Bayi Jatuh dan Kepala Oleng

Oleh dr. eva devita pada Kamis, 13 Juni 2013
Seputar Expert Explains

Dear Dokter Eva,
Felice (6m1w) jatuh dari ranjang dan posisi jatuhnya kepala sebelah kiri (antara belakang dan samping) benjol besar sekitar 5 x 7,5cm (di area kepala yang benjol terasa lembek). Saat jatuh, anak saya menangis sangat kencang. Segera saya susui dan tidak lama Felice tertidur pulas.

Karena saya khawatir, saya membangunkan Felice yang tertidur pulas. Aktivitas Felice normal dan mau tengkurap. Saya memutuskan untuk membawa Felice ke DSA dan disarankan untuk CT scan tetapi kami menolak. Akhirnya selama seminggu kami observasi, dan kalau ada gejala seperti muntah, demam, kejang, diminta segera datang ke dokter. Setelah diobservasi, tidak ada gejala demikian.

Tiba-tiba seminggu kemudian (waktu 6m2w), kepalanya sesekali suka oleng ke kiri. Beberapa kali saya amati biasanya kalau sudah benar-benar mengantuk baru mulai oleng. Sempat dicek oleh dokter saraf anak, dokter menyarankan CT scan atau MRI, tapi secara aktivitas sih katanya seperti tidak ada apa-apa. Agak dilema nih Dok, antara CT scan takut radiasi dan MRI yang harus dibius.

Tambahan lagi setelah saya amati, mata sebelah kiri, sejajar dengan alis sepertinya agak biru.

Sampai sekarang, kepalanya sesekali masih oleng ke kiri.

Saya sempat googling dan ternyata di luar sana, banyak juga kejadian seperti ini dan suka oleng. Hanya agak kebingungan, harusnya saya ke spesialis apa untuk penanganan atau pengecekannya.

Saya ingin coba fisioterapi ato chiropractor. Ada sarankah, Dok?

Terimakasih banyak, Dok.

-
Julia
[email protected]

---

Dear Mama Julia,
Sebagian besar kasus trauma kepala pada anak (baca: kepala terbentur atau jatuh) tidak menimbulkan kelainan. Tapi bila kepala jatuh dengan posisi benturan di daerah samping (temporal) lebih berbahaya dan sering mengakibatkan perdarahan. Pada kasus trauma kepala dampaknya (perdarahan) bisa terjadi dalam kurun waktu 3x24 jam sehingga selalu dianjurkan untuk mengobservasi apakah timbul muntah, kejang, kesadaran menurun (anak banyak tidur), dan kelainan gerak dari anggota bdn atau kepala di kurun waktu tersebut. Kalau ada maka harus dipastikan ada atau tidak perdarahan dalam otaknya. Ini hanya bisa dilihat dengan pemeriksaan CT scan dan MRI kepala. Semua tindakan ada risk and benefitnya, kalau pemeriksaan tidak dilakukan tidak diketahui penyebab kepalanya yang suka "oleng". Kalau penyebabnya tidak diketahui dokter akan sulit juga menyarankan pengobatan untuk masalahnya.

Saran saya diperiksakan saja dulu CT scan atau MRI kepala, bila memang tidak ada apa-apa, perlu dievaluasi "oleng" ini hanya suatu kebiasaan atau memang suatu kelainan. Sebaiknya konsultasi dengan konsultan saraf anak.

Semoga pertanyaannya terjawab ya, Mama.

Kategori Terkait


Tag Terkait

2 Komentar
bella thambellina September 10, 2018 8:57 pm

Malam dok..
Baru 2 hari ini syock karena baru ketawan bahwa kepala anak saya sebelah kanan diatas telinga gembor?
Saya gatau penyebabnya apa karena anak saya memang saya titipkan oleh pengasuh..setelah saya konsultasi dengan dokter umum itu katanya bisa jadi itu terjadi karena benturan jatuh dan menyebabkan darah menggumpal dan saya dirujuk ke dokter bedah saraf?
Apakah itu sangat berbahaya dok?
Mohon bantuan nya

Eka Kurniawan July 9, 2018 2:10 pm

Dok.. Kalau bayi usia 15 bulan sering terpeleset jatuh kena bagian belakang kepala apa resiko saat ia dewasa apa bisa fatal bodoh atau pengaruh kesehatan lainnya.. Mohon info nya

 

Artikel Terbaru
Senin, 09 November 2020 (By Expert)

Mengenal Lebih Dekat Rahasia Manfaat BPJS Sebagai Asuransi Proteksi Kita

Jumat, 25 Desember 2020

6 Keuntungan Tidak Punya Pohon Natal di Rumah

Kamis, 24 Desember 2020

Rahasia kecantikan Alami dari THE FACE SHOP YEHWADAM REVITALIZING

Rabu, 23 Desember 2020

Lentera Lyshus

Selasa, 22 Desember 2020

Different Story in Every Parenting Style

Senin, 21 Desember 2020

Menurut Kamu, Bagaimana?

Jumat, 18 Desember 2020

Santa's Belt Macarons

Selasa, 15 Desember 2020

Christmas Tree Brownies