk Ramadhan
Bulan Ramadhan adalah bulan pengampunan, dan juga bulan dimana semua pahala amal ibadah dilipatgandakan. Bagi Urban mama yang menjalankan ibadah puasa, bulan Ramadhan ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk memperbanyak ibadah. Memang sih, bukan berarti ibadah hanya dilakukan di bulan Ramadhan tetapi selagi punya kesempatan menjalankan ibadah puasa, maka jangan menyia-nyiakan ladang pahala yang tersebar luas di sepanjang waktu di bulan Ramadhan ini.
 
Salah satu hal ringan yang bisa dilakukan adalah memperbanyak sholat sunat dan memperbanyak tilawah. Karena saya bekerja dan mobile pula, kadang tidak bisa bawa Qur'an kemana-mana. Bisa sih, tapi agak repot. Untungnya sejak pemakaian gadget merajalela, sekarang semua-semua jadi lebih mudah. Tidak hanya soal mencari ilmu atau informasi yang tersedia dimanapun, urusan ibadah pun ternyata jadi terbantu sekali dengan gadget. Karena semua sekarang sudah ada format digitalnya. Termasuk Al-Qur'an. Selain itu, urusan keseharian lainnya yang harus tetap berjalan selama puasa juga jadi terbantu lebih mudah karena adanya gadget. Berikut beberapa aplikasi yang saya unduh dan pasang di ponsel untuk mempermudah ibadah di bulan Ramadhan:
 
1. Quranesia
 
Ini aplikasi Qur'an yang, menurut saya, bagus. Tidak hanya bisa untuk membaca Qur'an, tetapi ada terjemahan dan petunjuk-petunjuk yang memudahkan kita mengerti cara membacanya, seperti tanda ayat sajadah. Lalu dilengkapi juga dengan kolom catatan, misalnya saat ikut pengajian kita ingin membuat catatan tambahan mengenai pembahasan ayat atau surat tertentu. 
 
Dalam menunya juga ada menu untuk baca setiap hari atau untuk program hapal Al Quran. Jadi bisa diatur jam berapa kita mau baca Qur'an setiap hari sesuai jadwal kosong kita, nanti akan ada semacam alarm dan akan dikasih ayat yang berbeda-beda setiap hari.
 
Kalau mau program khatam Qur'an juga bisa diatur, berapa hari mau selesai dan jam berapa waktu-waktu untuk membaca Qur'an. Jadi lebih terjadwal. Maklumlah, kadang saja niatnya ingin khatam Al Quran saat Ramadhan tetapi karena tidak rutin membaca sehari itu berapa juz, eh malah tidak tercapai.
 
 
Yang juga memudahkan adalah penyajian Qur'annya persis seperti Qur'an versi cetak. Misal subuh ini baca sampai halaman 10 lalu selesai baca kita tutup dan akan lanjut baca lagi nanti siang. Begitu saya buka aplikasinya lagi, halaman Qur'annya tidak balik ke halaman awal tetapi langsung terbuka di halaman terakhir yang kita baca tadi pagi. Buat saya yang pelupa sih ini memudahkan sekali.
 
Saya tahu sih, yang namanya membaca Qur'an itu seharusnya dimaknai juga artinya, tidak hanya dibaca saja. Karena saat ini kadang baca Qur'an aja masih belum rutin, maka di Ramadhan ini targetnya dari yang mudah dulu: baca tiap hari.
 
 
2. Muslim Pro Ramadhan 2017
 
Ini untuk mengetahui jadwal sholat, imsyak dan waktu buka puasa, bisa menggunakan aplikasi ini. Sekalian pasang reminder dari aplikasinya, jadi waktu-waktunya tidak terlewatkan.



 
Dengan aplikasi ini, tiap waktu sholat langsung ada azannya. Tetapi tenang saja, bukan suara azan yang keras, namun hanya sebentar sebagai pengingat saja.
 
 
3. Aplikasi layanan pesan-antar online
 
Lho kok ada aplikasi layanan pesan-antar? Ini penting lho, pakai banget, karena sangat dibutuhkan untuk pesen makanan, atau untuk naik ojek agar cepat sampai di rumah.
 
Dari dulu, saya pelanggan setia layanan pesan-antar online untuk memesan makanan. Jadi saat bulan puasa, aplikasi ini jadi penyelamat hidup di kala ingin menikmati hidangan berbuka tetapi malas menghadapi kemacetan di jalan.
 
Di bulan puasa ini, dalam menu aplikasi layanan pesan-antar online untuk makanan sudah ada pilihan 'buka puasa' atau 'sahur'. Jadi kalau di-klik langsung bisa dibaca restoran mana saja yang buka saat sahur dan restoran mana yang buka menjelang waktu berbuka puasa. Bagi keluarga muda yang sibuk, jangan takut sahurnya hanya makan mi instan terus ya.

 
Urban mama juga dapat memanfaatkan pembayaran online dari aplikasi tersebut, karena karena ada banyak restoran atau tempat makan yang menerapkan free delivery kalau dibayar dengan pembayaran online dari aplikasinya. Cara top-up pun mudah, dapat menggunakan mobile banking dan tinggal pilih menu isi ulang sesuai nominal yang dimau.
 
Satu lagi yang boleh Urban mama coba: di bulan Ramadhan ini, menggunakan jasa pesan-antar online bisa jadi ladang pahala. Ketika memesan makanan tertentu, lebihkan saja satu porsi untuk si abang pengantar makanan. Sudah membuat abangnya senang, syukur-syukur beliau lagi berpuasa dan kita ketiban pahala memberi makan orang yang berpuasa. Sebenarnya tidak hanya di bulan puasa saja, hari-hari biasa juga bisa sesekali diusahakan seperti itu.
 
 
4. Situs Kupon, Promo Deal, atau Potongan Harga
 
Ini juga penting. Lumayan kan, bisa dapat harga miring kalau mau makan atau belanja. Ada banyak situs penawaran kupon belanja, promo deal, dan potongan harga. Beberapa situs tersebut ada yang sudah merilis aplikasi yang dapat Urban mama unduh dalam ponsel.
 
Biasanya kupon potongan harga/diskon serta informasi berbagai merchant khususnya dapat diunduh dari situs-situs promo deal ini. Ada juga beberapa situs  promo deal yang spesifik untuk kota tertentu seperti di Medan, kota tempat kami tinggal. Di bulan Ramadhan ini, situs tersebut memberikan banyak voucher diskon untuk menu berbuka di restoran atau di hotel. Kalau di hotel pilihannya adalah restoran all you can eat, bisa sebagai pilihan untuk acara buka puasa bersama teman atau rekan sejawat.



 
Sepertinya itu dulu saja, aplikasi dan situs yang membantu kelancaran ibadah dan kegiatan sehari-hari di bulan Ramadhan ini. Apakah Urban mama ada yang menggunakan aplikasi lainnya yang memudahkan ibadah puasa dan kegiatan harian selama Ramadhan ini? Silakan berbagi di sini ya.
Selamat berpuasa, semoga lancar terus sampai hari Lebaran ya.

 

 

3 Komentar
musdalifa anas
musdalifa anas June 8, 2017 9:40 pm

mama windi, sama akupun pakai quranesia dan muslim pro. Kalau tadarussan pakai Quranesia, anak-anak juga kebantu banget hafalan pakai apps ini.
tfs ya mama windi tulisannya

dieta hadi
dieta hadi June 8, 2017 11:02 am

tfs ya mbak, berguna banget nih!

ninit yunita
ninit yunita June 8, 2017 8:48 am

winnn...
makasih infonya, aku baru install muslim pro. yang Quranesia bagus yaaa... mudah-mudahan kita semua bisa khatam yaaa di ramadhan ini. Aamiin.

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies