Bertindak Nyata Sebagai Bentuk Rasa Syukur

Oleh Ike Hamdan pada Selasa, 07 April 2020
Seputar Tips
Bertindak Nyata Sebagai Bentuk Rasa Syukur

Hi, UrbanMama.

Masih #DiRumahAja kan sampai saat ini? Bosan pastinya mulai menjalar ke relung hati dan pikiran kita, berhubung sudah berminggu-minggu ada di rumah dan masih akan berlanjut beberapa waktu ke depan. Hiks! Menu makanan juga sudah mati gaya. Mau masak apa lagi? Atau mau delivery apa lagi?

Hey hey, banyak-banyak bersyukur bahwa kita bisa berada di rumah dan punya pilihan untuk menikmati apa pun yang kita butuh atau inginkan. Bagaimana pun keadaannya, kita masih hidup dengan tenang, bukan di medan perang. Mari kita syukuri journey berada di rumah kali ini dengan beberapa langkah nyata. Saya shared sedikit, ya: 

 

1. Berbagi dengan uang atau barang untuk para Pahlawan Delivery.

Thanks to Mas dan Mbak delivery, baik kurir atau Mas dan Mbak ojek online. Dengan jasa mereka, kita bisa menikmati apa yang kita mau tanpa perlu ke mana-mana. Nah, ketika menerima atau mengirim sesuatu, sisihkan rejeki kita untuk berbagi bersama merkea. Bisa dalam bentuk uang (misal memberi bonus di GoPay atau Ovo para mbak dan mas ojek), bisa juga dalam bentuk barang. Sedikit berbagi yang saya lakukan, saya dan suami mengelola toko kopi dari rumah. Setiap ada kurir yang mengambil pesanan, kami berikan gratis 200 gram kopi bubuk untuk dinikmati oleh Pahlawan Delivery ini saat mereka bekerja. Tidak perlu repot, mulai saja dari yang kita bisa.                  

 

 

2. Kirim makanan untuk orangtua yang berbeda lokasi.

Banyak di antara kita yang tinggal berbeda rumah atau bahkan berbeda kota dengan orangtua. Keadaan membuat kita tidak leluasa untuk mengunjungi orangtua saat ini. Sampaikan bakti kita dengan cara mengirimkan makanan ke tempat orangtua kita berada. Contoh yang sering saya lakukan adalah mengirim Sop Daging sekitar pukul 6 sore sehingga siap dinikmati oleh bapak dan ibu saya saat makan malam. Jika pakai aplikasi GoJek, pilih GoFood dengan lokasi yang digunakan adaah alamat tempat orangtua kita berada. Lalu otomatis akan muncul pilihan makanan sekitar lokasi tersebut. Gampang kok!                   

 

3. Donasi dengan tujuan spesifik.

Saat ini sudah banyak penggalangan dana yang dilakukan untuk bahu membahu membantu penanganan Covid-19 ini. Bila UrbanMama dan UrbanPapa memiliki rejeki lebih, salurkan melalui Lembaga terpercaya (lihat reputasinya) dan niatkan secara spesifik. Misalnya harga APD itu Rp 100 ribu/set, donasikan sebanyak Rp 110ribu x n, yaitu n adalah pengali yang kita sanggup dan ikhlas. Dengan demikian, kita niatkan untuk memberikan sebanyak x buah APD yang memang sangat diperlukan.             

 

 

4. Beli kebutuhan sehari-hari dari pedagang yang masih keliling.

Memang hari gini mau apa aja bisa online. Tunggu aja, pesan daging atau sayur di aplikasi, esok lusa sudah sampai. Tapi kebayang gak sih mengapa mereka memilih tetap aktif berdagang? Karena memang itu yang mereka bisa lakukan sebaik-baiknya. Karenanya, saya tetap memilih mengombinasikan aktivitas belanja kebutuhan sehari-hari dengan tetap membeli dari pedagang keliling, misalnya tukang sayur atau tukang kerupuk. Jangan ditawar. Jika memungkinkan, sampaikan, “Ambil aja kembaliannya.” Bisa jadi seribu-dua ribu yang kita ikhlaskan itu lebih banyak manfaatnya untuk mereka.

 

Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat bagi urban Mama. Apakah Urban Mama ada ide lain yang bisa dibagi? Yuk! kita saling menginspirasi ya!

Ike Hamdan
Ike Hamdan

Praktisi pemasaran dengan pengalaman di industri perbankan, media, dan teknologi. Sangat antusias berbagi pengetahuan untuk membangun relasi yang sehat dengan uang. Pemegang Certified Professional Marketer dari Asia Marketing Federation dengan pendidikan formal terakhir S2 dalam bidang Strategic Finance dari Universitas Paramadina.

Kategori Terkait


Tag Terkait

1 Komentar
ninit yunita
ninit yunita April 7, 2020 11:25 am

Thanks Ike... beberapa hari yang lalu sempat liat juga ada ibu2 yang menggantungkan mie instan di pagar. Yang membutuhkan boleh ambil. Katanya mau lanjut dengan beras. Inspiring yaa...

 

Anda harus Log In untuk memberikan komentar terhadap artikel ini.

Silakan Login di Sini