Theurbanmama

Bermain Bermanfaat Penuh Makna

Sebagai orangtua, kita tentu ingin anak kita bisa berkembang secara optimal dan memiliki kedekatan emosional yang lekat dengan kita. Banyak orangtua bertanya bagaimana caranya. Jawabannya adalah tentu melalui bermain. Kita sudah mengetahui bahwa bermain memiliki banyak manfaat bagi anak, tidak hanya meningkatkan kemampuan berpikirnya, tetapi juga dapat menjalin kedekatan emosional antara orangtua dengan anak. Kedekatan emosional inilah sebenarnya yang menjadi kunci utama agar anak mau kooperatif atau menurut pada perkataan orangtuanya. Namun demikian, yang banyak menjadi kendala adalah pertama, orangtua belum tahu teknik bermain yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat besar dari bermain tersebut. Kedua, kuantitas waktu orangtua yang terbatas sehingga waktu bermain pun jadi kurang berkualitas akibat kuantitas yang tergolong sedikit untuk anak.

Untungnya, saat ini terdapat sebuah teknik bermain, yang dapat memberikan anak manfaat bermain yang kaya sekaligus membangun kedekatan emosional dengan orangtua agar anak mau lebih kooperatif namun dengan kuantitas waktu yang relatif singkat (5-10 menit setiap harinya). Teknik bermain ini disebut dengan TEKNIK PRIDE. Teknik PRIDE merupakah singkatan dari:

P untuk Pujian Berlabel
R untuk Refleksi
I untuk Imitasi
D untuk Deskripsi Perilaku, dan
E untuk Enjoy

[caption id="attachment_115696" align="alignnone" width="300" caption="Sumber gambar: www.modernparentmessykids.com"][/caption]

Teknik PRIDE ini dilakukan oleh orangtua saat sedang bermain dengan anak. Dengan menerapkan teknik PRIDE saat sedang bermain, anak akan merasa permainan yang ia lakukan memiliki makna yang lebih berarti dibandingkan ketika orangtua bermain biasa bersamanya tanpa menerapkan teknik PRIDE. Oleh karena itu, bermain dengan teknik PRIDE sering diistilahkan sebagai Special Time. Teknik PRIDE sendiri merupakan salah satu bagian dari teknik terapi psikologi yang diciptakan oleh Dr. Sheila Eyeberg, bernama Parent-Child Interaction Therapy (PCIT). Terapi ini diciptakan pertama kali di Amerika sejak 20 tahun yang lalu dan sudah terbukti efektifitasnya melalui berbagai penelitian ilmiah. Terapi ini memiliki manfaat utama membuat anak lebih mau bekerja sama dan mengikuti arahan orangtua, tanpa pukulan, tanpa bentakan serta, pastinya, tanpa drama.

Mari kita lihat bagaimana cara melakukan teknik PRIDE saat special time, serta manfaat dari masing-masing teknik tersebut. Sebelum, melakukan special time, ingatlah prinsip utama dari special time: ANAK YANG MEMIMPIN PERMAINAN, artinya, anak yang menentukan mau bermain apa, apa yang akan ia lakukan terhadap mainannya dan tidak ada salah atau benar dalam permainan ini.

1. Pujian Berlabel


2. Refleksi

3. Imitasi

4. Deskripsi Perilaku

[caption id="attachment_115697" align="alignnone" width="620" caption="Sumber gambar: “Paren-child Interaction Therapy” oleh Hembree-Kigin dan Nicholas."][/caption]


5. E untuk Enjoy

Nah, bagaimana urban mama-papa? Semoga mudah ya mempraktikkannya. Menurut seorang psikolog keluarga, Dr. Laura Markham dalam bukunya Peaceful Parent, Happy Kids, anak yang secara rutin mendapatkan special time menunjukkan perubahan perilaku yang cukup siginifikan antara lain anak jadi tidak terlalu nee­dy dan orangtua bisa punya waktu sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Lakukan special time ini secara rutin 5-10 menit setiap hari. Pasanglah alarm sebagai penanda bagi anak bahwa special time sudah berakhir. Diharapkan dengan dilakukan secara rutin setiap hari, orangtua jadi terbiasa melakukan teknik PRIDE, tidak hanya saat special time, tetapi juga saat berinteraksi dengan anak sehari-hari.

Devi Sani , Psikolog . Psikolog Anak di Klinik Psikologi Rainbow Castle, Jakarta Selatan. Praktisi Parent-Child Interaction Therapy dan Praktisi Therapeutic Play. Lulusan S1 Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Bandung dan S2 Magister dan Profesi Psikolog Klinis Anak Universitas Indonesia.
Website: http://www.rainbowcastle-id.com/
Related Tags : ,,,,
Apa Reaksi Anda ?
7 Comments
Post a Comment
You must be in to post a comment.